grand central terminal

Antwerpen_Centraal_station-1-300x199 - Grand Central Terminal stasiun kereta api terbesar di dunia menurut jumlah peron - paket wisata

Grand Central Terminal (GCT)

sering disalah sebutkan sebagai Grand Central Station, atau dipendekkan menjadi Grand Central adalah sebuah stasiun terminal di 42nd Street dan Park Avenue di Midtown Manhattan, New York City, Amerika Serikat.

Stasiun ini dibangun oleh dan dinamai sesuai New York Central Railroad pada masa kejayaan kereta penumpang jarak jauh di Amerika Serikat. Grand Central Terminal adalah stasiun kereta api terbesar di dunia menurut jumlah peron keretanya

Peron berjumlah 44 dengan 67 rel. Rel-rel ini terbagi menjadi dua tingkat, keduanya di bawah permukaan tanah dengan 41 rel di tingkat atas dan 26 di tingkat bawah, namun jumlah rel di sepanjang peron dan di gudang kereta lebih dari 100 buah.

Ketika stasiun baru Long Island Rail Road dibuka tahun 2016 (lihat East Side Access), Grand Central akan memiliki 75 rel dan 48 peron. Terminal ini memiliki luas 48 ekar (19 ha).

Terminal ini melayani para komuter yang bepergian melalui Metro-North Railroad menuju Westchester, Putnam, dan Dutchess County di New York, dan Fairfield dan New Haven County di Connecticut.

Meski terminal ini resmi dinamai “Grand Central Terminal” sejak 1913, banyak orang yang masih menyebutnya “Grand Central Station.” “Grand Central Station” adalah nama kantor pos di dekat terminal ini, serta nama stasiun kereta yang dulunya berdiri di tanah Grand Central Terminal sekarang. Nama itu juga digunakan untuk menyebut sebuah stasiun New York City Subway di tempat ini.