Wisata Bandung | 10 Tempat Wisata Alam di Bandung yang Bikin Adem Pikiran

      Comments Off on Wisata Bandung | 10 Tempat Wisata Alam di Bandung yang Bikin Adem Pikiran

Wisata Alam di Bandung – Kota Kembang bandung terkenal dengan wisata alam dan wisata kulinernya yang menarik wisatawan untuk berkunjung. Hawa Bandung yang sejuk plus sederetan tempat wisata yang menarik, bisa menjadi tujuan berakhir pekan.

Wisata bandung yang juga terkenal dengan wisata malam hari ini,  tidak lengkap rasanya jika tidak merasakan keunikan wisata alamnya ketika berlibur ke kota kembang ini. Terlebih di tahun 2017 ini, ada banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi dengan pasangan maupun keluarga.

Obyek wisata Bandung banyak menyimpan keunikan dan keindahan pada wisata alamnya yang tidak terdapat di daerah lainnya.  Salah satunya contohnya adalah kawah putih ciwidey dan aneka curugnya yang fenomenal. Untukk lebih lengkapnya, simak wisata alam apa saja yang ada di Bandung.

1.Danau Situ Patenggang

Salah satu danau yang populer  ini merupakan salah satu obyek wisata Bandung yang menjadi incaran para penggemar fotografi. Kontur alamnya yang eksotis, bisa menjadi penyejuk mata dan menarik untuk diabadikan lewat lensa kamera.

Yang menarik dari Danau Situ Patenggang ini, penunjung dapat menikmati keindahan danau dengan menyusurinya menggunakan perahu air yang terdapat disekitar lokasi. Danau ini juga dikelilingi oleh deretan perkebunan yang menambah sejuk hawa di sekitarnya.

Danau Situ Patenggang yang mempunyai luas wilayah sekitar 45.000 hektar ini terletak tidak jauh dengan kompleks wisata Kawah Putih Ciwidey, Bandung Selatan. Dengan ketinggian danau yang mencapai 1.600 meter dari permukaan laut, Danau Situ Patenggang mempunyai suasana yang sejuk dan asri.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Danau Situ Patenggang  ini. Diantaranya adalah memnacing ikan, bermain sepeda air, menyusuri danau dengan perahu, foto- -foto dengan latar belakang danau,

Baca Juga Rilek sejenak di kawasan wisata lombok

2. Curug Dago

Curug Dago yang termasuk obyek wisata Bandung yang jarang terdengar di telinga wisatawan yang berada di luar Kota Bandung. Meski begitu, lokasi Air terjun yang terletak di Kecamatan Coblong ini mempounyai pemandangan yang sangat indah.

Dengan ketinggian sekitar 10 meter, Curug Dago ini tergolong air terjun terpendek debandingkan dengan curug lainnya. Selain itu, lokasinya yang tersembunyi menjadikan Curug Dago ini sangat menarik untuk dijelajahi.

3. Air Panas Ciater

Selain terkenal dengan curugnya, obyek wisata Bandung juga banyak menawarkan lokasi wisata alam lainnnya yang tidak kalah. Salah satu contohnya adalah Air Panas Ciater yang terletak di perbatasan Kota Subang, Jawa Barat.

Air Panas Ciater, selain sebagai tempat rekreasi juga mempunyai khasiat bagi tubuh jika berendam di dalamnya. Kandungan belerang  yang bercampur dengan air panas, diyakini dapat memulihkan tubuh dan menghilangkan rasa capek dan pegal.

Lokasinya yang berjarak sekitar 30 Km di sebelah utara Kota Bandung, membuat obyek wisata alam ini sangat mudah dijangkau. Bersumber langsung dari gunung tangkuban perahu yang mempunyai kawah aktif, Air Panas Ciater sangat cocok sebagai tempat berlibur sekaligus sebagai sarana beristirahat.

4. Kebun Binatang Bandung

Kota Bandung juga dikenal memiliki keanekaragaman koleksi satwa unik yang bisa dikunjungi saat berakhir pekan. Salah satu obyek wisata Bandung itu adalah Kebun Binatang Bandung yang letaknya dekat dengan kawasan ITB.

Bagi Anda yang akan berlibur dengan keluarga dengan membawa anak kecil, tempat ini sangat cocok unutk rekerasi sekaligus sebagai sarana edukasi yang dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai aneka jenis satwa yang ada dengan tiket masuk sebesar Rp.20.000,00.

5. Kebun Strawberry Ciwidey

Salah satu kegiatan unik yang banyak ditawarkan oleh obyek wisata Bandung adalah berkebun. Kegiatan ini bisa ditemui pada obyek wisata Kebun Strawberry Ciwidey. Kegiatan semacam ini bisa menjadi sarana untuk refreshing sekaligus mengenalkan dan memupuk semangat untuk berkebun.

Selain kegiatan berkebun buah strawberry, Anda juga bisa berfoto bersama kelurga dan temna dengan latar belakang hamparan kebub buah strawberry yang luas. Selain itu, buah strawberry yang telah dipetik, bisa dibawa pulang dengan ditimbang beratnya terlebih dahulu dan kemudian dibayar sesuai berat yang ada.

Untuk mengunjungi  wisata alam Kebun Buah Strawberry Ciwidey ini, ada baiknya jika dilakukan pada saat musim kemarau sedang berlangsung. dan hindari untuk berkunjung pada saat musim hujan tiba.

6. Gunung Tangkuban Perahu

KIsah yang diceritakan turun temurun dan legenda yang mengeliling Gunung Tangkuban Perahu membuatnya menjadi Salah satu obyek wisata bandung yang banyak dikunjungi kala musim liburan tiba.

Gunung berapi yang masih aktif ini berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Bandung yang terletak diperbatasan Kota Subang dan Lembang. Menurut cerita yang ada, Gunung Tangkuban Perahu ini berasak dari perhu yang ditendang hingga terbalik dan menjadi sebuah gunung oleh sangkuriang.

Kawasan Gunung Tangkuban Perahu yang eksotik juga banyak teredapat danau belerang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang. Tidak heran jika di kawasan ini banyak dijadikan sabagi spot yang bagus untuk keperluan fotografi.

Baca juga Surga tersembunyi di Lombok Barat yang cocok dikunjungi saat weekend…

7. Kawah Putih Ciwidey

Sesuai namanya, obyek wisata Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Kota Bandung yang terkenal dengan kawah vulkaniknya. Pagi pecinta nuansa alam, obyek wisata bandung ini membrrikan pengalaman yang unik dan menarik.

Warna tanah Kawah Putih Ciwidey yang berwarna putih, banyak terdapat kandungan belerang yang menjadi daya tarik dari obyek wisata ini. Selain itu, daya traik lainnya dari tempat ini adalah, air yang terdapat di dalam kawah putih tersebut selalu berubah – ubah warna.

8. Taman Begonia

Obyek wisata bandung ini cukup terkenal di dunia maya, seiring kepopulerannya di yang banyak di unggah di instagram dan sosial media lainnya. Taman Begonia yang berlokasi di Jalan Maribaya, Lembang, Bandung ini mempu menyedot perhatina dari khalayak ramai.

 

Beraneka jenis tanaman dan bunga – bungaan dapat ditemui di tempat ini. Mulai dari bunga khas mancanegara hingga jenis bunga lokal Indonesia ada di tempat ini. Salah satunya adalah bungan yang berasal dari Bali, yaitu bunga Balinea

Ojek wisata alam bandung yang beralamat di Jalan maribaya N0 120 A Lembang ini menawarkan sensasi menikmati keindahan aneka bunga khas indonesia dan mancanegara, khususnya salah satu jenis bunga Bali yang sangat cantik berwarna warni yaitu bunga Balinea.

Kawasan Taman Begonia yang juga menjadi tempat konservasi beraneka jenis bunga ini mempunyai hawa yang sejuk dan pemandangan yang menarik. Bagi Anda pecinta kegiatan fotografi, bisa menjadikan Taman Begonia ini sebagai latar belakang yang bagus untuk difoto.

 

9. Curug Malela

Salah satu keunikan dari tempat wisata alam di lembang bandung ini salah satunya adalah Curug Malela. Curug yang berarti air terjun dalam bahasa Sunda ini merupakan salah satu obyek wisata di Bandung yang banyak dipadati pengunjung saat akhir pekan.

Dengan ketingguan curug yang mencapai 60 meter dan mempunyai 5 buah jalur air terjun, Curug Malela menjadi obat bagi mereka yang memiliki hobi bertualang dan berwisata di alam bebas.

Air yang turun dari curug tersebut membuatnya tampak berkilaun jika dilihat dari kejauhan. Kesejukan dan gemuruh air dari Curug Malela seolah menyimpan sebuah misteri yang tidak dapat diungkapkan, terlebih bagi penduduk lokal yang mendiami kawasan wisata tersebut.

 

10. Dusun Bambu Lembang

Provinsi Jawa barat yang terkenal mempunyai banyak obyek wisata alam, terutama di Kota Bandung yang terkenal dengan hawa sejuk dan pemandangan alam yang spektakuler. Salah satu contohnya adalah Dusun Bambu Lembang.

Obyek wisata yang sanagt terkenal di Bandung ini berlokasi Komplek Komando Cisarua, jalan Kertawangi. Obyek wisata yang yang juga masuk kawasan kaki gunung tangkuban paerahu dan pegunungan burangrang ini, mempunyai pemandangan khas yang sangat bagus dan udara yang sangat sejuk.

Fasilitas yang tersedia di Dusun Bambu ini cukup lengkap, terutama kuliner. Berbagai jenis kuliner khas, ada di tempat ini, seperti cafe hingga rumah makan tradisional yang mempunyai konsep yang unik dan menarik. Di tempat ini pula, terdapat saung purbasari yang bisa digunakan untuk menginap kala berlibur dengan keluarga maupun dengan teman.

 

Katakunci Populer:

  • wisata bandung
  • wisata bandung dan penduduk lokal