oleh-oleh khas Banyumas
JadiPergi – Oleh – Oleh khas Banyumas yang bikin ngiler dan selalu memanjakan lidah. Rasanya berbagai macam, ada yang manis ada yang gurih, ada juga yang pedas.
” Nopia.. nopia.. nopia..”
“Getuk goreng.. getuk goreng.. getuk goreng..”
Suara samar-samar dari pedagang itu membangunkanku. Tak terasa perjalanan kereta yang ku mulai dari Pasar Senen sudah tiba di Purwokerto. Masih 3 jam lagi perjalananku hingga sampai di Yogyakarta. Nopia, getuk goreng, mendoan, itulah barang dagangan yang diteriakan silih berganti oleh para pedagang.
Tidak sedikit juga para pedagang yang sudah sepuh menggunakan kebaya lusuh dan dibalut kain sebagai bawahan. Kejadian ini sering didengar jika kamu naik kereta sebelum reformasi kenyamanan kereta api di tahun 2013, yang membuat para pedagang asongan tidak boleh masuk ke dalam stasiun dan juga kereta. Walaupun begitu kamu juga beli di toko oleh-oleh Banyumas di sekitar stasiun.
Sebelum membeli, kamu harus kenal dulu beberapa oleh-oleh khas Banyumas, yaitu:

Getuk Goreng

Resep-Getuk-goreng-901x1024 - Oleh-Oleh Khas Banyumas yang Bikin Ngiler - paket wisata

” Getuk, asale soko telo. Moto ngantuk, iku tambane opo?”
Kutipan lirik lagu yang sempat dipopulerkan oleh “Bapak Sambat Indonesia” atau “The Godfather of Broken Heart”, Didi Kempot memang bukan secara khusus menceritakan tentang Getuk. Tapi mungkin kutipan lagu inilah yang terlintas jika mendengar kata “getuk”.
Getuk sendiri terdiri berbagai jenis seperti getuk lindri, getuk trio, getuk pisang dan lainnya. Namun, di Banyumas sendiri terkenal dengan getuk goreng. Getuk goreng adalah olahan singkong yang dilumuri gula kelapa dan kemudian digoreng. Getuk goreng bisa kamu temukan di sepanjang jalan utama Banyumas.

Nopia

nopia-1024x768 - Oleh-Oleh Khas Banyumas yang Bikin Ngiler - paket wisata

Nopia adalah salah satu makanan khas Banyumas. terbuat dxari adonan tepung yang diisi gula merah dan sekarang divariasikan isinya dengan rasa nangka, coklat, durian. Makanan ini memiliki bentuk seperti cangkang telur dengan lapisan kulit yang renyah.
Proses pembuatan masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan tungku ari bahan dasar tanah liat. Lalu adonan nopia ditempelkan di dinding-dinding tungku tersebut. Kamu juga bisa dengan mudah menemukan oleh-oleh Nopia di daerah Banyumas.

Tempe Mendoan

mendoan-1024x768 - Oleh-Oleh Khas Banyumas yang Bikin Ngiler - paket wisata

Mungkin kamu sudah terbiasa dengan tempe. Dari tempe goreng biasa, tempe tepung di tukang gorengan, hingga keripik tempe. Tapi bagaimana dengan tempe mendoan? Tempe mendoan adalah tempe yang diiris tipis dan melebar. Lalu dilumuri tepung yang sudah diracik sedemikian rupa sehingga akan menghasilkan rasa gurih setelah digoreng.
Teman setia tempe mendoan adalah sambel kecap atau rawit. Jika anak indie terbiasa dengan kopi, senja, dan hujan, maka banyumasan terbiasa dengan mendoan, rawit, dan hujan.
Nah itulah sedikit dari berbagai makanan khas Banyumas. Tenang aja sob, bakal kita lanjutin kok.