danau singkarak

Hai Sobat JadiPergi, kali ini kita akan membahas tentang salah satu surga yang tersembunyi di pulau Sumatra yang dikenal dengan Danau Singkarak. Danau Singkarak adalah danau terluas kedua di Sumatera. Danau ini menyimpan keindahan alam yang sangat mengagumkan. hamparan air yang luas, dengan latar belakang perbukitan yang hijau ditepian danau, bakal langsung bikin hati kita terasa adem. Air danau ini juga digunakan sebagai Pembangkit listrik tenaga air Singkarak di Lubuk Agung. Pembangkit listrik biasanya terletak di pinggir danau atau bendungan, tapi disini berbeda. Air dari danau singkarak megalir melalui terowongan panjang menuju ke bukit barisan sampai ke lokasi PLTA.

Karena berasal dari aktivitas pergeseran lempeng bumi, maka Danau ini disebut dengan danau tektonik, Letaknya memang berada di atas bagian besar Sumatera, lebih tepatnya berada di cekungan Singkarak-Solok.

Luas danau Singkarak Sekitar 11,200 hektar, dengan panjang kurang lebih 20 KM. Danau Singkarak memiliki kedalaman yang terukur paling dalam adalah 268 meter, dengan lebar maksimal kurang lebih 6.5 KM. Jadi bentuk danau ini cenderung lebih memanjang.

Pada tahun 1992, pemerintah membangun PLTA Singkarak dan terowongan air sepanjang 19 KM. Terowongan ini menembus bukit barisan, dan digunakan sebagai sumber daya PLTA. Pemandangan alam yang ada disini bakalan bikin kita malas pulang. Hamparan air yang luas dikelilingi oleh barisan perbukitan hijau di pinggir danau.

Selain mudah untuk ditempuh. Sobat juga bisa mengelilingi danau dengan mudah, karena jalan raya langsung berada di pinggir danau.

Sejauh ini, belum ada tempat khusus sebagai pusat wisata danau Singkarak. Tapi ngga masalah, disini juga terdapat banyak terdapat tempat-tempat yang indah disepanjang danau ini.

Sobat bakalan nyesel deh kalau ga berkeliling danau, karena terdapat pemandangan yang indah dan suasana adem yang menemani.

Aktivitas yang bisa sobat lakukan disini diantaranya; berenang di danau, mmancing, naik sampan mengelilingi danau, atau hanya sekedar cuci mata di pinggir danau menikmati pemandangan. Selain itu juga banyak terdapat banyak warung dan tempat makan untuk berkuliner ria.

Ada beberapa spot menarik yang bisa sobat kunjungi di sekitar danau ini. Berikut ini adalah beberapa diantaranya ;

Dermaga Singkarak, disini adalah salah satu tempat yang banyak dikunjungi. Dermaga ini sering dijadikan tempat melakukan kegiatan olahraga sepeda bertaraf internasional,namanya Tour De Singkarak.

Danau-Singkarak-3-300x158 - Surga Tersembunyi di Danau Singkarak - paket wisata

Salah satu tempat yang kami rekomendasikan untuk menikmati pemandangan danau singkarak dari ketinggian adalah Puncak Gobah, yang berada di Nagari Aripan, Kabupaten Solok. Jarak tempuh puncak Gobah dari kota Solok kurang lebih 20 KM.

Puncak-Gobah-Singkarak-300x139 - Surga Tersembunyi di Danau Singkarak - paket wisata

Nama asli puncak Thailand adalah puncak Bukik Pulau. Lokasinya berada di Nagari Simawang, kecamatan Rambatan, Tanah Datar. Letaknya kurang lebih 3 KM dari jembatan ombilin arah Solok. Dari kota solok kurang lebih 30 menit sudah bisa sampai ke lokasi.

Pantai Tanjung Mutiara, pantai didekat danau Singkarak ini sudah dikelola cukup baik. Disini Sobat bisa menyaksikan pemandangan danau langsung dari sisinya. Fasilitas umum yang tersedia juga sudah lumayan lengkap.

Pantai-mutiara-singkarak-300x133 - Surga Tersembunyi di Danau Singkarak - paket wisata

Lokasi pantai tanjung mutiara singkarak ada di Nagari Batutaba, kecamatan Batipuh Selatan. Berjarak kurang lebih 30 KM dari Batu Sangkar ke arah Solok.

Bukit Cinangkiak atau Puncak Chi Nang Kiek. Tempat wisata ini masih terbilang baru. Bisa sobat jadikan salah salah satu lokasi untuk menikmati keindahan danau dari jauh.

Selain tempat-tempat di atas, masih banyak spot indah yang bisa sobat nikmati disini. Pastikan kamera selalu siap untuk mengabadikan moment saat berlibur kesini ya.