Kawah Ijen - TheLoopHK

Sebentar lagi libur Imlek akan tiba, saatnya mewujudkan resolusi #2019wajibpiknik. Kalau masih bingung mau kemana, kenapa nggak ke Ijen aja? Apalagi untuk kamu yang ingin merasakan hiking, tempat wisata yang terletak di perbatasan Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Banyuwangi ini sangat ramah untuk pendaki pemula.

BLUE-FIRE - Pesona Langka Blue Fire di Kawah Ijen - paket wisataSetelah mencapai Kawah Ijen, kelelahanmu pun akan terbayar tuntas. Kamu akan disambut dengan fenomena api biru yang hanya ada dua di dunia, dimana yang lainnya berada di Islandia. Belum lagi ketika matahari mulai muncul, tampak danau Kawah Ijen siap memukau siapa saja dengan warnanya yang hijau toska. Danau kawah Ijen yang akan hadir di hadapanmu ini adalah danau air asam terbesar di dunia, lho.

Pesona wisata Kawah Ijen tak hanya api birunya. Saat matahari terbit, akan tampak Gunung Merapi yang berada di timur wisata Kawah Ijen. Begitu pula Gunung Raung, Gunung Suket, Gunung Rante, dan gunung-gunung lainnya. Lepas turun dari wisata Kawah Ijen, ada tempat wisata di sekitarnya yang bisa kamu kunjungi seperti Air Terjun Kembar. Para wisatawan biasanya melanjutkan perjalanan ke Taman Nasional Baluran yang berjarak sekitar dua jam dari wisata Kawah Ijen.

Akses Menuju Wisata Kawah Ijen

Untuk menuju ke wisata Kawah Ijen, kamu harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan di sana karena tak ada transportasi umum untuk sampai di lokasi. Dari pusat kota Banyuwangi, jaraknya hanya 35 km atau tak lebih dari 1,5 jam. Sampai di Paltuding, pos perijinan utama, lanjutkan dengan trekking menuju kawah Ijen.

Jika menggunakan kereta, turun di Stasiun Karangasem. Setelah itu lanjutkan dengan menggunakan jasa ojek menuju Desa Banyusari, Kecamatan Licin. Dari Kecamatan Licin ini, kamu cukup menumpang truk pengangkut belerang untuk mencapai Paltuding. Bersiaplah di Paltuding sebelum mendaki wisata Kawah Ijen, terdapat fasilitas seperti toilet, warung, penginapan, bahkan penyewaan tenda.

Harga Tiket Masuk

Wisatawan Lokal
Weekdays  Rp 5.000,-
Weekend   Rp 7.500,-

Wisatawan Mancanegara
Weekdays  Rp 100.000,-
Weekend    Rp 150.000,-

Paket Wisata Kawah Ijen

Bagi kamu yang tak ingin ribet mengurusi itinerary dan transportasi menuju wisata Kawah Ijen, kamu bisa memesan paket wisata Kawah Ijen yang tersedia. JadiPergi sebagai layanan travel online juga menyediakan paket wisata serupa. Beberapa paket wisata yang tersedia pun sudah termasuk objek wisata Taman Nasional Baluran. Nah, berikut ini paket wisata blue fire kawah ijen yang saat ini tersedia:

1. Amazing Blue Fire Ijen Start Surabaya

Buat kamu yang berasal dari Surabaya, atau dari luar kota tapi turun di bandara Juanda atau stasiun di Surabaya sebaiknya mengambil paket wisata ini. Untuk meeting point sendiri adalah di Stasiun Gubeng. Karena bersifat Open Trip, paket wisata kawah ijen ini hanya bisa berangkat bila memenuhi kuota minimal peserta yaitu sebanyak enam orang. Mengenai fasilitas, termasuk di dalamnya adalah transportasi, guide, tiket masuk dan sarapan pagi.

Sedangkan tempat wisata yang dituju, paket wisata ini termasuk lengkap. Kamu akan dimanjakan dengan Kawah Ijen dan matahari terbit selepas tracking. Setelah itu, perjalanan akan dilanjutkan menuju Taman Nasional Baluran. Di sana, JadiPergi akan mengajakmu mengeksplorasi Savana Bekol, Mangrove Trail, dan Pantai Bama. Cukup membayar Rp 375.000,-/pax untuk dapat merasakan keindahannya. Untuk memesan silakan klik di sini.

2. Piknik Kawah Ijen – Air Terjun Kembar

Paket wisata ini juga bersifat open trip dengan minimal enam peserta. Hanya saja, paket ini start dari Banyuwangi dengan meeting point di Stasiun Banyuwangi pada pukul 00.00 di tanggal yang kamu pilih. Fasilitas yang akan kamu dapatkan dari paket wisata ini adalah transportasi selama tour, guide, masker gas, makan pagi, dan tiket wisata

Hanya dengan Rp 230.000,-/pax, kamu akan menjelajahi dua spot wisata, yaitu Ijen dan Air Terjun Kembar. Setelah mendaki selama sekitar satu setengah jam, kamu akan disuguhkan dengan api biru yang hanya ada dua di dunia. Setelah itu, matahari akan tampak menyembul dari balik awan. Turun dari Ijen, Air Terjun Kembar akan menyegarkan tubuhmu yang mulai menghangat diterpa mentari. Kalau tertarik dengan paket wisata ini silakan klik di sini.

3. Trip Ijen Plus – Pantai Bama dan Baluran

JzEQKDLxRo1448761124 - Pesona Langka Blue Fire di Kawah Ijen - paket wisata
source: MerahPutih

Kalau kamu juga ingin menikmati pesona Taman Nasional Baluran dengan start dari Banyuwangi, pilihlah paket wisata ini. Setelah kelelahan mendaki Ijen, kamu akan dimanjakan dengan perjalanan santai dan menenangkan di Baluran. Dengan satwa-satwa yang bisa muncul kapan saja di Savana Bengkol, jalan-jalan romantis di titian dengan kanan-kiri dijajari pohon mangrove, dan terakhir duduk-duduk santai di Pantai Bama yang rindang.

Paket wisata Kawah Ijen ini sudah termasuk sarapan, makan siang, transport selama tour, guide, masker gas, dan tiket wisata. Lengkap, kan? Untuk penjemputan sendiri di Stasiun Banyuwangi. Jadi, kamu bisa naik kereta dari tempat asalmu dan turun di stasiun ini. Harganya hanya Rp 295.000,-/pax. Kalau tertarik dengan paket wisata ini silakan klik di sini.

4. Kawah Ijen – Baluran Trip

Taman-Nasional-Baluran-Jawa-Timur - Pesona Langka Blue Fire di Kawah Ijen - paket wisata
source: blogkulo.com

Ingin lebih murah namun dengan destinasi yang nggak kalah lengkap? Jika itu yang kamu inginkan, paket wisata kawah ijen ini bisa jadi pilihan. Hanya Rp 225.000,-/pax start Banyuwangi. Di dalamnya termasuk transportasi selama tour, tiket wisata, dan guide. Meeting pointnya sendiri adalah Stasiun Karang Asem, jadi cocok untuk kamu yang naik kereta dari kota asalmu.

Kamu tak akan berhenti terpukau dengan api biru, dan keindahan danau kawah Ijen. Petualanganmu pun berlanjut ke Air Terjun Jagir yang berada di lereng gunung. Puas mengeksplor wisata Kawah Ijen, kamu akan berjumpa dengan kijang dan rusa di Taman Nasional Baluran. Cukup klik di sini kalau ingin berangkat sekarang juga.

5. Blue Fire Kawah Ijen – One Day Trip

Mau melihat ijen dari sisi yang berbeda? Lepas menyaksikan api biru dan matahari pagi, intiplah kehidupan para penambang belerang di kawah ijen yang setiap harinya sanggup mengangkut 150-200 kg dengan upah Rp 100/kg. Berjalan turun dari Ijen, kamu akan diajak menyegarkan mata di hadapan Air Terjun Jagir yang juga disebut Air Terjun Kembar. Perjalananmu pun akan berlanjut ke Taman Nasional Baluran. Gimana? Menarik, kan?

Paket wisata ini hanya 225ribu/pax start dari Banyuwangi dengan meeting point stasiun Karang Asem. Tak ada minimal kuota, berapapun peserta tetap berangkat. Ini sesuai untuk kamu yang hanya ingin berduaan sama pasanganmu, atau berangkat seorang diri. Untuk tahu lebih lanjut klik di sini.