https://www.jadipergi.com/liburan/ke/sunrise-negeri-di-atas-awan/3001
Para Pelanggan Mendatangi Store Coklat

JadiPergi – Oleh-oleh khas Jogja selama ini yang terkenal adalah bakpia. Pernah nggak sih kepikiran oleh-oleh khas Jogja selain Bakpia? Ternyata ada lho, Nah kali ini JadiPergi akan membahas oleh-oleh khas Jogja selain Bakpia yang harus kamu ketahui.

Oleh-oleh khas Jogja selain Bakpia kukus kacang hijau yang dicampur gula dan sedikit garam agar kaya rasa. Lalu dibungkus oleh kulit tepung terigu yang kemudian dipanggang sehingga jadilah makanan yang diberi nama bakpia, telah lama menjadi ikon makanan Jogja. Dari bakpia yang bernomer sampai bakpia dengan nama kekinian, dari rasa kacang hijau sampai kumbu hitam, dari dijual di toko sampai stasiun, selalu saja menjadi list bagi para pelancong untuk dibawa menjadi buah tangan.

cokelat-nglanggeran-300x200 - Kamu Harus Tahu, Ini Oleh-Oleh Khas Jogja selain Bakpia - paket wisata
Proses Pembuatan Coklat

Sayang sejuta sayang, bakpia yang selalu menjadi primadona oleh-oleh khas Jogja punya musuh abadi yaitu ketahanan makanan. Bakpia Jogja tidak bisa dimakan lebih dari 4-5 hari. Tak jarang para pelancong mengeluhkan hal ini. Terlebih lagi jika dibagikan ke teman-teman kantor atau di sekolah. Selalu berlomba dengan waktu ketahanan bakpia. Namun jangan sedih karena faktanya masih banyak kok oleh oleh khas Jogja dan salah satunya adalah coklat. Coklat?

Ya betul, coklat asli Jogja atau lebih tepatnya asli Gunung Kidul. Cokelat asli Gunung Kidul ini diproduksi oleh warga Desa Nglanggeran. Mulai dari bibit hingga siap makan diproduksi oleh warga sekitar. Kurang lebih ada 65 hektare tanaman kakao yang berada di Desa Nglanggeran dengan hasil kurang lebih 3-5 ton per bulan.

Hasil panen tanaman kakako lalu diteruskan ke TTP Nglanggeran atau Griya Coklat. Dari kedua rumah produksi itulah biji kakao kering diolah hingga menjadi siap dijual. Untuk Griya cokelat sendiri merupakan organisasi yang berisikan kelompok-kelompok seperti pemuda, kelompok tani, pelaku wisata dan ibu-ibu PKK.

Ada beberapa produk yang dihasilkan dari Griya Coklat yaitu minuman instant cokelat Chocomix. Kemudian ada juga Chocomix Classic yang memiliki rasa sedikit lebih pahit dan tekstur lebih kental. Ada juga Chocomix-ffee yaitu perpaduan cokelat dan kopi yang membuatnya memiliki aroma yang khas. Terdapat juga varian yang unik seperti Chocomix Ice yang harus diseduh dengan air dingin dan Chocomix Tawa yang memiliki kandungan susu kambing etawa di dalamnya. Untuk makanan, Griya Cokelat Nglanggeran memiliki produk chocobar, cipiran cokelat, pisang salut cokelat, onde cokelat, dan dodol cokelat.

coklat-2-300x200 - Kamu Harus Tahu, Ini Oleh-Oleh Khas Jogja selain Bakpia - paket wisata
Suasana Para Pelanggan Ramai Membeli Coklat

Cokelat asli Jogja ini kalian bisa beli untuk dibawa pulang. Selain daya tahan makanan yang lama, Cokelat Nglanggeran ini bisa dibanggakan karena dari bahan baku hingga menjadi produk untuk dijual 100% hasil Desa Nglanggeran Jogja. Produknya bisa dibeli di toko – toko daerah Patuk, Gunung Kidul atau bisa langsung dating ke Griya Cokelat Nglanggeran.