image source : JejakPiknik.com

Apa yang terlintas dalam benakmu, ketika dengar Gunung Ungaran?

Mungkin namanya gak setenar Gunung Merapi, tapi buat kamu yang baru saja menyukai pendakian, Gunung Ungaran sangat ramah untuk para pendaki pemula. Gunung Ungaran terletak di Kabupaten Ungaran, Semarang, Jawa Tengah dan masuk dalam daftar 10 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah.   Gunung yang berada di ketinggian 2.050 mdpl ini memiliki jalur yang cukup menantang nyali kamu.

 

Ada beberapa jalur pendakian Gunung Ungaran yang bisa kamu lalui:

  1. Jalur pendakian via Gedong Songo
  2. Jalur pendakian via Jimbaran
  3. Jalur pendakian via Promasan
Gunung-Ungaran-Rebanas - Gunung Ungaran, Gunung Elok nan Ramah Pemula - paket wisata
image source : Rebanas

Jalur pendakian via Jimbaran atau lebih dikenal dengan jalur basecamp mawar menjadi jalur favorit para pendaki. Pendakian jalur basecamp mawar tidak memerlukan waktu panjang, karena jalur pendakian sudah tersedia sangat jelas, melewati jajaran warung sebelum masuk ke kawasan lereng gunung. Trek masih ringan untuk pemula, tidak terlalu menanjak, banyak dikelilingi perdu, semak, dan pepohonan rindang. Jalur pendakian basecamp mawar dibagi dalam 3 pos:

 

Pos 1:

Kamu bisa beristirahat sejenak di pos 1 sebelum melanjutkan pendakian Gunung Ungaran. Pemandangan Kabupaten Semarang tetap bisa kamu nikmati di sisi kanan pendakian.

 


Mau Liburan murah, hemat dan tidak ribet, Jadipergi.com aja! Yuk kepoin destinasi wisata favorit jadipergi SEKARANG!


 

Pos 2:

Menuju ke pos 2, jalur pendakian masih cenderung ringan hingga memasuki hutan lereng gunung. Nah, dari sinilah kamu akan mendaki seperti memutari gunung dengan trek yang datar, teduh, sejuk dan dingin. Kamu juga akan menjumpai aliran sungai yang jernih, itu pertanda bahwa kamu sudah melewati setengah jalan pos 2.

Horeeee!!! Ups, jangan senang dulu, tanjakan bebatuan siap menanti kamu di perjalanan selanjutnya. Di pos 2 ini kamu bisa mendirikan tenda untuk menikmati kesejukan alamnya.

Camp-Mawar-Gunung-Ungaran-Instagram-@wachide - Gunung Ungaran, Gunung Elok nan Ramah Pemula - paket wisata
image source : Instagram @wachide

Pos 3:

Dari pos 2 menuju pos 3 jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh. Medan tetap sama, cenderung landai dengan pemandangan pepohonan yang rimbun. Disini terdapat bak tempat penampungan air yang menyerupai Kolam Renang dan termasuk area Perkebunan Sikendil.

 

Kebun Teh Medini

Selanjutnya, kamu akan menjumpai pemandangan Kebun Teh Medini. Angin sejuk yang ditiupkan dari arah perkebunan teh Medini menjadi hal yang menyejukkan di jalur pendakian via Pos Mawar. Kebun ini sudah ada sejak tahun 1901 dan memiliki luas sekitar 386 hektar. Udara yang super sejuk dengan balutan kabut putih tipis dan hamparan kebun nan hijau, sayang kalau nggak kamu abadikan lewat kameramu.

Kebun-Teh-Medini-exploresemarang.com_ - Gunung Ungaran, Gunung Elok nan Ramah Pemula - paket wisata
image source : exploresemarang.com

Bagi para pendaki pemula, Gunung Ungaran bisa jadi pilihan pendakian pertamamu. Medan yang sangat bersahabat seperti halnya Merbabu dan sungguh, pemandangan alam yang tak bisa didustakan. Benar-benar menakjubkan bisa berdiri di atas puncak Ungaran.

Cek open trip JadiPergi, kamu bisa set rombongan buat mendaki disana.

 

Tag : Jangan Sampai Lupa Waktu saat Nunggu Strike di Pantai Tirang

 


Mau Liburan murah, hemat dan tidak ribet, Jadipergi.com aja! Yuk kepoin destinasi wisata favorit jadipergi SEKARANG!

CTA_Blog_JadiPergi_ - Gunung Ungaran, Gunung Elok nan Ramah Pemula - paket wisata