image source : Google.com

Siapa yang pengen kembali ke masa lalu dan berharap waktu bisa diputar kembali? Jika kamu adalah salah satu yang berharap, kamu harus menjajal naik dokar atau andong keliling Jogja. Meskipun zaman ini menuntut untuk serba cepat, transportasi tradisional ini masih diminati, lho. Andong ini sendiri adalah kereta dengan kuda sebagai tenaga penggeraknya. Kalau di Jogja, andong memiliki empat roda dimana roda depan lebih kecil dibanding roda belakang. Ada yang udah pernah?

Andong memang tak secepat kendaraan bermotor, tapi sensasi bersantai merasakan pesona kota Jogja inilah yang dicari para wisatawan. Apalagi buat kamu yang ingin mengistirahatkan diri dari penatnya rutinitas, aktivitas wisata di Jogja ini patut kamu coba. Petualanganmu pun akan lengkap dengan menyusuri jejak sejarah Kota Gudeg ini. Seolah-olah kamu memutar kembali ke masa lalu Jogja di kepalamu.

 

Lokasi

andong_flickr-Efi-Juwita-768x506 - Sehari Kembali ke Masa Lalu Jogja Menaiki Andong - paket wisata
image source : Google.com

Nah, kalau ingin berkeliling wisata di Jogja menggunakan andong, kamu bisa ke Jalan Malioboro, yang merupakan surganya wisata belanja. Selain itu, juga bisa ke Pasar Ngasem, Kotagede, Keraton, dan tempat-tempat lain yang berdekatan dengan objek wisata. Di sana, kamu akan menjumpai andong wisata yang cantik, klasik dan lebih terawat dibanding andong yang digunakan untuk transportasi. Bahkan ada juga Pak Kusir yang menggunakan baju adat Jawa dan blangkon. Seperti balik ke masa Hindia Belanda, ya kan?

 

Tarif Andong

Berkeliling Jogja dengan andong cukup membayar mulai dari Rp 80.000,- tergantung jarak yang nanti akan kamu tempuh. Satu andong ini bisa memuat 5-7 orang. Wisatawan yang menggunakan transportasi ini biasanya mendatangi wisata di Jogja seperti Jalan Malioboro, Keraton Jogja, Taman Sari, Benteng Vredereburgh, Tugu Jogja, dan lain sebagainya.

Di samping itu, ada juga paket wisata di Jogja yang menggunakan andong sebagai alat transportasi. Paket wisata ini biasanya termasuk tiket masuk spot-spot wisata sejarah, fasilitas makan dan berbagai aktivitas menarik seperti yang ditawarkan JadiPergi.

 


Mau Liburan murah, hemat dan tidak ribet. jadipergi.com aja! Yuk kepoin destinasi wisata favorit jadipergi SEKARANG!

CAT_BLOG_Dokaran-Keliling-Jogja - Sehari Kembali ke Masa Lalu Jogja Menaiki Andong - paket wisata


 

Mengunjungi Rumah Raja di Keraton Jogja

expolrewisata.com_ - Sehari Kembali ke Masa Lalu Jogja Menaiki Andong - paket wisata
image source : explorewisata.com

Jika menelusuri Jalan Malioboro dengan dokar, jangan lupa mampir di kediaman raja dan keluarganya yaitu Keraton Jogja. Jaraknya hanya 1,5 km dari Malioboro. Kapan lagi coba mendatangi istana yang kini masih dihuni raja dan keluarganya? Tunggu dulu, ada syaratnya untuk bisa masuk istana yang jadi pusat kebudayaan Jawa ini. Kamu harus memakai baju yang sopan dan rapi.

Selain mengagumi arsitektur bangunan wisata di Jogja ini, kamu bisa menyaksikan kehidupan sehari-hari seorang abdi dalem (orang yang mengabdikan diri pada kerajaan) dan segala aturannya. Kerennya lagi, berbagai koleksi benda-benda kuno bisa kamu lihat di ruang pamer. Begitu juga upacara adat yang digelar di dalam Keraton.

 

Taman Sari yang Penuh MisteriTaman-Sari-Jogja - Sehari Kembali ke Masa Lalu Jogja Menaiki Andong - paket wisataimage source : Google.com

Sekitar 1 km dari Keraton Jogja, berdirilah tempat wisata di Jogja yang merupakan tempat peristirahatan sekaligus benteng pertahanan yaitu Taman Sari. Di dalamnya, kamu akan menemui kolam pemandian yang dulunya diperuntukkan bagi keluarga kerajaan, menara, tempat pesanggrahan, dan lorong bawah tanah.

Lorong bawah tanah dibangun sebagai jalur penyelamatan diri kalau ada keadaan bahaya. Lorong ini juga yang akan mengantarkan kamu ke Sumur Gumuling yang merupakan masjid bawah tanah, dan Gedung Kenongo, tempat sang Raja menyantap hidangan yang disajikan. Menjelajahi bangunan perpaduan gaya Eropa, Hindu, Jawa, dan China ini tentu membuatmu berimajinasi tentang sejarah Kota Gudeg ini.

 

Paket Wisata Dokaran Keliling Jogja

Gimana? Tertarik mengitari Jogja naik andong? Jadi pergi aja dengan JadiPergi. Karena tak hanya mengunjungi Jalan Malioboro, Keraton Jogja dan Taman Sari, JadiPergi juga mengajakmu mencicipi makanan khas Keraton serta mengikuti workshop pembuatan batik. Hayo, udah pernah nyoba bikin batik belum? Kalau belum, kamu wajib banget menguji sendiri kemampuanmu membatik. Kuy, silakan cek infonya lebih lanjut tentang paket wisata dokaran keliling Jogja di sini ya!

JadiPergi, Inspirasi Liburanmu

Tag : Ada Apa Dengan Punthuk Setumbu?


Mau Liburan murah, hemat dan tidak ribet. jadipergi.com aja! Yuk kepoin destinasi wisata favorit jadipergi SEKARANG!

CAT_BLOG_Dokaran-Keliling-Jogja - Sehari Kembali ke Masa Lalu Jogja Menaiki Andong - paket wisata

CTA_Blog_JadiPergi_ - Sehari Kembali ke Masa Lalu Jogja Menaiki Andong - paket wisata