Sebelum ikut selfie dengan ribuan lebah madu, sebaiknya sobat mengenal lebah madu lebih dekat dengan membaca ulasan di bawah ini.

Lebah madu adalah serangga sosial kaya manfaat, semua yang dihasilkan oleh lebah madu dikenal berkhasiat untuk kesehatan. Dalam klasifikasi dunia binatang, lebah dimasukkan dalam ordo Hymenoptera yang artinya “sayap bening”. Dalam ordo ini terdapat 100.000 species serangga, termasuk lebah, tawon, semut dan rayap.

Sejak zaman dahulu kala madu sudah dikenal sebagai obat berbagai penyakit. Madu tersebut dihasilkan dari budidaya lebah. Banyak jenis lebah di dunia ini, namun yang dapat menghasilkan madu tidaklah banyak. Nah, mau tahukan lebah jenis apa yang dapat menghasilkan madu, untuk itu simak terus ya artikel yang akan dibahas pada hari ini.

lebah-madu - Mengenal Lebah Madu Lebih Dekat - paket wisata

Jenis Lebah Penghasil Madu

Lebah menghasilkan madu dari nektar bunga. Namun menurut para ahli hanya sekitar 7 spesies yang menghasilkan madu dan dari 6 spesis tersebut berada di Indonesia. Madu yang dihasilkan sangat banyak sekali manfaatnya, bahkan untuk pengobatan alternatif. Madu yang dihasilkan lebah sangat aman dikonsumsi setiap hari.

Apis andreniformis (Black Dwarf Honey Bee)

Lebah madu ini serangga asli Asia Tropis dan Subtropis. China bagian Tenggara, India, Burma, Laos, Vietnam, Malaysia, Indonesia dan Filipina (Palawan). Sobat dapat menemui lebah ini di Jawa dan daerah Kalimantan. Apis andreniformis (Black Dwarf Honey Bee) atau hitam kerdil lebah madu agak sulit untuk dijumpai walaupun berada di Jawa dan Kalimantan.

Apis Cerana atau Lebah Madu Timur (Asiatic Honey Bee)

Lebah madu timur tersebar di Asia Tenggara dan Selatan. Dapat ditemui di daerah China, Pakistan, India, Korea, Jepang, Malaysia, Nepal, Bangladesh, Papua Nugini, Kepulauan Solomo dan Indonesia. Daerah Indonesia dapat ditemukan di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali, Sulawesi dan Lombok. Madu pun diintroduksi ke pulau Sulawesi dan Papua.

Apis Dorsata atau Lebah Madu Raksasa

Ini merupakan lebah asli dari Asia Tenggara dan Asia Selatan terdapat di Indonesia, Malaysia, Filipina, India dan Nepal. Lebah ini tersebar di seluruh Indonesia kecuali Papua. Lebah ini sangat cocok sekali untuk dibudidayakan di Indonesia karena lebah madu dorsata merupakan habitat aslinya di dominasi oleh daerah Indonesia yang tropis. Lebah madu memerlukan halaman bunga atau tanaman yang menghasilkan bunga untuk diambil nektar bunga sebagai bahan untuk penghasil madu.

Apis koschevnikovi atau Lebah Madu Merah

Lebah madu merah, sangat unik dan berciri khas pada warna, mungkin jenis lebah ini dinamankan lebah madu merah karena warna merahnya yang sangat mencolok. Sobat dapat menemukan lebah madu merah di Malaysia dan Indonesia di jawa, Sumatera dan Kalimantan. Namun seiring dari populasi yang semakin berkurang di daerah Jawa sekarang semakin langka untuk lebah jenis ini.

Apis nigrocincta

Lebah yang satu ini hanya terdapat di Filipina dan Indonesia (Kepulauan Sangihe dan Sulawesi). Lebah ini penghasil madu yang berkelompok, jarang sekali berpindah daerah dan dalam satu indukan lebah ini, ratu lebah menghasilkan telur lebih dari 2000 setiap harinya.

Apis mellifera atau Lebah Madu Barat (Western Honey Bee)

Dari beberapa jenis lebah, lebah madu beratlah yang paling banyak tersebar. Serangga ini berasal dari Asia, Afrika dan Eropa dan banyak dibudidayakan hampir di seluruh dunia. Karena daya tahan hidupnya dan daya adaptasi yang sangat baik. Di Indonesia sendiri pembudidayaan jenis madu ini dapat ditemukan di daerah (Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua).

Apis florea atau Lebah Madu Kerdil (Red Dwarf Honey Bee)

Yang terakhir jenis lebah madu ini tidak berada di Indonesia, mengingat secara alami hidup di Oman, iran dan India. Madu yang dihasilkan dari jenis flora sangat berbeda dengan jenis madu lainnya karena dari segi lingkungan dan kondisi iklim yang sangat jauh sekali dengan iklim Indonesia.

Banyak sekali jenis lebah madu yang hidup di Indonesia, dari ke 7 lebah penghasil madu terdapat 6 hidup sehat di Indonesia bahkan 5 jenis lainnya asli Indonesia. Sebenarnya banyak sekali jenis lebah di dunia namun hanya sebagian dari spesies yang menghasilkan madu. Terdapat 20 ribu jenis lebah keluarga serangga di dunia dan untuk membedakan jenis ini sangat sulit mengingat terlalu banyak.

Habitat Lebah Madu

Salah satu syarat hidup lebah adalah adanya tanaman. Secara umum lebah bisa hidup di seluruh belahan bumi, kecuali di daerah kutub. Hal ini disebabkan di daerah kutub tidak ada tanaman yang menjadi sumber pakan lebah. Di daerah tropis lebah dapat berkembang biak dengan baik dan produktif sepanjang tahun karena tumbuhan sebagai sumber pakan tersedia terus.

Di daerah sub tropis, lebah tidak produktif pada musim dingin. Di alam bebas lebah tinggal di gua-gua dalam hutan termasuk di tebing-tebingnya. Di hutan, koloni lebah juga tinggal di pohon-pohon yang berlubang. Sementara di daerah peternakan lebah tinggal didalam tempat yang sudah disediakan namanya stup.

Klasifikasi Lebah Madu

Kingdom  : Animalia (hewan)
Phylum    : Arthropoda
Class         : Insecta
Ordo         : Hymenoptera
Family      : Apidae
Genus       : Apis
Species     : Apis andreniformis, Apis cerana, Apis nigrocineta, Apis dorsata, Apis florea, Apis koschevnikovi, Apis laboriosa, Apis mellifera

Koloni Lebah

Koloni adalah kelompok lebah yang hidup dalam sarang atau tempat. Dalam koloni lebah terdapat kasta atau bagian yang masing-masing kasta mempunyai tugas sendiri sendiri. Kasta tersebut yaitu :

  1. Lebah ratu (queen bee), lebah berjenis kelamin betina merupakan induk semua lebah dalam satu koloni. Dalam satu koloni hanya terdapat satu ekor lebah ratu. Tugas utama ratu lebah adalah bertelur selama hidupnya.
  2. Lebah betina (worker bee), lebah betina dikenal sebagai lebah pekerja jumlah lebah pekerja bisa mencapai puluhan ribu, kurang lebih jumlahnya 30.000 ekor lebah dan yang bibit unggul bisa mencapai sampai 60.000 ekor lebah.
  3. Lebah jantan (drone), lebah jantan jumlahnya hanya ratusan ekor lebah. Bertugas mengawini lebah ratu muda yang masih perawan jika akan membentuk koloni baru dan akan mati setelah kawin. Lebah jantan merupakan lebah dari telur tak terbuahi yang diberi makanan nektar dan madu biasa (bukan “royal jelly”).

Manfaat Madu

Sobat pasti tahu manfaat dan kegunaan madu ini, selain rasanya yang begitu manis ternyata banyak manfaat yang kita peroleh dengan mengkonsumsi madu ini. Bahkan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsinya karena madu begitu bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Itulah sebabnya mengapa madu begitu diincar banyak orang dan tahu sendirikan harga dari madu asli ini.

Walau dikatakan mahal, namun madu ini tetap menjadi incaran dunia karena apa? Karena itu tadi manfaatnya begitu banyak dan dibawah ini beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari madu untuk kesehatan tubuh.

  1. Meningkatkan stamina, kalau manfaat madu yang satu ini sudah bukan rahasia umum lagi, tidak perlu dibuktikan, mengapa? Hampir semua minuman energi menempatkan madu sebagai bahannya walaupun dosisnya masih sangat kecil untuk meningkatkan stamina. Selain itu konsumsi madu ini secara langsung juga dapat meningkatkan stamina saat melakukan hubungan suami dan istri.
  2. Mencegah diabetes (Penganti Gula), gula dan pemanis buatan merupakan salah satu sumber diabetes untuk mencegah diabetes, salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi gula yang minim. Meskipun madu mengandung gula, ia tidak sama dengan gula putih atau pemanis buatan. Kombinasi yang tepat dari fruktosa dan glukosa sebenarnya membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Beberapa madu memiliki indeks hipoglikemik rendah, sehingga mereka tidak menyebabkan kenaikan gula darah sobat.
  3. Meningkatkan daya ingat, menurut penelitian yang dilansir dari Reuters, 102 wanita usia menopause diwajibkan untuk mengkonsumsi 20 gram madu sehari. Setelah empat bulan, mereka yang mengkonsumsi madu ternyata meningkat daya ingat jangka pendeknya.
  4. Mencegah kanker dan penyakit jantung, dua penyakit paling berbahaya dimuka bumi ini ternyata juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi madu. Zat yang terdapat pada madu mengandung flavonoid, antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.
  5. Memerangi bakteri, dalam studi klinis, madu telah terbukti dapat membunuh patogen penyakit karena makanan seperti E. coli dan salmonella serta methicillin-resistant Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa yang keduanya mungkin terdapat di rumah sakit atau klinik.
  6. Berpotensi mencegah rendahnya jumlah sel putih, mayo Clinic (situs kesehatan online) mencatat bahwa madu dapat digunakan sebagai cara yang menjanjikan dan murah untuk mencegah rendahnya jumlah sel darah putih yang disebabkan oleh kemoterapi. Dalam satu percobaan kecil, 40 persen pasien kanker yang diketahui berada pada risiko neutropenia (jumlah darah sangat rendah) tidak memiliki penurunan sel lebih lanjut dari kondisi kemoterapi ini setelah mengkonsumsi dua sendok teh madu setiap hari selama kemoterapi. Penelitian lebih lanjut diperlukan tetapi obat herbal ini memiliki potensi besar.
  7. Menghilangkan batuk, sebuah studi 2007 dari Penn State College of Medicine yang melibatkan 139 anak-anak, menemukan bahwa madu sangat efektif dalam menghilangkan batuk. Dekstrometorfan (DM) dalam madu dapat menenangkan batuk pada malam hari untuk anak-anak dan meningkatkan kualitas tidur mereka. Studi lain juga pernah dipublikasikan di Pediatrics yang dilakukan pada 270 anak-anak berusia 1-5 yang mengalami batuk pada malam hari karena pilek. Dalam penelitian ini, anak-anak yang meminum dua sendok teh madu 30 menit sebelum tidur mengalami penurunan intensitas batuk dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum madu.

Selain untuk kesehatan, madu telah digunakan untuk perawatan kecantikan kulit wajah semenjak dahulu kala. Tidak heran bahwa sejak zaman dahulu telah banyak produk kecantikan yang memanfaatkan madu sebagai bahan pembuatannya. Berikut adalah khasiat madu untuk wajah :

  1. Madu dipercaya dan telah digunakan dengan perpaduan herbal lain untuk menghilangkan jerawat.
  2. Madu digunakan bersama herbal lain untuk menghilangkan komedo.
  3. Menghilangkan flek hitam.
  4. Menghilangkan bekas jerawat.
  5. Mencerahkan kulit wajah.
  6. Mengecilkan pori pori wajah.
  7. Membuat kulit wajah tampak bersinar dan berseri-seri.
  8. Dapat digunakan sebagai bahan masker wajah.
  9. Dapat digunakan sebagai bahan untuk membersihkan kulit wajah dari radikal bebas.
  10. Memberikan kulit wajah yang lebih halus.

Itulah ulasan mengenai lebah madu. Sobat bisa merasakan sensasi Selfie dengan Ribuan Lebah Madu dengan booking di Jadipergi.com

Untuk itu sekian dulu artikel hari ini dan selamat membaca.