Jokowi Minum Jamu
JadiPergi – Presiden Jokowi minum jamu dan videonya dinggah di instagram hingga viral.  Katanya, beliau sudah mengonsumsi jamu sejak 17-18 tahun lalu. Racikan temulawak, jahe, kunyit menjadi rahasaia bugar Jokowi. Jokowi adalah 1 dari banyak masyarakat mengkonsumsi jamu. Lalu bagaimana sejarah jamu yang kita kenal sekarang?
Menurut KBBI, jamu adalah obat yang dibuat dari akar-akaran, daun-daunan, dan sebagainya. Diperkirakan, jamu sudah ada sekitar 1300 tahun yang lalu, pada zaman kerajaan Mataram kuno. Temuan artefak “cobek dan ulekan” di situs arkeologi Liyangan yang berlokasi di lereng Gunung Sindoro, Jawa Tengah memperkuat fakta ini.
Selain itu,  relief candi Borobudur yang dibuat pada Kerajaan Hindu-Budha tahun 772 M menggambarkan kebiasaan meracik dan meminum jamu untuk memelihara kesehatan. Penemuan prasasti Madhawapura dari peninggalan kerajaan Hindu-Majapahit pun menjadi temuan lainnya. Prasasti ini menyebut adanya profesi “tukang meracik jamu” yang disebut “acaraki“. Setelah mengenal budaya menulis, bukti sejarah mengenai penggunaan jamu semakin kuat yaitu dengan ditemukannya kata “usodo” lontar di Bali yang ditulis menggunakan bahasa Jawa kuno.
Kata  “usodo” atau “jampi” diperkirakan merupakan asal mula kata jamu. “Usodo” atau “jampi” memiliki arti penyembuhan yang menggunakan ramuan obat-obatan maupun doa-doa dan ajian-ajian. Namun pada sekitar abad pertengahan (15-16 M), istilah “usodo” menjadi jarang digunakan dan istilah “jampi” semakin populer diantara kalangan Keraton. Kemudian sebutan jamu mulai diperkenalkan pada publik oleh  tabib pengobatan tradisional.
Pada  masa tersebut, jamu masih digunakan oleh kalangan tertentu. Kemudian, banyak ahli botani yang mempublikasikan tulisan-tulisan mengenai ragam dan manfaat tanaman untuk pengobatan. Hal ini berdampak pada jamu yang tadinya hanya merupakan milik kalangan tertentu, dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.
Jamu  yang dibuat oleh rumah tangga pun perlahan mulai berkembang menjadi industri-industri jamu pada awal tahun 1900. Jamu pun menjadi sangat populer di Indonesia, bahkan bisa dibilang seperti susu bagi masyarakat barat. Indonesia merupakan tempat yang subur sehingga kaya akan berbagai jenis tanaman obat sehingga Indonesia memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan jamu dari negara lain. Nah inilah yang membuat jokowi minum jamu dengan rajin sob. Keistimewaan jamu Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi.

Bahkan kamu bisa loh belajar meracik jamu sambil menikmati suasana pedesaan yang asri dan tenang. Kamu bisa melakukan ini bareng keluarga. Kamu bisa ke daerah Borobudur atau kamu bisa klik di sini untuk mengikuti tournya.