Kuliner Jogja
JadiPergi – Ah… Yogyakarta. Tampaknya tidak pernah bosan membahas satu kota ini. Kota yang selalu melekat pasti di hati dan pikiran tiap insan yang pernah mengunjunginya. Salah satu yang paling dirindukan adalah kulinernya. Cap kuliner Jogja memiliki cita rasa manis tidak bisa dihindari. Sebut saja gudeg dengan godokan nangka yang manis. Tapi  jika kamu beranggapan jika kuliner Jogja masis semua, mungkin kamu belum pernah coba makanan ini.

Oseng- Oseng Mercon Bu Narti

Siapa yang tak kenal dengan oseng-oseng yang satu ini? Warung makan yang terletak di Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan ini sudah sangat terkenal. Oseng-oseng Bu Narti namanya, banyak yang beranggapan  tempat ini sebagai pionir oseng-oseng di Jogja. Perpaduan antara enthok dengan kuah yang gurih juga pedas “nampol”  dan disajikan dengan nasi hangat siap menggoyang lidahmu.

oseng-mercon-1024x679 - Kuliner Jogja Manis Semua? Mungkin Kamu Belum Coba Makanan Ini - paket wisata

Oseng mercon di sini menggunakan bahan-bahan seperti daging sapi, kulit dan tetelan, serta dimasak dengan bumbu sangat pedas. Oseng-oseng Bu Narti buka setiap malam dari jam 6 hingga 11 malam.

Sate Klathak

Sate klatak memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dengan sate pada umumnya. Bahan baku sate Klathak menggunakan daging kambing muda yang ditusukan ke jeruji besi dari sepeda. Sate ini tidak menggunakan bumbu apa-apa  hanya garam saja. Rasanya yang gurih dan daging yang empuk ditambah lagi kuah gulai yang gurih pastinya bikin ngiler deh.

klathak - Kuliner Jogja Manis Semua? Mungkin Kamu Belum Coba Makanan Ini - paket wisata

Selain sate klathak, biasanya warung-warung juga menjual tongseng, gulai, atau tengkleng. Makanan ini kamu bisa temui di daerah Bantul. Ada  2 tempat yang rasanya enak dan menjadi favorit yaitu Sate Klathak Pak Pong dan Sate Klathak Pak Bari. Dijamin uwenak poll.

Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto, siapa yang tak mengenal tempat makanan ini? Lokasinya berada di Dusun Nggeneng, Bantul. Lokasinya yang berada di gang kecil memang terkesan sederhana, namun rasa mangut lele Mbah Narto begitu juara.

mangut-lele - Kuliner Jogja Manis Semua? Mungkin Kamu Belum Coba Makanan Ini - paket wisata

Proses masak yang masih menggunakan kayu bakar, membuat mangut lele ini memiliki citarasa yang istimewa. Kuliner satu ini sudah berada di Jogja sejak tahun 1960-an dan masih eksis sampai sekarang.

Rica-Rica Mentok Fadhil Wirobrajan

Seporsi-Rica-Mentok-Fadhil-via-Instagram-881x1024-copy - Kuliner Jogja Manis Semua? Mungkin Kamu Belum Coba Makanan Ini - paket wisata

Rica-rica mentok Fadhil berada di Wirobrajan. Tempat ini menyajikan menu rica-rica ayam, rica-rica mentok, rica-rica kepala kambing, dan Rica Ayam Bakar dan tak pernah sepi pengunjung. Menu rica-rica menthok memiliki beragam level pedas. Perpaduan rasa pedas yang menyengat lidah, daging yang empuk serta yang terpenting tak adanya bau amis khas menthok adalah alasan kuliner ini menjadi andalan.

Yammie Pangsit Pathuk

yammie-copy-1024x683 - Kuliner Jogja Manis Semua? Mungkin Kamu Belum Coba Makanan Ini - paket wisata

Yammie Pangsit Pathuk ini jadi cukup populer di Jogja dengan kelezatannya. Rasanya yang gurih dan tekstur minya yang kenyal menjadi favorit kuliner Jogja. Pada awalnya Yammie Pangsit Pathuk merupakan bisnis kecil-kecilan yang dijalankan oleh Martinus Triyanawarsa pada tahun 1999. Karena cita rasa yang khas dan digemari,  saat ini, Yammie Pangsit Pathuk sudah memiliki banyak cabang dan sekarang makin diminati banyak orang.