image source : indomawa.com

“Umbul Ponggok, Sensasi Snorkeling di Air Tawar”. Kalau kamu sedang berwisata di Jogja melipirlah sedikit ke Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, sebuah sumber mata air atau umbul yang sangat jernih akan terhidang di depanmu. Kerennya, kamu bisa merasakan sensasi snorkeling di air tawar tanpa takut terseret ombak. Tak hanya itu, foto underwater yang kekinian banget juga bisa di Umbul Ponggok ini, guys.

Pionir snorkeling di air tawar
Kalau paket wisata yang menawarkan snorkeling di air laut sudah umum dilakukan, Umbul Ponggok mengajakmu snorkeling di air tawar. Ini berawal dari melimpahnya sumber mata air di sana, yang kemudian dimanfaatkan sehingga dapat mengangkat perekonomian warga sekitar. Bahkan, Umbul Ponggok menjadi pionir snorkeling di air tawar yang sudah populer sejak tahun 2012 lalu. Setelahnya bermunculan umbul-umbul lain yang menawarkan aktivitas serupa.

 


Mau Liburan murah, hemat dan tidak ribet. jadipergi.com aja! Yuk kepoin destinasi wisata favorit jadipergi SEKARANG!CTA_Blog_Air-Mata-Ponggok - Umbul Ponggok, Sensasi Snorkeling di Air Tawar - paket wisata


 

Sekilas dari permukaan, sumber mata air ini terlihat seperti kolam biasa yang luasnya 50×25 meter. Namun, pesonanya begitu menawan ketika kamu menceburkan diri ke dalamnya. Dasar kolam Umbul Ponggok juga masih alami dengan hamparan pasir dan bebatuan. Meski kamu nggak bisa melihat terumbu karang, ada banyak ikan-ikan yang berkeliaran. Seperti berenang di akuarium raksasa, ya!

Aktivitas yang bisa dilakukan
Popularitas Umbul Ponggok membuat pengelola menciptakan berbagai aktivitas seru lainnya selain snorkeling. Nah, berikut ini aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini :
a. Diving

dakatour.com_ - Umbul Ponggok, Sensasi Snorkeling di Air Tawar - paket wisata
image source : Google.com

Pengen belajar diving? Umbul Ponggok memiliki kedalamannya yang mencapai tiga meter, jadi bisa digunakan sebagai tempat latihan diving. Suasananya mirip bawah laut sehingga menunjang latihanmu. Pengelola juga menyediakan alat-alat diving seperti tabung oksigen, fins (kaki katak), swim suit, dan googles. Kalau kamu mengambil paket wisata diving di sana, selain penyewaan alat-alat juga termasuk bimbingan sebelum menyelam dan dokumentasi.

b. Foto underwater

dolan-yok - Umbul Ponggok, Sensasi Snorkeling di Air Tawar - paket wisata
image source : Google.com

Buat kamu yang pengen eksis di sosmed, mengambil foto underwater tentu tak ingin dilewatkan. Apalagi mengabadikan aktivitas-aktivitas yang biasa dilakukan di darat namun kini di bawah laut. Unik banget, kan?

Mulai dari naik sepeda, sepeda motor, penjara bawah laut, nonton tv, camping dan masih banyak lagi. Ini juga bisa jadi alternatif foto pre-wedding. Oiya, kalau nggak punya kamera underwater, tenang saja, ada tempat persewaannya, kok.

c. Water Walker

nativeindonesia.com_ - Umbul Ponggok, Sensasi Snorkeling di Air Tawar - paket wisata
image source : nativeindonesia.com

Pernah liat Sandy, si tupai yang ada di film Spongebob? Di sini, kamu bisa ngerasain jadi Sandy yang hidup bebas di air laut. Kamu akan memakai helm mirip helm yang dipakai seorang astronot, biar kamu bisa bernapas di dalam air. Nggak percaya? Kuy, coba aja dulu bareng JadiPergi!

d. Wahana Ninja Warrior

phinemo.com_ - Umbul Ponggok, Sensasi Snorkeling di Air Tawar - paket wisata
image source : phinemo.com

Nah, ini wahana terbaru dari Umbul Ponggok. Kalian pasti tahu kan acara game show Ninja Warrior? Bisa nih nyobain serunya gameshow itu di wahana ini. Selain buat orang dewasa, wahana ini bisa untuk anak-anak juga. Jadi, ke Umbul Ponggok emang cocok banget bareng keluarga.

Lokasi dan Akses
Umbul Ponggok berada di Jl. Delanggu-Polanharjo Ds, Jeblogan, Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Hanya satu jam dari wisata di Jogja atau sekitar 42 km. Untuk menuju ke sini, kamu hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Kalau kamu lagi wisata di Jogja tinggal ambil jalur menuju Solo yaitu Jalan Raya Jogjakarta-Solo, lurus saja sampai bertemu GOR Gelarsena Klaten. Setelah itu belok kiri, lurus terus ikuti jalan hingga tiba di Umbul Ponggok. Kalau nggak pengen ribet bisa mengambil paket wisata yang tersedia di JadiPergi.

Tarif Umbul Ponggok
Tiket masuknya Rp 15.000,-/orang untuk weekdays, sedangkan weekend Rp 30.000,-/orang. Ini belum termasuk sewa alat snorkeling, diving, maupun sewa kamera underwater.

Paket Wisata ke Umbul Ponggok
Kalau tak ingin repot mempersiapkan liburan akhir pekan, bisa pesan paket wisata yang ditawarkan JadiPergi. Nggak Cuma ke Umbul Ponggok, paket wisata ini juga termasuk wisata di Jogja. Jadi setelah puas bermain air di Umbul Ponggok, kamu akan diajak wisata di Jogja yaitu Tebing Breksi, melihat senja di Candi Ijo, dan Jalan Malioboro. Dengan harga Rp 260.000/orang, kamu sudah mendapat tiket masuk, alat snorkeling, foto underwater dan wisata di Jogja. Makanya, jadi pergi aja bareng JadiPergi. Tinggal install aplikasi JadiPergi di ponselmu atau klik link ini ya!

JadiPergi, Inspirasi Liburanmu

Tag : Cave Tubing Kalisuci, Cara Seru Jelajahi Perut Bumi


Mau Liburan murah, hemat dan tidak ribet. jadipergi.com aja! Yuk kepoin destinasi wisata favorit jadipergi SEKARANG!CTA_Blog_Air-Mata-Ponggok - Umbul Ponggok, Sensasi Snorkeling di Air Tawar - paket wisata
CTA_Blog_JadiPergi_ - Umbul Ponggok, Sensasi Snorkeling di Air Tawar - paket wisata