JadiPergi – Mentari pagi sudah terbit di ufuk timur. Saat itu kami Tim JadiPergi mulai beranjak dari tempat tidur. Kami menginap di kawasan Malioboro. Agenda kami hari ini adlaah mengeksplor air terjun di daerah Kulon Progo. Setelah kami lakukan riset, kami memutuskan untuk mengunjungi Air Terjun  Sungai Mudal.
Taman Sungai Mudal berada di Kulon Progo tepatnya di pegunungan Menoreh dan berbatasan dengan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Pukul delapan pagi kami pun bergegas kesana. Sempat mampir untuk menyantap soto di Jalan Godean, jam setengah sepuluh kami sudah tiba di pintu masuk Taman Sungai Mudal.
Oh ya sebelum sampai sana, jangan sampai kamu lupa untuk berfoto di daerah lereng pegunungan Menoreh. Di sini terdapat hamparan sawah yang berundak seperti di daerah Jatiluwuh Bali. Sebelum masuk daerah Taman Sungai Mudal juga kamu akan menemuni petunjuk arah untuk menuju ke beberapa tempat wisata seperti Goa Kreo, Air Terjun Kedung Pedut, hingga Air Terjun Kembang Soka.
Suara gemercik air menyambut kehadiran kami di tempat wisata ini. Sebelum masuk kedalam, kami pun sempatkan diri untuk menyantap gorengan dan meminum segelas kopi. Suasana yang begitu tenang dan sejuk memang sangat memanjakan kami. Setelah habis kami pun masuk kedalam.
Pertama -tama kami disuguhi kolam yang airnya langsung dari air terjun. Sangat segar tampaknya mandi kesana. Tapi rasa penasaran untuk melihat puncak air terjun ini begitu besar. Fasilitas tangga dari bambu sangat mendukung kami untuk mengeksplore air terjun ini lebih dalam.
Air terjun ini memiliki kontur yang berundak – undak. Dari bawah airnya pun sangat deras. Kamu akan menemui jembatan kayu yang melintang di tengah-tengah air terjun ini. Di sini kamu bisa berfoto dengan latar belakang air terjun.
setelah beberpa menit kami menaiki tangga, sampai jugalah kami di pucuk air terjun ini. Di puncak terdapat kolam untuk berenang. Kedalamannya 1,5 meter dan sangat segar ketika kami mencoba berenang disana. Disini juga terdapat berbagai permainan. Sebut saja sepeda tali yang tentunya butuh nyali lebih untuk menaiki ini. Hijaunya pepohononan memberikan kesan sejuk dan asri di air terjun ini. Air terjun ini sangat pas untuk kamu datangi bersama keluarga atau temanmu.