image source : Diaspora Iqbal

Bulan Ramadhan sudah di depan mata, nih. Sebentar lagi seluruh umat muslim di dunia akan menunaikan ibadah puasa.  Banyak cara untuk menyambut bulan suci Ramadhan selain menjalankan serangkaian ibadah, berkumpul dengan keluarga, belanja stok kebutuhan selama sahur atau berbuka, hingga memilih untuk berwisata religi.

Buat kamu yang ingin menyambut Ramadhan dengan berwisata religi dan nggak tahu harus pergi kemana, kamu bisa agendakan ini dari sekarang bareng teman-teman kamu.

Pas banget! Coba deh cek paket wisata Semarang di JadiPergi, kami menyediakan open trip Semarang khusus Wisata Jejak Islami.

Kota Semarang juga memiliki kawasan wisata religi yang menarik untuk dikulik seperti halnya di daerah lainnya. Yuk, cobain berwisata religi di dua lokasi ini, kamu akan merasakan suasana syahdu saat  Bulan Ramadhan tiba.

Masjid Jami’ Pekojan

Masjid-Jami-Pekojan-Semarang-dotsemarang_crop - Sambut Ramadhan, Semarang jadi One of the Best Wisata Religi - paket wisata
image source : dotsemarang

Masjid tertua di Kota Semarang ini telah berusia lebih dari 150 tahun, namun hingga saat ini masih berdiri kokoh. Tak banyak yang tahu jika kawasan sekitar masjid memiliki pemukiman masyarakat yang berasal dari Koja dan Gujarat, India. Keduanya merupakan pedagang Islam dari India dan Pakistan. Dari merekalah, penyebaran agama Islam berkembang pesat di tanah Semarang lewat jalur perdagangan dan membangun Masjid Jami’ Pekojan.

Saat memasuki Masjid Jami’ Pekojan, kamu akan disambut indah dengan menara setinggi 18 meter dan di bagian sisi kiri masjid terdapat puluhan makam para pengurus masjid terdahulu yang masih asli terawat. Ornamen ukiran khas Pakistan dan India menghiasi di beberapa sudut masjid.

Masjid Jami’ Pekojan mengalami beberapa kali renovasi, namun ada beberapa bagian yang sama sekali tidak direnovasi yaitu mimbar masjid lengkap dengan tongkatnya. Tongkat tersebut dahulu digunakan sebagai alat perang untuk melawan penjajah. Di luar masjid terdapat pohon bidara yang yang sangat lebat. Konon katanya daun bidara ini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tak heran jika banyak pengunjung membawa pulang daun tanaman ini.

 


Mau Liburan murah, hemat dan tidak ribet, Jadipergi.com aja! Yuk kepoin destinasi wisata favorit jadipergi SEKARANG!


Satu lagi yang unik dari masjid ini, ada hidangan yang usianya sudah ratusan tahun dan hanya bisa kamu jumpai di Bulan Ramadhan yaitu bubur India. Bubur India biasanya disajikan menjelang buka puasa dengan mangkok warna-warni, lengkap dengan susu atau kopi, kurma dan satu jenis buah lainnya.

 

Masjid Agung Kauman

masjid-Kauman-Semarang-MerahPutih - Sambut Ramadhan, Semarang jadi One of the Best Wisata Religi - paket wisata
image source : MerahPutih

Seringkali di setiap daerah punya masjid besar yang namanya Masjid Agung, begitu juga dengan Kota Semarang. Masjid Agung Kauman merupakan masjid tertua di Kota Semarang, kini menjadi cagar budaya dan ikonis wisata religi warga Semarang. Berlokasi di pusat kota dekat dengan pusat pemerintahan dan pusat perdagangan (Pasar Johar) memiliki catatan sejarah tentang berdirinya Pemerintah Kabupaten Semarang hingga sekarang menjadi Kota Semarang.

 

Masjid Agung Semarang didirikan pada pertengahan abad XVI (1571 Masehi), jauh sebelum masa penjajahan di tanah air. Masjid ini diakui lebih tua dari Kota Semarang itu sendiri. Dalam catatan sejarah, masjid ini didirikan oleh Sunan Pandan Arang atau Ki Ageng Pandan Arang. Ulama ini merupakan seorang dari negara Arab yang bernama asli Maulana Ibnu Abdul Salam. Sunan Pandan Arang kemudian ditugaskan oleh Sunan Kalijaga untuk menyampaikan Islam di daerah barat Kasultanan Bintoro Demak. Mengawali dakwah dan syiarnya, Sunan Pandan Arang mendirikan padepokan. Padepokan inilah yang kelak menjadi cikal bakal Kota Semarang.

 

Berwisata sekaligus beribadah dan mempelajari jejak Islami di Semarang tentu akan menjadi pengalaman baru buat kamu. Pilihan kawasan wisata religi diatas layak untuk dikunjungi. Banyak sekali pengunjung yang mendatangi Masjid Jami’ Pekojan dan Masjid Agung Semarang sekedar hanya untuk berdoa di dalamnya dan tak lupa mereka juga berziarah di makam area masjid.

 

Setelah puas jalan-jalan sambil nambah ilmu pengetahuan sejarah Islam, kami akan tutup dengan mampir ke alun-alun Semarang, Simpang Lima.

15032019_f993ca138aa1f2d16d6cc569e9dd00d2 - Sambut Ramadhan, Semarang jadi One of the Best Wisata Religi - paket wisata
image source : google.com

Ah, ngapain sih mampir ke alun-alun? Paling yang dilihat rumput aja. Eits, kamu keliru, Simpang Lima Semarang punya seabrek kegiatan yang bisa dilakukan disini. Mulai dari yang bisa dilakukan sendiri maupun beramai-ramai bareng komunitas. Asyiknya lagi, rata-rata kegiatannya nggak perlu menghabiskan banyak uang alias tanpa keluar duit sama sekali.

 

Kamu juga bisa memanjakan perutmu disini. Terdapat banyak Pujasera yang menjual berbagai jenis makanan. Makanan tradisional Semarang pun juga ada disini seperti lumpia, tahu gimbal, wedang tahu, soto bokoran sampai dengan makanan tradisional daerah lainnya. Lengkap, deh!

 

Soal harga tak perlu khawatir dengan harga yang fantastis seperti di tempat-tempat wisata lainnya. Rata-rata penjual disini sudah memasang daftar menu sekalian harganya. Jadi, kamu bisa pilih mau makan dimana aja.

 

Ramadhan tahun ini kesana, kuy! Jangan sampai nggak keturutan ya!

Berani beda di Ramadhan tahun ini, Wajib 🙂

Tag : Di Candi Gedong Songo, Wisata Budaya, Edukasi dan Keluarga Jadi Satu


Mau Liburan murah, hemat dan tidak ribet, Jadipergi.com aja! Yuk kepoin destinasi wisata favorit jadipergi SEKARANG!

CTA_Blog_JadiPergi_ - Sambut Ramadhan, Semarang jadi One of the Best Wisata Religi - paket wisata