Setelah dimanjakan oleh keindahan sunrise Bromo, kalian wajib ke tempat yang satu ini!!

Padang-Pasir-Berbisik-Wisata-Di-Gunung-Bromo - Padang Pasir Berbisik, Pelengkap Bromo yang Penuh Misteri - paket wisata
Garis Pasir yang didera Angin seakan Berbisik

Yaps.. itu adalah Padang Pasir Berbisik. Padang Pasir Berbisik merupakan lautan pasir di kawasan Bromo. Disini kalian akan merasakan sensasi seperti di gurun dengan hamparan pasir yang luas dan dibalut dengan latar Gunung Bromo. Selain itu kontur pasir yang bergelombang membuat Padang Pasir Berbisik menjadi pelengkap yang pas buanget buat perjalanan kalian ke Bromo.

Padang Pasir Berbisik adalah salah satu spot favorit para pengunjung Bromo. Untuk mencapai tempat ini, kalian bisa menggunakan jeep yang bisa disewa atau jika tidak ingin repot bisa langsung menggunakan aplikasi Jadi Pergi yang bisa didownload di Play Store atau bisa juga lewat website www.jadipergi.com.

Pasti kalian bertanya-tanya kenapa dinamakan Padang Pasir Berbisik?

Memang pasirnya bisa berbisik?

Usut punya usut, nama Pasir Berbisik diadaptasi dari judul film “Pasir Berbisik” yang disutradarai oleh Nan Achnas pada tahun 2001. Tapi ga cuma film saja loh yang berkontribusi dalam penamaan Pasir Berbisik. Faktanya pasirnya pun mengeluarkan suara seperti berbisik ketika tertiup angin

Penasaran kan? He..he..he..

Ga cuma sampai disitu.

Padang Pasir Berbisik juga menyimpan misteri, Konon katanya di Padang Pasir Berbisik terdapat benda-benda pusaka dan diyakini terdapat akar-akar ghaib peninggalan Kerajaan Majapahit.

Terdapat mitos juga karena pengaruh akar ghaib tersebut bisa membuat para pengunjung tersesat ketika mengunjungi Padang Pasir Berbisik tersebut. Maka dari itu para diwajibkan untuk tidak berbicara sembarangan baik itu berbicara kata-kata kasar atau jorok. Hal ini juga karena keyakinan bahwa Bromo merupakan tempat bersemayam para Dewa sesuai dengan namanya Bromo sehingga menjadi salah satu tempat yang sakral.  Tidak sedikit pengunjung yang melanggar akhirnya tersesat. Jika ingin keluar dari keadaan tersesat dan menemukan jalan kembali, kalian harus membuka baju dan memakainya dengan terbalik. Begitulah cara menurut masyarakat setempat yang dianjurkan jika tersesat.

Di Bromo pun rutin mengadakan upacara adat yang dinamakan Yadnya Kasada Bromo setiap Bulan Kasada hari 14-16 atau saat bulan purnama nampak di langit. Upacara ini diadakan untuk memperingati dan mengenang pengorbanan seorang Raden Kusuma anak Jaka Seger dan Lara Anteng serta sebagai upacara tolak bala dan meminta kemakmuran bagi rakyat Tengger. Ritual dalam upacara Kasada yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh masyarakat Tengger memiliki agenda seperti pengambilan air suci dari mata air Widodaren, persembahyangan umat Hindu, pemberkatan sesajen yang akan dilarung, pengangkatan dukun baru (pemimpin upacara agama umat Hindu), dan pelarungan sesajen menuju kawah Gunung Bromo.

Jadi makin ingin pergi kan ke Kawasan Bromo. Selain tempatnya yang keren abis, ternyata di sana juga banyak nilai budaya dan mistis.