Wisata Jogja dan Jawa Tengah memang saling berkaitan. Selain karena letaknya yang berdekatan, kondisi geografis, dan budaya kedua propinsi tidak berbeda jauh. Akibatnya, banyak wisatawan lokal dan mancanegara berwisata ke Jogja melanjutkan ke Jawa Tengah, begitu pula sebaliknya.

Wisata Jogjakarta yang juga cukup terkenal, meski letaknya di Propinsi Jawa Tengah adalah Candi Borobudur. Candi yang dibangun sebagai tempat peribadatan agama Budha zaman dahulu ini terbesar di dunia dan termasuk dalam keajaiban dunia. Meski sudah mengalami beberapa kali pemugaran, keasrian dan suasana candi tidak berubah dari masa ke masa.

Apalagi saat ini jika ke Borobudur Temple, kamu dapat sekaligus berwisata ke tempat lain. Punthuk Setumbu yang terbaru dan kini menjadi pembicaraan di media sosial.

JadiPegi, agen wisata berpengalaman dalam menangani tour Jogja memahami kamu, Millenial yang suka sekali menjadi traveller.

Kali ini JadiPegi menawarkan dua paket sekaligus. Paket Sunrise dan Sunset dari Punthuk Setumbu. Paket pertama, merupakan paket lengkap wisata malam dan menginap di Manohara Hotel Resort Borobudur. Sementara paket kedua, hanya menawarkan wisata malam beberapa jam. Namun, kamu tetap berkesempatan beberapa saat beramah tamah dan makan malam di Manohara Hotel.

Ssst… Jangan dulu mundur mendengar paket sunrise dan atau sunset yang ditawarkan. Meski sunrise dan sunset juga dapat kamu lihat di tempat lain, Punthuk Setumbu memberikan suasana berbeda Lho! Nggak percaya? Yuk simak uraian singkat paket wisata Jogja ke Punthuk Setumbu berkut ini!

 

 

Candi Borobudur

Siapa yang tidak kenal dengan Borobudur Temple? Wah, keterlaluan deh jika kamu tidak mengenalnya. Wisatawan mancanegara saja banyak yang ingin berkunjung ke sini. So, jika punya kesempatan kamu harus datang ke tempat ini.

Harga tiket masuk Candi Borobudur tidaklah mahal. Hanya berkisar 15 ribu rupiah. Kamu tahu dong fungsinya, untuk perawatan. Ini kan merupakan kawasan atau situs cagar budaya yang besar.

Apa saja yang dapat kamu lakukan di Borobudur selain berfoto? Kamu dapat mengenal budaya Indonesia pastinya. Bayangkan saja, orang zaman dahulu saja bisa membangun bangunan sehebat itu!

Ya, Borobudur di bangun di zaman Kerajaan Mataram Kuno, Dinasti Syailendra. Sudah ratusan tahun yang lalu tetapi masih berdiri tegak dan bagus. Pelajaran buat Millenial, kamu harus bangga dan bisa lebih baik lagi.

Puntuk Setumbu

Wisata Jogja Punthuk Setumbu merupakan puncak perjalanan kali ini.

Punthuk Setumbu merupakan bukit dengan ketinggian 40 meter di atas permukaan laut. Letaknya sangat dekat dengan Borobudur. Bukit ini masih termasuk ke dalam kawasan gugusan Bukit Menorah. Alamat tepatnya adalah Dusun Kerasan, Karangrejo, Magelang.

Jika kamu menempuh perjalanan dari tempat wisata Jogjakarta, jaraknya sekitar 1 jam perjalanan. Namun, kamu peserta perjalanan JadiPegi akan diantar dan jempur dari sana atau dari bandara terdekat (Adi Sucipto).

Awalnya, Punthuk Setumbu merupakan ladang perkebunan. Berkat seorang fotografi yang mengabadikan sunset di sini dengan sangat indahnya, akhirnya kawasan ini termasuk dalam wisata Jogja.

Dari arah candi, kamu cukup bertransportasi sekitar 15 menit ke area parkir Punthuk Setumbu. Lalu kamu harus berjalan kami menyusuri jalan setapak menunju puncak. Nggak perlu khawatir, perjalanan ini tidak akan terasa. Pasti kamu akan sibuk berfoto ria sampai ke puncak.

Di puncak Punthuk Setumbu, saat ini sudah dibuatkan beberapa tempat untuk kamu melepas lelah dan berfoto. Ada gazebo, rumah panggung, dan kursi-kursi kayu di pelataran. Sementara khusus untuk spot foto tempat wisata di Jogja, di sini disediakan ayunan di tebing jurang dan area berbentuk hati.

Bersama JadiPegi kamu biasanya sudah siap di sini sebelum jam 17 atau 5 sore. Nah, di saat inilah sambil berfoto kamu dapat melihat matahari sedikti demi sedikit tenggelan di belakang Borobudur dengan latar belakang Gunung Merapi.

Beberapa orang yang sudah pernah ke Punthuk Setumbu beberapa kali menyarankan agar mengambil paket tour Jogja ini saat musim kemarau, sekitar bulan Juni sampai Agustus. Pastinya tepat saat kamu liburan sekolah atau liburan kuliah dong.

Saat musim kemarau, kamu hampir dapat dipastikan dapat melihat matahari terbit dari sini.

Nah, bagi kamu yang mengambil paket wisata Jogja menginap, bersiaplah di Punthuk Setumbu setelah Shubuh sekitar jam 5 pagi. Di sini kamu akan menyaksikan kebalikan dari sunset. Matahari akan terbit sedikit demi sedikit di belakang Borobudur Temple dari arah atau bagian yang berbeda.

Manohara Hotel

Manohara Hotel Resort Borobudur Temple merupakan hotel dengan gaya resort yang paling dekat dengan Candi Borobudur dan Punthuk Setumbu.

Tidak hanya fasilitas dan pelayanan yang memuaskan dapat kamu peroleh di sini. Pemandangan candi Borobudur yang indah dari kejauhan menjadi wisata alam Jogja yang ditawarkan. Setelah menikmati sunrise di Puntuhuk Setumbu, kamu dapat berkeliling area Manohara Hotel menggunakan kereta kuda atau sepeda.

Bagaimana? Menarik bukan wisata Jogjakarta bersama JadiPegi di Punthuk Setumbu? Nggak perlu galau, klik aja disini. Yuk rasakan sendiri pengalamannya!