image source : Beritagar.id

Masih inget dengan film Soekarno? Film karya sutradara hebat Hanung Bramantyo ini, memilih Museum Kereta Api Ambarawa lengkap dengan kereta uapnya sebagai bagian dari adegan filmnya. Tempat ini cukup seru untuk dijadikan pilihan destinasi wisatamu selain refreshing, kamu juga bisa merasakan sensasi naik Kereta Uap Ambarawa. Museum ini berbeda dari kebanyakan museum lainnya. Kamu bisa melihat secara langsung cara kerja mesin kereta api zaman kolonial Belanda.

 

Museum Kereta Uap Ambarawa memiliki koleksi 22 lokomotif uap, tapi hanya tersisa 3 yang masih bisa dioperasikan. Koleksi benda-benda kuno lainnya juga dipamerkan disini seperti telegram morse, telepon, bel dan lain-lain. Dulunya, Museum Kereta Uap Ambarawa ini adalah sebuah stasiun yang beroperasi pada masa kolonial belanda. Pada masa itu stasiun ini dimanfaatkan untuk membawa para pasukan. Akan tetapi pada tahun 1970, stasiun ini tidak lagi difungsikan. Itulah kenapa tidak ada lagi jalur dari arah Magelang menuju Semarang dan Yogyakarta.

Kereta-Uap-Ambarawa-Beritagar.id-2 - Terbawa Gerbong Masa Lalu Kereta Uap Ambarawa - paket wisata
image source : Beritagar.id

Berkunjung di Museum Kereta Api Ambarawa ini seakan flashback ke zaman kejayaan kereta buatan Nedherlandsch Indische Maatschappij Spoorweg. Kamu juga akan disuguhi pemandangan alam yang indah, bangunan-bangunan dengan gaya arsitektur lawas dan lokomotif dengan menggunakan bahan bakar kayu dan batu bara. Kamu bisa menikmati perjalanan dengan salah satu kereta uap disana. Mencoba naik kereta kuno bertenaga uap tentu akan menjadi pengalaman unik selama berlibur.

 

Rute Perjalanan Kereta Uap Ambarawa

Perjalanan wisata kereta uap ini memiliki 2 rute yaitu Ambarawa – Tuntang yang menyuguhkan pemandangan gunung dan Rawa Pening dengan jarak 6 km. Sedangkan rute kedua dari Ambarawa – Bedono yang melintasi perbukitan, Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu berjarak 9 km.

Kereta-Uap-Ambarawa-Tirto.ID_ - Terbawa Gerbong Masa Lalu Kereta Uap Ambarawa - paket wisata
image source : Tirto.ID

Mau Liburan murah, hemat dan tidak ribet, Jadipergi.com aja! Yuk kepoin destinasi wisata favorit jadipergi SEKARANG!


 

Jadwal Perjalanan dan Pemesanan Tiket Kereta Uap Ambarawa

Pemesanan tiket untuk perjalanan Kereta Uap Ambarawa hanya bisa dilakukan dengan memesan gerbong satu pekan sebelum perjalanan dimulai. Ini berlaku di 2 rute perjalanan. Jadwal perjalanan kereta uap setiap bulannya adalah 2 kali perjalanan. Perjalanan kereta uap tidak bisa langsung dilakukan, mengingat mesin kereta uap harus dipanaskan terlebih dahulu sekitar 3 jam sebelum keberangkatan.

15032019_ac5352d36d11c1be477318fe8a675708 - Terbawa Gerbong Masa Lalu Kereta Uap Ambarawa - paket wisata
image source : google.com

Pemesanan bisa dilakukan dengan cara mendatangi kantor PT. KAI DAOP IV Semarang, tepatnya di Jalan MH. Thamrin No. 3 dengan uang muka sebesar 10-20 persen. Harga persewaan Kereta Uap Ambarawa terbilang sangat fantastis, mengingat ini adalah kereta tua berusia ratusan tahun yang perawatannya pun membutuhkan biaya yang besar pula.

 

Untuk rute tujuan Tuntang, siapkan uang 10 Juta Rupiah untuk satu gerbong, 12,5 Juta Rupiah untuk dua gerbong dan 15 Juta Rupiah untuk tiga gerbong. Sedangkan rute tujuan Bedono, siapkan 15 Juta untuk dua gerbong sekaligus. Satu gerbong lokomotif uap mampu menampung penumpang sebanyak 35-40 orang.

Kereta-Uap-Ambarawa-Kompas.com_ - Terbawa Gerbong Masa Lalu Kereta Uap Ambarawa - paket wisata
image source : Beritagar.id

Paket Wisata Kereta Uap Ambarawa

Liburan juga bisa low budget kok. Daripada kamu pusing mikirin biaya sewanya tadi, mending cek paket wisata ke Semarang bareng JadiPergi. Kami menyediakan paket wisata ke Museum Ambarawa untuk merasakan sensasi naik Kereta Uap Ambarawa dengan harga terjangkau. Cukup dengan Rp270.000 per orangnya kamu bisa menikmati pemandangan sekitar museum dengan mengendarai lokomotif uap peninggalan kolonial Belanda.

 

Sebelum menuju Museum Ambarawa, kita akan ajak kamu jalan-jalan santai di Ayana Gedong Songo. Meskipun masih terbilang sangat baru, disini terdapat spot-spot foto yang super unik dan instagramable.Kamu bisa berkeliling sepuasnya mencoba semua spot foto uniknya. Latar gunung dan biru langit seakan menjadi pelengkap untuk hasil foto yang maksimal.  So, kapan kita naik kereta uap dan selfie bareng?

 

Tag : Liburan di Semarang Makin Berwarna di Kampung Pelangi

 


Mau Liburan murah, hemat dan tidak ribet, Jadipergi.com aja! Yuk kepoin destinasi wisata favorit jadipergi SEKARANG!

CTA_Blog_JadiPergi_ - Terbawa Gerbong Masa Lalu Kereta Uap Ambarawa - paket wisata