rute-masuk-madakaripura - Sensasi Deburan Air Terjun Madakaripura + Rute Lokasi - paket wisataAir Terjun Madakaripura merupakan salah satu destinasi wisata Jawa Timur yang sangat instagramable. Buat kamu petualang travelling yang suka berfoto di tempat wisata cantik, Air Terjun Madakaripura harus banget masuk ke wishlist kamu!

Wisata ini lebih tepatnya terletak di daerah Probolinggo. Ia masih termasuk ke dalam area wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Ia memiliki bentuk lereng yang cekung diantara Gunung Bromo. Karena memiliki debit air yang selalu konsisten dan tidak pernah berkurang, Air Terjun Madakaripura ini sering disebut dengan air terjun abadi. Aliran air yang terus mengalir ini juga membuat daerah sekitar lereng ditumbuhi oleh tumbuhan hijau yang banyak. Sangat asri dan memanjakan mata kamu dari wilayah perkotaan.

Air Terjun Makadaripura mengalir pada ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Suhu yang ada di sekitar air terjun sangat sejuk dan segar. Aliran air pun turun dengan cara yang sangat artistik. Ia melintasi tebing-tebing curam yang sudah berisi dengan tumbuhan hijau disekelilingnya.

Madakaripura-Waterfall-Indonesia-819x1024 - Sensasi Deburan Air Terjun Madakaripura + Rute Lokasi - paket wisata

Apabila kebanyakan air terjun turun dalam bentuk aliran air yang sangat besar dan kuat pada satu titik, Air Terjun Makadaripura adalah bentuk yang sebaliknya. Ia turun dengan bentuk pola aliran radial sentrifugal, yaitu dari satu titik menyebar ke beberapa titik yang berbeda. Sehingga, ia tampak seperti aliran hujan yang turun secara terpisah-pisah dari atas bebatuan.

Setiap aliran tersebut mengeluarkan percikan air yang beragam kekuatannya. Ada yang mengalir sangat deras, hingga aliran kecil yang mengalir ringan. Kamu akan sangat menikmati keindahan dari aliran Air Terjun Madakaripura tersebut. Terlebih dengan bagian bawah Air Terjun yang jernih biru kehijauan. Warnanya akan sangat keren ketika kamu menaikkan pengaturan kontras dan saturation di foto kamu.

Ketika kamu mengambil foto di air terjun saat siang hingga sore hari, kamu akan memiliki kemungkinan melihat air terjun tersebut turun bersama cahaya matahari. Menghasilkan foto yang tampak majestic. Sebab, tumbuhan hijau yang ada di atas air terjun cukup banyak hingga tampak menutupi sinar matahari. Alhasil, sinar yang masuk ke wilayah air terjun tampak terlihat seperti garis cahaya yang turun ke bumi dengan dalam bentuk garis diagonal.

Berwisata di Air Terjun Madakaripura

Madakaripura-Waterfall-1024x804 - Sensasi Deburan Air Terjun Madakaripura + Rute Lokasi - paket wisata

Banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan di dalam kawasan wisata Air Terjun Madakaripura ini. Salah satunya tentu saja bermain air di sekitar air terjun. Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi beberapa area yang dianggap memiliki air yang berkhasiat. Air tersebut dapat membuat awet muda dan memlihara kesehatan.

Di sekitar Air Terjun Makadaripura ini juga banyak warung-warung kecil yang dapat kamu manfaatkan untuk beristirahat sejenak. Sembari menyesap kopi hangat dan mendengar suara air terjun dari kejauhan. Suara air terjun sendiri dipercaya memiliki kemampuan untuk membuat pikiran menjadi lebih rileks. Karena suara air terjun memiliki gelombang yang mirip dengan otak kita, yang dikenal sebagai white noise. Sehingga, ini bisa menjadi salah satu ritual rileksasi kamu di tengah perjalanan.

madakaripura-probolinggo-819x1024 - Sensasi Deburan Air Terjun Madakaripura + Rute Lokasi - paket wisata

Akses Masuk dan Rute Air Terjun Madakaripura

Kamu dapat menggunakan beberapa jalur akses :

  • Rute dari Surabaya
    Apabila kamu mencapai daerah Jawa Timur via Stasiun Gubeng atau Bandara Juanda tentu kamu harus memulai perjalanan dari Surabaya. Disana kamu dapat segera menuju terminal bus Bungur Asih. Disana kamu akan memiliki berbagai bus dengan jurusan Probolinggo. Atau bisa jadi bus tersebut hanya melintasi jalur Probolinggo. Setelah turun di wilayah Probolinggo, kamu dapat menyewa mobil yang mengarah pada Kabupaten Nagarejo. Warga Sekitar Kabupaten telah sangat akrab dengan para pengunjung Air Terjun Madakaripura. Sehingga, kamu dapat bertanya pada warga sekitar untuk mengantar kamu ke Air Terjun Madakaripura.
  • Rute Malang
    Setelah munculnya bandara Abdul Rachman Saleh di Malang, beberapa orang mulai mengakses bandara tersebut untuk berwisata di wilayah Jawa Timur. Apabila kamu memulai perjalanan dari bandara yang satu ini, kamu dapat memulainya dengan langsung menyewa taksi yang ada disana. Taksi di wilayah tersebut seringkali menawarkan harga diluar argo mengingat apabila menggunakan argo, harga perjalanan akan menjadi sangat mahal. Sehingga, kamu harus bersiap-siap untuk tawar-menawar harga terlebih dahulu. Untuk kamu yang jago tawar menawar harga, jangan lupa untuk menggunakan bahasa daerah setempat yah!
  • Rute dari Gunung Bromo
    Kalau kamu sudah berada di sekitar Gunung Bromo, kamu sudah lebih dekat dengan lokasi Air Terjun Madakaripura ini. Namun, seringkali untuk menuju air terjun kamu harus mencari kendaraan lagi. Alangkah lebih baiknya apabila kamu menggunakan fasilitas yang telah disediakan oleh tour setempat. Disana dengan mudah kamu akan menemukan berbagai penawaran perjalanan menuju Air Terjun Madakaripura dari usaha tour wisata. Harga yang ditawarkan pun cukup bersahabat. Terlebih, kamu tidak perlu khawatir untuk mencari lokasi dan kendaraan menuju kesana.
    Untuk kamu yang mungkin singgah di Air Terjun Madakaripura dari wilayah yang jauh, kamu dapat menyewa beberapa penginapan. Atau mungkin kalau kamu hanya ingin menikmati suasana pun, Air Terjun Madakaripura memiliki jawabannya. Disana kamu akan dengan mudah menemukan tempat penginapan yang kelola oleh penduduk setempat.

Biaya Memasuki Air Terjun Madakaripura

Majestic-Madakaripura-819x1024 - Sensasi Deburan Air Terjun Madakaripura + Rute Lokasi - paket wisata

Untuk dapat menikmati seluruh keindahan Air Terjun Madakaripura kamu dapat langsung mengunjungi wilayah Taman Nasional Gunung Bromo. Disana kamu akan diminta untuk membayar karcis masuk. Kurang lebih sebesar Rp 11.000. Dengan uang tersebut kamu turut menyumbang biaya perawatan area wisata kepada Perhutani. Selain itu, kamu akan memiliki waktu yang tidak terbatas untuk berada di wilayah air terjun.

Apabila kamu termasuk orang yang menyukai cerita-cerita sejarah di balik sebuah tempat wisata, Air Terjun Madakaripura juga memiliki beberapa orang lokal yang akan bersedia menjadi tour gouide kamu. Biasanya mereka memiliki harga yang berbeda-beda. Namun, hasilnya, kamu akan mendapatkan banyak sekali cerita mengenai Air Terjun Madakaripura sekaligus kamu dapat mengelilingi semua area dari Air Terjun Madakaripura ini.

Apabila kamu berkunjung, sebaiknya kamu tidak membawa perlengkapan yang terlalu banyak. Karena kamu harus sangat berhati-hati menjaga perlengkapan tersebut mengingat tempat khusus penitipan barang belum tersedia disana. Wilayah Air Terjun ini akan membuat kamu sangat ingin berkeliling berfoto-foto. Sehingga, sebaiknya membawa barang yang dapat di bawa berkeliling saja.

Sangat menarik bukan Air Terjun Madakaripura ini? Kamu dapat langsung mengunjunginya di musim apapun. Saat hujan maupun musim panas kamu tidak akan kehilangan keindahannya. Karena Air Terjun Madakaripura belum pernah mengalami penyurutan air akibat dari pergantian musim.

Walaupun begitu, mengunjunginya pada musim panas kamu akan memberikan hasil foto yang lebih maksimal. Terutama di jam-jam keemasan, yaitu pukul 4 sore hari. Kamu dapat mengambil foto yang indah. Apabila kamu memiliki drone, kamu pasti akan tertarik untuk menggunakannya disini! Selamat Berwisata!

Katakunci Populer:

  • rute ke madakaripura