tips naik gunung
JadiPergiTips naik gunung yang pas banget untuk kamu yang mau naik gunung dengan rasa nyaman.
Pendakian Gunung adalah salah satu hobi favorit masyarakat Indonesia saat ini. Terlebih lagi setelah film tentang pendakian Gunung semeru digarap dengan apik oleh Rizal Mantovani dalam judulnya “5 cm”.
Minat ke gunung-gunung Indonesia semakin tinggi terutama di kalangan anak muda. Modal nekat  acap kali menjadi bekal yang dibawa oleh para pendaki. Minimnya pengetahuan tentang standar keselamatan naik Gunung membuat seringkali bencana-bencana yang tidak diinginkan terjadi dan terus berulang.
Hal yang paling sederhana namun sering diabaikan adalah tentang cara berpakaian. Padahal cara berpakaian dapat menyelamatkan pendaki dari hal-hal yang tidak diinginkan bahkan yang berurusan dengan nyawa.
Berpakaian dalam pendakian memiliki teknik tersendiri. Salah satu teknik yang populer adalah teknik layering. Layering system ini sangat membantu kamu dalam hal mengatur keadaan tubuh terhadap cuaca dan suhu saat mendaki. Ada 3 lapis pakaian dalam teknik berpakaian layering system ini, yaitu :
Base Layer (Lapisan pertama)
Mid Layer (Lapisan kedua)
Shell Layer (Lapisan ketiga)

Base Layer

polyster-300x300 - Tips Naik Gunung, Tentang Berpakaian Saat Mendaki - paket wisata

Lapisan pertama atau base layer adalah pakaian yang langsung menyentuh kulit. Fungsi dari lapisan pertama ini adalah untuk menyerap keringat dan kemudian menguapkannya ke udara atau ke lapisan berikutnya. Bahan yang memiliki sifat demikian bisa dari jenis sintetis (polyester, polyamide, elastane, polypropylene, lycra) atau wool (smartwool, merino wool).
Bahan katun tidak disarankan. Walaupun memang menyerap keringat, tapi bahan katun tidak menguapkannya lagi sehingga keringat terjebak di badan sehingga membuat badan menjadi terus basah. Jika kamu masih bingung, kamu bisa pakai baju jersey olahraga.

Mid Layer

jaket-polar-300x292 - Tips Naik Gunung, Tentang Berpakaian Saat Mendaki - paket wisata

Lapisan kedua atau mid layer  berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Bahan lapisan ini adalah polar atau sejenisnya. Mid Layer ini hanya bisa menghangatkan tubuh namun tidak mampu menahan angin, udara lembap apalagi air hujan. Lapisan kedua ini bisa berupa jaket hangat.

Shell Layer 

waterproof-300x266 - Tips Naik Gunung, Tentang Berpakaian Saat Mendaki - paket wisata

Lapisan ketiga atau shell layer, dalah lapisan terluar  yang berfungsi menahan angin, udara lembab dan air hujan. Biasanya lapisan ini meruakan jaket yang berbahan waterproof. Kenapa waterproof? karena jika sudah waterproof pasti juga sudah windproof. Ini adalah bagian terpenting dari system layer. Jika ini tembus maka gagalah system layering ini.
Jangan salah persepsi,  bukan karena sistem 3 lapis lalu kamu memakai ketiganya sekaligus selama pendakian. Dalam aplikasinya, sangat tergantung pada keadaan dan situasi.
Sebagai contoh, saat mendaki sebaiknya hanya memakai lapisan pertama (base layer) agar keringat mudah kering. Setelah sampai di tempat mendirikan tenda, kamu bisa menambah layer kedua agar tetap hangat. Tapi jangan lupa ganti dulu pakainmu yang kamu gunakan selama pendakian dengan pakaian kering. Kemudian kalau cuaca mulai hujan barulah tambah layer ketiga.