Pura-Luhur-Poten-1024x512 - Pura Luhur Poten, Situs Bernuansa Sejarah di Tanah Bromo - paket wisata
Pura Luhur Poten, Nuansa Hindu di Area Gunung Bromo

Pura Luhur Poten, Situs Bersejarah Tanah Bromo – Pura Luhur Poten adalah tempat peribadatan umat Hindu Suku Tengger di Gunung Bromo. Tempat ini berada dekat dengan kawah Gunung Bromo dan Gunung Batok. Pura tersebut diyakini sebagai istana Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang disembah oleh umat Hindu. Pura ini terlihat begitu jelas ketika kita beranjak menuju kawah Gunung Bromo karena desain yang menyerupai bentuk areal Candi. Gerbang masuk Pura Luhur Poten nampak seperti situs candi Bentar yang dihiasi dengan dua arca Dwarapala. Arca tersebut memiliki nilai sendiri di mata penduduk sekitar, sehingga apabila dicermati, para pengunjung dapat menemukan sesajen yang diletakkan di sekitar arca tersebut.

IMGP0667-1024x768 - Pura Luhur Poten, Situs Bernuansa Sejarah di Tanah Bromo - paket wisata
Pura Luhur Poten, Wisata Gunung Bromo Jawa Timur

           Isa Sang Hyang Widhi Wasa merupakan perwujudan dari Dewa Brahma. Seperti diketahui, Brahma merupakan tiga dewa besar dalam agama Hindu selain Siwa dan Wisnu. Nama Gunung Bromo sendiri berasal dari nama Brahma ‘Bromo’. Pada upacara tertentu seperti upacara Tirta Yatra (perjalanan spiritual untuk memohon air suci), Pura Luhur Poten merupakan destinasi untuk penyelenggaraan acara upacara sejenis seperti Hari Raya Karo, Yadnya Kasada dan Unan-Unan. Meski nampak seperti bekas peninggalan sejarah, namun sebenarnya Pura Luhur Poten didirikan pada tahun 2000. Desain yang diusung bergaya pura Jawa dan Bali. Nuansa Hindu begitu kental pada desain pura tersebut. Bentuk dari Pura Luhur Poten ini sendiri merupakan spot yang sangat menarik bagi para pecinta fotografi dengan bentuknya yang khas.

         Jumlah pengunjung yang menuju Bromo tidak pernah sepi. Mulai dari wisatawan lokal hingga wisatawan internasional memiliki spot favorit masing-masing. Salah satunya keberadaan Pura yang begitu menarik diatas hamparan padang pasir di dekat kawah Gunung Bromo. Jadi jangan kaget kalo di saat kalian mengunjungi Bromo, kalian bertemu wisatawan dari berbagai negara mulai dari Singapura, Malaysia, hingga wisatawan Eropa. Beberapa wisatawan juga ramah ketika diajak untuk berfoto bersama, dan hal tersebut merupakan momen menarik untuk dicoba.

          Untuk menuju Pura Luhur Poten, kalian dapat berjalan dari tempat parkir kendaraan searah dengan kawah Gunung Bromo. Apabila kalian ingin mendapatkan sensasi pengalaman yang baru, kalian bisa menyewa kuda untuk dikendarai sampai ke Pura Luhur Poten. Selain mendapatkan pengalaman baru naik kuda, berfoto dengan pura, background Gunung dan Keindahan alam sekitar pasti bikin liburan kamu semakin kece.