Mabuk Laut dan Cara Mengatasinya – Mabuk, bisa saja dirasakan oleh semua orang saat menggunakan transportasi darat, laut maupun udara. Dan salah satu yang lumayan sering dialami adalah mabuk laut ketika kita sedang berada di kapal, tak mesti kapal besar atau kapal kecil, mabuk laut dapat menerjang kapan dan dimana saja, menjadikan perjalanan yang seharusnya menyenangkan jadi terganggu.

Mabuk-Laut-dan-Cara-Mengatasinya - Penyebab Mabuk Laut dan Cara Mengatasinya - paket wisata

Mabuk laut biasanya terjadi ketika badan, telinga dalam, dan mata kita mengirimkan sinyal yang berlainan pada otak. Karena sinyal yang dikirimkan berbeda, membuat otak mengalami kekacauan dan stimulasi visual menjadi keliru ketika melihat barang yang tak bergerak seakan seperti berayun-ayun.

Pada fase mabuk, akibat kehilangan keseimbangan dari perintah otak, seseorang akan merasa mengantuk, pusing, mual dan akhirnya muntah. Biasanya semua ini bisa terjadi karen tubuh seseorang belum benar-benar beradaptasi dengan situasi yang tiba-tiba seperti gejala tersebut. Ada beberapa hal yang membuat seseporang mabuk laut yakni seperti posisi duduk yang dipilih, kekenyangan ataupun perut kosong hingga sugesti.

Untuk menghindari semua itu, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi mabuk laut.

Makan dengan porsi cukup sebelum pergi Sebelum melakukan perjalanan dengan menggunakan kapal laut, maka anda wajib untuk mengisi perut terlebih dahulu.
Istirahat yang cukup sebelum pergi Kelelahan juga merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan mabuk laut. Jadi ada baiknya sebelum anda naik ke kapal dan mulai perjalanan menggunakan kapal laut, terutama perjalanan yang cukup jauh, anda wajib bersitirahat, paling tidak tidur selama 1 – 2 jam sebelum naik ke kapal laut untuk berlayar.
Minum air yang cukup, hindari dehidrasi Dehidrasi juga merupakan faktor lainnya yang dapat menyebabkan munculnya mabuk laut. Cukupilah kebutuhan air anda sebelum mulai pergi berlayar dengan kapal laut. Kekurangan cairan dapat menyebabkan anda mengalami rasa pusing dan juga pening, dan dapat bertambah parah apabila anda tidak mendapatkan lokasi beristirahat yang nyaman di kapal laut.
Minumlah minuman jahe sebelum berpergian Minuman jahe dapat membantu mengurangi rasa mual dan pusing. Karena itu, sebelum berpergian dengan menggunakan kapal laut, cobalah untuk minum minuman jahe,atau makan permen jahe untuk mencegah terjadinya mabuk laut selam perjalanan.
Apabila perlu minumlah obat anti mabuk laut Yang terakhir sebelum mulai bepergian dengan menggunakan kapal laut, ada baiknya anda mengkonsumsi obat anti mabuk laut yang sudah banyak dijual di pasaran. Dengan meminum obat tersebut, maka anda bisa lebih tenang dan dapat terhindar dari gangguan mabuk laut selama perjalanan.

Jika seseorang mabuk, bila membawa obat anti mabuk segerakan diminum agar menghilangkan mual. Bila tidak membawa, kita bisa merendam kaki dengan air es ataupun memasang karet pada pergelangan tangan sembari tiduran. Selamat mencoba.