upacara di gunung
JadiPergi – Upacara 17 Agustus biasanya identik dengan upacara di lapangan dan berbagai macam lomba. Tapi kamu pernah ngebayangin gak sih upacara di  gunung?
Kamu bisa loh upacara di atas gunung. Beberapa gunung pun sudah memiliki jadwal rutin untuk merayakan hari kemerdekaan di puncaknya. Gunung mana saja yang bisa kamu datangi untuk upacara 17-an? Yuk simak rangkuman JadiPergi.

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan terletak di Kabupaten Garut. Tempat ini memiliki kawah aktif yang indah dan megah dan tidak dimiliki oleh gunung lain di wilayah Garut. Gunung Papandayan juga memiliki Tegal Alun, sebuah padang edelweis salah satu terbaik se-Indonesia. Kamu pun bisa bermalam dengan nyaman disini. Selain memiliki camping ground yang sangat luas, Papandayan memiliki fasilitas lengkap. Mulai dari MCK, warung, hingga suplai air yang melimpah bisa kamu temui disini. Kondisi hutan di sana juga masih tergolong alami dan lebat.
Hal itu sangat mendukung Gunung Papandayan sebagai lokasi upacara 17 Agustus. Pasti seru banget bisa 17-an disini.

Gunung Prau

Gunung Prau terletak di dataran tinggi Dieng dan memiliki ketinggian 2.565 mdpl. Kamu akan dibuat terpesona dengan pemandangannya yang inda. Sunrise, padang rumput berbunga ,dan bukit-bukit kecil seperti bukit di serial Teletubbies, pemandangan gunung Sindoro dan Sumbing sangat indah kamu lihat dari Prau.
Untuk 17 Agustus tahun ini, Gunung Prau akan mengadakan upacara bersama di puncak Prau. Selain itu juga akan ada kegiatan bersih-bersih gunung serta menerbangkan laying-layang secara bersamaan. Jangan lupa tetap menjaga kebersihan ya.

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif dan terletak di Jawa Tengah. Merbabu berdiri bersebalahan dengan Gunung Merapi. Pemandangan di puncak  benar-benar akan terlihat istimewa. Gumpalan awan putihnya akan membentuk seperti lautan awan ditambah gagahnya Merapi tepat didepanmu.
Di merbabu juga memiliki padang Sabana yang sangat luas. Jadi tempat ini bagus banget untuk kamu kunjungi dalam merayakan hari kemerdekaan Indonesia.

Gunung Semeru

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di pulau Jawa dengan 3.676 mdpl. Semeru berada di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan tergolong sebagai gunung aktif. Mahameru memiliki panorama alam yang sangat indah ditambah ada Ranu Kumbolo.
Upacara pengibaran bendera merah putih di Gunung Semeru biasanya nggak dilaksanakan di Kali Mati. Upacara 17 Agustus di Gunung Semeru bahkan terkadang juga diikuti turis asing lho.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia yang berada di Pulau Lombok dengan ketinggian 3.726 mdpl. Pemandangan dari sini sangatlah luar biasa. Apalagi Segara Anak, jangan sampai terlewat jika ke Rinjani. Kamu pun bisa merayakan upacara kemerdekaan Indonesia.