wisata alam Semarang
JadiPergi – Selain Lawang Sewu, kamu bisa berlibur dan menikmati wisata alam Semarang yang menari yang tidak kalah dengan Jogja dan Solo. Hutan, pantai, hingga air terjun yang indah bisa dengan mudah kamu temukan di Semarang. Nah, bagi kamu yang sedang atau ingin berlibur ke kota ini, JadiPergi sudah merangkumkan wisata alam di Semarang yang wajib dikunjungi.

Pantai Maron

Berada di utara Pulau Jawa membuat Semarang memiliki potensi wisata pantai. Salah adalah Pantai Maron di Tugurejo, Tugu.  Selain pemandangan indah, pantai ini juga memiliki area hutan bakau yang menarik untuk dikunjungi. Kamu juga bisa menelusuri jalan yang dikelilingi rimbunnya pohon mangrove. Dengan kondisi udara yang cukup sejuk, kamu dijamin betah bersantai serta berfoto-foto di Pantai Maron.

Pondok Kopi

Pondok Kopi  berada di kawasan wisata Umbul Sidomukti. Di sini, kamu bisa menikmati seduhan kopi nikmat sembari menyaksikan pesona Kota Semarang dari atas gunung. Dengan lokasi yang begitu menarik, tak salah jika Pondok Kopi selalu ramai oleh pengunjung.

Candi Gedong Songo

Bagi penyuka wisata sejarah sekaligus wisata alam, Candi Gedong Songo adalah pilihan wisata yang tepat. Candi ini berlokasi di Krajan, Bandungan dan terletak di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di ketinggian 1.200 mdpl. Nama “Gedong Songo” dari bahasa Jawa yang berarti sembilan bangunan ini sendiri diambil dari jumlah kompleks candi yang dulunya berjumlah sembilan. Namun, kini kamu hanya bisa menemukan lima kompleks candi yang tersisa.
Selain candi, amu juga bisa menikmati wahana baru yaitu Ayanaz. Kamu bisa bersantai sambil berfoto-foto denganornamen cantik. Kmau juga bisa berfoto di balon terbang dan bola transparan yang berada di Ayanaz ini.

Pantai Tirang

Pantai Tirang menyajikan suasana yang lebih tenang untuk para wisatawan karena letaknya yang lebih tersembunyi. Meski cukup sepi, ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan disini. Mulai dari bermain air, melihat terumbu karang, hingga memancing. Pantai ini juga telah memiliki beragam fasilitas seperti area parkir, kamar mandi, musala, hingga penginapan.

Curug Benowo

Curug Benowo di Kalisidi, Ungaran Barat adalah wisata alam Semarang lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Air terjun populer di Semarang ini memiliki ketinggian mencapai 70 meter. Dikelilingi dengan 25 tebing serta memiliki debit air yang cukup deras menjadi pesona utama curug ini. Meski begitu, objek Akses menuju curug cukup sulit dan terjal untuk dilalui membuat Curug Benowo semakin menantang dan seru untuk dikunjungi.

Curug Lawe

Dekat dengan Curug benowo, kamu bisa menemukan Curug Lawe. Selain menyaksikan pemandangan air terjun yang pesonanya sangat indah, jika beruntung kamu juga akan menemukan lutung saat diperjalanan. Jalur menuju air terjun sendiri cukup bervariasi, mulai dari tanah, bebatuan, hingga jembatan kayu dan tentu membuat perjalanan ke Curug Lawe kian seru. Kamu juga perlu membawa perbekalan untuk diperjalanan karena jarak antara pintu gerbang hingga air terjun tergolong cukup jauh.

Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur terletak di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan. Kali Pancur merupakan air terjun tertinggi di Semarang dengan ketinggian pancuran 150 meter. Kawasan  wisata ini tergolong sepi akan pengunjung karena belum banyak diketahui sehingga kamu akan melihat pemandangan yang asri