bantib - Pacitan, Pesona Menawan Favorit Wisatawan - paket wisata
Pacitan, Favorit Wisatawan

Pacitan merupakan destinasi wisata yang sedang naik daun. Akhir-akhir ini banyak wisata di Pacitan yang populer di mata wisatawan lokal maupun mancanegara. Secara geografi, sebagian besar wilayah Pacitan adalah pegunungan kapur, yang menjadi bagian dari deretan Pegunungan Kidul. Keadaan tanah tersebut memaksa masyarakat sekitar khususnya dalam bidang pertanian menanam selain padi. Sehingga, ketela pohon atau singkong menjadi bahan pokok pengganti sejak dulu.

discoverpacitan - Pacitan, Pesona Menawan Favorit Wisatawan - paket wisata
Wonderful Pacitan

Beberapa tahun terakhir, terdapat budidaya terhadap hasil pertanian utama Pacitan sehingga menjadi lebih beragam yaitu padi, singkong, cengkeh, kelapa dan kakao. Kawasan Pacitan juga terkenal memiliki potensi pada bidang bahan tambang. Terdapat juga kerajinan batu akik yang terpusat di kawasan Donorojo, sedikit banyak telah menyumbang nilai penting bagi Pacitan.

pacizon - Pacitan, Pesona Menawan Favorit Wisatawan - paket wisata
Amazon ala Pacitan

Dari segi pariwisata, Pacitan terkenal memiliki deretan pantai yang indah dengan beberapa destinasi lain seperti Goa dan wisata alam maupun buatan lainnya. Selain dikenal sebagai tempat lahir Pak SBY, Pacitan juga terkenal sebagai kota dengan 1001 gua. Dahulu, wisata yang sering terdengar terkait Pacitan adalah Goa Gong.

pacitan - Pacitan, Pesona Menawan Favorit Wisatawan - paket wisata
Banyu Tibo, Ikon Pacitan

Goa Gong berada di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Donorejo, kurang lebih berjarak 140 km arah selatan kota Solo atau 30 km arah Barat Daya Kota Pacitan. Penamaan Goa Gong sendiri karena dalam gua tersebut terdapat batu yang apabila di pukul mengeluarkan suara seperti Gong. Rute yang dilalui untuk mencapai Goa Gong juga cukup mudah karena jalan setapak yang terus diperbaiki sebagai akses utama wisata. Pengunjung akan menelurusi Goa dan disuguhi pemandangan Goa Gong dengan lampu-lampu indah di dalam. Begitu banyak hal dapat dieksplor di Pacitan, buruan pesan liburanmu sekarang di JadiPergi gan!