image source : phinemo.com

“Gunung Andong, Megahnya Golden Sunrise Berlatar Merbabu”. Bagi kamu yang belum sanggup mendaki Gunung Merbabu, ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menikmati panorama yang serupa. Ialah Gunung Andong, gunung berbentuk perisai yang memiliki pesona golden sunrise yang begitu megah meski hanya memiliki ketinggian 1726 mdpl. Dari puncak Andong yang masuk dalam wilayah Kabupaten Magelang, kamu dapat melihat Gunung Merbabu.

Tak hanya Merbabu saja, gunung yang dikelilingi gunung ini juga akan menampilkan Merapi, Sindoro, Sumbing, Prau, Telomoyo, Lawu, dan Ungaran sebagai latar. Mantul banget, kan?

 

Enam Basecamp

Untuk mencapai puncak Gunung Andong ini ada enam basecamp yang bisa menjadi titik awal pendakian. Bisa dari Dusun Sawit, Dusun Pendem, Dusun Temu, dan Dusun Gugik yang ada di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Atau dari Dusun Kudusan dan Dusun Sekararum Kembangan di Kecamatan Grabag, Magelang. Namun, basecamp yang paling ramai dikunjungi para pendaki yaitu Taruna Jaya Giri di Dusun Sawit atau yang biasa disebut basecamp Sawit.

 

Dua Jalur Pendakian

Setelah sampai di basecamp Sawit ini kamu harus registrasi dulu, baru bisa mulai mendaki. Kamu akan dihadapkan dengan dua jalur yaitu jalur lama dan jalur baru. Kalau pengen sampai dalam waktu singkat, tinggal berjalan lurus saja ke atas menggunakan jalur lama. Tapi kamu harus siap dengan medan yang terjal dan menantang. Makanya, buat kamu yang masih pemula jangan coba-coba. Sebaiknya lewat jalur baru saja.

 


Mau Liburan murah, hemat dan tidak ribet. jadipergi.com aja! Yuk kepoin destinasi wisata favorit jadipergi SEKARANG!

CAT_BLOG_Gunung-Andong - Gunung Andong, Megahnya Golden Sunrise Berlatar Merbabu - paket wisata


 

Untuk menuju jalur baru ada petunjuk arah yang mengharuskan kamu belok kiri. Jalanan lebih landai dibanding jalur lama. Sebenarnya dibentuk dua jalur ini karena di jalur lama pernah terjadi longsor. Selain itu, ramainya pendaki membuat lalu lintas di jalur lama menjadi padat sehingga dibuatlah jalur baru sebagai alternatif.

Langkah kakimu menuju Pos Kemuning atau pos pertama pun akan dipenuhi dengan pepohonan pinus. Dari pos satu menuju pos kedua, jalanan akan lebih menanjak. Kurang lebih sepuluh menit kemudian kamu akan sampai di Pos Dewandaru atau pos kedua. Di sekitar pos inilah tempat kamu bisa menemukan mata air dimana kamu bisa mengisi perbekalan air minum.

Jangan lupa istirahat dulu dari pos kedua karena menuju pos ketiga energimu akan lebih terkuras lagi dengan trek yang lebih terjal. Melewati tangga-tangga dari tanah dan bebatuan, kamu akan sampai di Pos Watu Wayang atau pos ketiga. Pos ketiga ini merupakan persimpangan jalur baru dan lama.

 

Empat Puncak Sejuta Pesona

piknik-asik - Gunung Andong, Megahnya Golden Sunrise Berlatar Merbabu - paket wisata
image source : Google.com

Dari pos tiga teruskan perjalananmu menuju puncak. Kamu bisa melewati jalur yang lebih terjal dan cepat dengan melewati punggung gunung atau lebih santai dan landai menyusuri lereng gunung. Sebenernya Gunung Andong ini memiliki empat puncak. Ada Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Andong, dan Puncak Alap-Alap. Puncak paling tinggi adalah Puncak Andong dengan ketinggian 1726 mdpl.

Untuk menuju puncak, kamu akan menemui jalanan yang bercabang. Kalau ke kiri, kamu akan menemui Puncak Makam, sedangkan ke kanan puncak Andong. Nah, kalau mau camping, kamu bisa ke Puncak Jiwa. Buat yang kelelahan mendaki dan ransum makanan menipis, tenang saja. Di puncak terdapat warung yang menjajakan makanan dan minuman untukmu.

 

Golden Sunrise

katalog-tempat-wisata - Gunung Andong, Megahnya Golden Sunrise Berlatar Merbabu - paket wisata
image source : Google.com

Pendakian menuju puncak memakan waktu sekitar satu hingga satu setengah jam. Jadi untuk mendapatkan golden sunrise, kamu sudah harus tiba di basecamp Sawit ini dua jam sebelumnya atau sekitar jam tiga dini hari. Jika kamu ingin camping, datanglah siang hari. Karena kalau weekend atau hari libur, gunung ini dibanjiri pendaki yang ingin camping jadi Puncak Jiwa sudah dipenuhi dengan tenda-tenda kalau kamu sampai di atas terlalu malam.

Ketika jam sudah mendekati pukul lima, bersiaplah menyaksikan sunrise. Awan-awan terhampar dengan matahari terbit warna keemasan akan hadir di hadapanmu. Gunung-gunung yang mengapit Gunung Andong ini menjadi latar. Menakjubkan sekali, bukan?

 

Akses Menuju Gunung Andong

Buat kamu yang wisata di Jogja dan menggunakan kendaraan pribadi, ambil jalur selatan untuk menuju Gunung Andong melewati Jalan Magelang-Jogjakarta. Sedangkan kalau naik kereta, bisa turun di Stasiun Tugu lalu lanjutkan dengan bus ke arah Semarang yang dan turun di Magelang. Dari Terminal Tidar Magelang ini naik bus ke arah Salatiga turun di Kopeng. Setelah itu, lanjutkan dengan jasa ojek menuju basecamp Sawit.

 

Paket Wisata ke Gunung Andong

Perjalanan menuju Gunung Andong menggunakan transportasi umum memang harus ekstra sabar karena berpindah-pindah kendaraan. Belum lagi beratnya barang bawaan untuk mendaki. Menyewa kendaraan juga akan menghabiskan biaya, belum lagi resiko tersasar. Makanya, mengikuti paket wisata ke Gunung Andong akan lebih memudahkan.

JadiPergi menyediakan paket wisata ke Gunung Andong dengan sistem open trip, jadi akan lebih murah dan bisa kenalan dengan orang-orang baru. Cukup Rp 240.000/orang kamu sudah bisa mendaki ditemani guide dan mendapat fasilitas makan pagi serta makan siang. Kuylah, install aplikasi JadiPergi sekarang juga. Keterangan lebih lanjut bisa cek di sini ya!

JadiPergi, Inspirasi Liburanmu

Tag : Saatnya Uji Adrenalinmu dengan Sandboarding di Gumuk Pasir


Mau Liburan murah, hemat dan tidak ribet. jadipergi.com aja! Yuk kepoin destinasi wisata favorit jadipergi SEKARANG!

CAT_BLOG_Gunung-Andong - Gunung Andong, Megahnya Golden Sunrise Berlatar Merbabu - paket wisata

CTA_Blog_JadiPergi_ - Gunung Andong, Megahnya Golden Sunrise Berlatar Merbabu - paket wisata