Jika Anda sudah berencana untuk menambah pengalaman snorkeling di pesisir Jawa dan sekitarnya, maka Pulau Tabuhan yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur adalah tempat yang jangan sampai Anda lewatkan. Pulau kecil yang satu ini bahkan sudah sangat terkenal akan keindahan panorama alam bawah lautnya, sehingga banyak yang menjadikan lokasi ini sebagai kawasan snorkeling favorit mereka.

hiu-bareng-tabuhan-1024x733 - Pengalaman Seru Snorkeling Pulau Tabuhan, Banyuwangi, Jawa Timur - paket wisata

Di samping keindahan alam bawah lautnya, Pulau Tabuhan pun memiliki pesisir pantai yang memesona. Bentangan laut berwarna kebiruan yang berkilau di bawah terpaan sinar matahari dipercantik oleh pantai berpasir putih di mana Anda bisa bersantai seharian penuh sambil menikmati suara deburan ombak nan merdu dan hembusan angin pantai yang sejuk dan melenakan. Apalagi, Pulau Tabuhan sebenarnya adalah pulau tak berpenghuni. Jadi, Anda bisa rasakan sensasi seolah sedang berada di pantai pribadi. Hanya saja, Anda barangkali perlu memerhatikan kalender dengan cermat, terutama jika Anda ingin menghindari momen-momen di mana pulau ini padat oleh pengunjung. Sebab, pulau yang dulunya sepi tamu ini telah menarik semakin banyak wisatawan untuk datang dalam beberapa tahun belakangan ini, sehingga ramainya Pantai Tabuhan sudah tak lagi jadi pemandangan yang langka.

Untuk merasakan serunya pengalaman snorkeling Pulau Tabuhan, Anda bisa pilih area yang paling direkomendasikan, yaitu di sisi utara. Sebab, di kawasan tersebut kondisi ombaknya lebih tenang, sehingga lebih nyaman dan aman untuk aktivitas seperti snorkeling. Karena Anda perlu menaiki kapal atau perahu yang pastinya dapat disewa untuk mencapai spot snorkeling ideal tersebut, Anda bisa juga meminta agar kapal atau perahu tersebut dibawa agak ke tengah karena spot tersebut banyak direkomendasikan. Hanya saja, Anda perlu berhati-hati dengan bulu babi dan jangan sampai menginjak karang, ya. Sebab karangnya cukup tajam dan Anda bisa terluka.

Oh iya, biasanya perahu atau kapal yang ditumpangi untuk menikmati aktivitas snorkeling Pulau Tabuhan perlu disewa dari Watu Dodol atau Bangsring. Umumnya, perahu yang disewakan dapat mengangkut 10 sampai 15 penumpang, dan durasi perjalanan yang perlu ditempuh untuk mencapai Pulau Tabuhan kira-kira selama 1 jam.

Begitu Anda sudah mendekati Pulau Tabuhan, hal pertama yang barangkali Anda perhatikan adalah mercusuarnya yang menjulang jauh melebihi ketinggian pepohonan yang tumbuh di pulau kecil tak berpenghuni tersebut. Dan begitu Anda semakin mendekati pulau, Anda pun dapat menemukan adanya reruntuhan bangunan yang hanya menyisakan tumpukan batu bata saja. Jika Anda bisa menemukan sudut pengambilan gambar yang pas, lokasi reruntuhan tersebut bisa jadi spot foto-foto yang menarik. Dan kalaupun Anda ingin mendapatkan tempat berfoto yang lebih menarik, Anda cukup kelilingi saja pulau ini, mengingat luas Pulau Tabuhan yang hanya sekitar 5 hektar.

Karena Pulau Tabuhan bukan seperti tempat wisata lain yang juga dijejali oleh para penjual makanan, maka Anda jelas perlu mempersiapkan bekal Anda. Mulai dari sarapan sebelum berangkat, makan siang, dan camilan serta minuman, jangan sampai ada yang terlupakan. Apalagi Pulau Tabuhan punya sedikit pepohonan, sehingga suasananya tidak teduh seperti kebanyakan pantai yang punya jajaran pohon kelapa di tepiannya. Dan itu artinya Anda jangan sampai lupa membawa sunblock alias tabir surya, dan pastikan bahwa Anda mengaplikasikan ulang tabir surya tersebut setiap beberapa jam untuk menghindari konsekuensi dari kulit yang terbakar sinar matahari!

Selain snorkeling Pulau Tabuhan, aktivitas atau pesona lain apa lagi yang dapat Anda menikmati ketika berlibur di pulau kecil tak berpenghuni tersebut? Nah, salah satunya adalah menikmati pemandangan sunset yang cantik dan memesona, bahkan tak kalah dengan pesona keindahan matahari terbenam di kawasan Pantai Kuta di Bali yang populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara tersebut. Selain itu, ketika Anda menempuh perjalanan pulang dari Pulau Tabuhan ke Banyuwangi, kapal akan membelah malam serta deburan ombak besar. Dan dengan minimnya polusi cahaya selama pelayaran kembali ke daratan, Anda pun dapat menikmati pemandangan lautan kala gelap, diterangi hanya oleh sinar bulan dan bintang di langit.

Penasaran ingin merasakan sendiri seru dan pesona snorkeling Pulau Tabuhan? Liburannya pakai jadipergi saja! Pesan paket wisata Snorkeling Pulau Tabuhan disini.