Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah (Kalteng) mengadakan Festival Babukung 2018: Traditional Mask Festival 2018 dengan tema ‘Unity in Diversity’ di Stadion Hinang Goolla, Nanga Bulik, ibu kota Kabupaten Lamandau pada 17-19 Juli mendatang.

Festival Babukung ini merupakan kearifan budaya lokal yang dimiliki budaya Dayak Tomun. Ini sudah dilaksanakan empat kali.

Festival-BabukungKalimantan-Tengah...kolaborasi-dengan-Tarian-Topeng-Betawi-Bali-Reog-Cirebon-dan-Kontemporer...Gedung-Kesenian-Jakarta..festivalbabukung2018 - Festival Babukung 2018 Bertema Unity in Diversity - paket wisata

Festival Babukung atau topeng ini hanya dilaksanakan di dua negara, yaitu Indonesia dan Afrika Selatan. Babukung sebenarnya bentuk tarian menggunakan topeng, yang mana dilakukan kalau ada kerabat yang meninggal dunia. Para penari selain dari keluarga yang meninggal, juga datang dari kerabat desa tetangga.

Para penari datang juga membawa barang bawaan untuk bantuan kepada keluarga berduka. Mereka datang menari malam, bantuan untuk meringankan beban ekonomi keluarga yang ditinggalkan. Ini menjaga ikatan kekeluargaan, terkandung nilai kegotong-royongan.

Lamandau menjadi daerah ketiga di Kalteng yang mendapat kunjungan wisatawan mancanegara terbanyak. Dengan diadakannya Festival Babukung 2018 akan semakin banyak wisman yang berkunjung ke Lamandau sekaligus menikmati wisata alam.

Festival ini tercatat rekor Muri dengan 1.000 penari, festival ini dapat memutar roda ekonomi di masyarakat dan mendapatkan pendapatan dari perputaran uang. Penyelenggaraan festival topeng di Lamandau sukses menarik kunjungan wisman maupun lokal sehingga menggerakkan perekonomian masyarakat.

Catat tanggal acaranya di agendamu, ya!
17-19 Juli di Stadion Hinang Golloa, Nanga Bulik, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah.

Ayo datang dan saksikan Festival Babukung 2018 di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah! Segera pastikan jadwal penerbanganmu di https://www.jadipergi.com/pesawat