banyu tibo pacitan

Acara Piknik Ke Pacitan sejak akhir-akhir ini menjadi sangat booming. Kabupaten Pacitan yang terletak di Provinsi Jawa Timur diam daim menyimpan banyak tempat wisata eksotis. Berikut ini tempat – tempat eksotis di Pacitan.

  1. Pantai Klayar

Eksplorasi-Pantai-Pacitan - Serunya Piknik Ke Pacitan - paket wisata

Tempat wisata andalan terbaru di Pacitan adalah pantai. Pantai yang paling terkenal adalah pantai Klayar, yang terletak di Kecamatan Donorejo atau kurang lebih sejauh 45 km dari Kota Pacitan. Pantai Klayar mempunyai ombak yang besar, serta pasir yang sangat bersih. Kondisi alamnya juga masih sangat asri, dan disini pengunjung bisa melihat batu karang unik yang besar sekali dan berbentuk seperti Sphinx. Hal unik lain yang bisa ditemukan adalah adanya karang seruling. Disebut karang seruling karang di karang yang besar ini ada sebuah celah, yang bila terkena ombak akan mengeluarkan bunyi seperti seruling yang ditiup.

  1. Pantai Srau

Pantai-Srau-yang-indah - Serunya Piknik Ke Pacitan - paket wisata

Pantai Srau memang tidak sepopule Pantai Klayar, namun Pantai Srau mempunyai keunikannya tersendiri. Pantai yang berada di Desa Candi Kecamatan Pringkuku ini terkenal akan pasirnya yang sangat halus seperti bedak. Pantai Srau kurang lebih berjarak sekitar 25 km dari kota Pacitan. Pantai Srau mempunyai tiga bagian pantai sekaligus, dan ketiganya mempunyai ciri khasnya masing-masing. Seperti yang disebutkan di atas tadi, pantai pertama adalah pantai yang mempunyai pasir sehalus bedak, dan mempunyai  ombak yang besar, dan sama seperti dengan gugusan Pantai Selatan lainnya.

Pantai yang kedua mempunyai pasir yang lebih kasar, dan lebih banyak dipenuhi batu karang, dan cukup cocok untuk digunakan bermain permainan air yang sangat santai. Sementara pantai yang ketiga adalah pantai yang dipenuhi dengan hamparan batu karang, di sini merupakan tempat yang cocok untuk menikmati ketenangan dan keindahan Pantai Srau.

  1. Pantai Watu Karung

Kini sudah semakin banyak ditemukan tempat yang sangat cocok digunakan untuk bermain selancar air di Indonesia. Pantai Watu Karung adalah surga bagi para surfer karena mempunyai ombak yang sangat menantang. Salah satu surfer terkenal yang pernah mampir ke tempat ini adalah surfer lokal Rizal Tanjung, dan sang jawara Rip Curl Pro Search tahun 2008 yaitu Bruce Irons, yang merupakan surfer bule, dan namanya sudah terkenal di seluruh dunia surfer. Memang pantai Watu Karung tempatnya cukup sulit untuk dicapai, namun semua perjuangan itu akan mendapatkan imbalan yang setimpal. Karena pemandangan pantai Watu Karung sangat indah ditambah dengan pulau – pulau karangnya, air laut dengan warna kehijauan, dan pasir yang berwarna putih dan lembut. Pemandangan indah itu akan semakin mantap, karena Pantai Watu Karung terkenal dengan sajian kulinernya yang lezat.

  1. Banyu Tibo

banyu-tibo - Serunya Piknik Ke Pacitan - paket wisata

Banyu Tibo adalah tempat wisata yang berada di garis pantai yang sama dengan pantai Klayar. Banyu Tibo merupakan bahasa Jawa  yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah air jatuh alias air terjun. Banyu Tibo adalah sebuah air terjun air tawar yang akan segera menjadi air asin karena akan turun langsung ke lautan. Pemandangan di Banyu Tibo ini sangat unik dan indah, karena sangat jarang ditemukan sebuah air terjun tepat di dekat pantai, dan mempunyai pijakan berupa pasir. Selain itu air terjun ini sangat aman karena arusnya tidak terlalu kuat, dan ketinggiannya yang tidak terlalu tinggi. Banyu Tibo hanay bisa dikunjungi saat pagi atau siang hari saja. Karena pada saat sore hari air laut akan pasang dan membuat seluruh garis pantai lenyap ditelan air.

  1. Warung Tiwul Bu Gandos

Tidak pas rasanya jika berpiknik ke suatu tempat namun tidak mencicip kuliner khasnya. Salah satu kuliner yang khas di Pacitan adalah Nasi Tiwul Bu Gandos yang berada di jalan raya Solo Pacitan kilometer 5. Nasi Tiwul disini menggunakan urap kenikir, yang sangat jarang sekali ditemukan di kota kota besar. Lebih nikmat dan uniknya lagi nasi Tiwul Bu Gandos juga dilengkapi dengan daging ikan hiu muda, dan sambal matah yang hangat dan dipastikan siap mengguncang lidah.

Nah jika anda tertarik untuk Piknik Ke Pacitan langsung saja rencakan liburanmu dan kemana pun liburannya pakai saja jadipergi.com agar pasti jadi pergi, dengan langsung kunjungi www.jadipergi.com.