air terjun kapas biru

Air Terjun Kapas Biru adalah tempat wisata baru andalan Jawa Timur. Air Terun Kapas Biru mempunyai panorama yang sangat indah. Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai Air Terjun Kapas Biru.

air-terjun-kapas-biru-1024x600 - Eksotisme Air Terjun Kapas Biru - paket wisata

  1. Tentang Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru adalah sebuah air terjun yang mempunyai nama lain Coban Kapas Biru. Air Terjun ini baru dibuka sebagai tempat wisata umum pada tahun 2015 akhir. Air terjun ini diperkirakan mempunyai ketinggian sekitar 100 m, walaupun belum ada yang menglarifikasi ukuran pastinya secara resmi. Air Terjun Kapas Biru adalah Air Terjun yang sangat unik karena terdiri dari dua tingkatan. Air Terjun Kapas Biru terapit oleh dua tebing, dan mengeluarkan sumber air yang berasal dari Sungai Besukbang atau Sungai Lengkong, dan mempunyai hulu sungai di lereng salah satu gunung tertinggi Jawa Timur yaitu Gunung Semeru.

Debit air yang dimiliki oleh Air Terjun Kapas Biru sangatlah banyak terutama pada saat musim hujan. Diperkirakan lokasi air terjun ini berada 500 meter di atas permukaan laut. Jadi bisa dipastikan bahwa udara Air Terjun Kapas Biru sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat berwisata. Pemandangan di sekeliling Air Terjun Kapas Biru adalah tebing yang mempunyai warna coklat dan cenderung merah, dan dihiasi dengan motif – motif lumut yang unik.

  1. Informasi tempat wisata

Air Terjun Kapas Biru adalah salah satu tempat wisata paling ekonomis karen harga tiket masuknya per orang hanya sekitar lima ribu Rupiah saja. Jam buka tempat ini adalah mulai jam enam pagi hingga jam lima sore. Perlu diketahui bahwa fasilitas di tempat wisata ini kurang begitu lengkap jadi ada baiknya membawa bekal makanan secukupnya. Namun karena fasilitas yang masih sederhana itulah yang menjadi nilai tambah keseruan berkunjung ke tempat ini. Bagi anda pencinta wisata alam pastinya akan sangat cocok untuk berkunjung ke tempat ini. Karen sepanjang perjalanan menuju air terjun, anda akan dimanjakan pemandangan yang super asri dan segar serta sejuk. Air Terjun yang dilihat akan berwarna kebiruan dan akan nampak seperti kapas dari Kejahuan. Oleh karena itulah disebut sebagai Air Terjun Kapas Biru.

  1. Lokasi Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun berada di Jawa Timur, Kabupaten Lumajang, Dusun Mulyoharjo, Kecamatan Pronojiwo, Desa Pronojiwo. Jika dari pusat kota Lumajang maka Air Terjun Kapas Biru membutuhkan jarak tempuh sekitar 50 km. Sementara jika anda menempuh jalan dari pusat kota Malang maka jarak yang akan ditempuh kurang lebih adalah sekitar 70 km. Dari Lumajang anda cukup ambil jalan menuju ke arah jalan Nasional Lumajang Malang melewati jalur Sumbersuko dilanjutkan menuju jalur Tempeh Pasirian, dan terakhir ambilah jalan menuju Candipuro. Di Candipuro anda nantinya akan menemukan jalan menuju ke Pronojiwo. Jika sudah sampai di Pronojiwo anda cukup mencari petunjuk halan menuju Air Terjun Kapas Biru.

Jika dari kota Malang anda langsung saja bawa kendaraan anda menuju ke arah Kepanjen, dilanjutkan menuju Gondanglegi, Turen, hingga Dampit. Sesampai di Dampit lanjutkan menuju ke Tirtoyudo, Ampelgading, dan terakhir sampai di Pronojiwo. Jika sudah sampai Pronojiow cukup ikuti saja petunjuk jalan yang mengarah ke Air Terjun Kapas Biru, dan anda akan langsung sampai di parkiran. Dari parkiran anda nantinya akan menempuh jarak sekitar 1,5 km berjalan kaki menuju ke tempat ini.

Jika anda dari luar Jawa Timur, maka jalur yang paling cocok untuk ditempuh pertama kali adalah menggunakan kereta api menuju Malang yang transit ke Surabaya, atau menggunakan kereta api yang langsung menuju ke Malang. Sesampai di Malang anda bisa menggunakan jasa rental mobil beserta sopir menuju ke Air Terjun Kapas Biru. Alternatif jalur kedua adalah menggunakan pesawat terbang dan turun di bandara Juanda Surabaya, lalu lanjutkan dengan menyewa mobil langsung menuju ke Air Terjun Kapas Biru. Untuk info lebih lengkapnya mengenai transportasi langsung kunjungi saja www.jadipergi.com. Yang akan membuat acara bepergianmu pasti jadi pergi.

Selamat berlibur dan pastikan liburannya pakai www.jadipergi.com dan sampai jumpa di Air Terjun Kapas Biru serta rasakan sendiri sensasinya.