image source : RUMAH SADHANA

Kota Semarang memang menyimpan banyak sekali potensi-potensi wisata budaya. Salah satu kota  yang terkenal memiliki budaya tata kramanya ini memiliki destinasi wisata yang kaya akan sejarah. Tak hanya Candi Borobudur di Magelang, Semarang pun juga memiliki daftar panjang candi-candi unik yang berbeda dari daerah lain.

Bagi kamu yang mencintai sejarah dan budaya, mengunjungi peninggalan sejarah berupa candi tentu menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Yuk, kita mulai perjalanan kita di Candi Gedong Songo!

 

Misteri Dibalik Pemandangan Alam Menakjubkan Candi Gedong Songo

Cand-Gedong-Songo-Semarang-Azaya-Hotel-Bandungan-1024x768 - Di Candi Gedong Songo, Wisata Budaya, Edukasi dan Keluarga Jadi Satu - paket wisata
image source : Azaya Hotel Bandungan

Jika kamu berada di Semarang, sempatkan singgah sebentar di gugusan candi unik Gedong Songo. Kamu harus berpetualang menelusuri bukit candi untuk menjangkau semua kompleks candi. Konon katanya nih, beberapa mitos yang belum terungkap, seperti wisatawan hanya bisa melihat hingga candi ke-5 saja padahal jumlah candi ada 9. Penasaran, kan?

 

Baiklah, saatnya kita mulai mengulik sejarah Candi Gedong Songo. Berasal dari bahasa Jawa, Gedong yang artinya bangunan dan Songo yang berarti sembilan. Candi Gedong Songo dibangun pada masa kerajan Mataram kuno oleh Putera Sanjaya pada abad ke 7 tahun 972 masehi. Kebayang kan usianya udah sangat renta, tapi sampai sekarang masih tangguh berdiri kokoh. Dahulu candi ini difungsikan sebagai tempat peribadatan dan pemujaan para dewa. Oleh karena itu, disana terdapat beberapa patung seperti Syiwa Mahakala, Syiwa Mahadewa, Maharsi Agastya, dan Ganesha.

 

Pada tahun 1740, seorang negarawan Inggris Sir Thomas Stamford Raffles menemukan Candi Gedong Songo. Hanya saja jumlah candi yang ditemukan hanya berjumlah 7 buah saja. Kemudian pada tahun 1908, V. Stein Callenfels akhirnya menemukan 2 bangunan candi. Selanjutnya dilakukan pemugaran dan oleh Hindia Belanda dan diteruskan oleh pemerintah Indonesia.

 


Mau Liburan murah, hemat dan tidak ribet, Jadipergi.com aja! Yuk kepoin destinasi wisata favorit jadipergi SEKARANG!


 

Perlu kalian ketahui nih, bahwa kawasan candi ini memiliki Bio Energy terbesar dan terbaik di Asia, lho! Mengalahkan Bio Energy yang berada di Tibet. Dan hal yang bakal membuat kamu terkesan lagi yaitu ditemukannya banyak emas dan perak di kawasan Candi Gedong Songo 4.

Cand-Gedong-Songo-Semarang-Airy-blog - Di Candi Gedong Songo, Wisata Budaya, Edukasi dan Keluarga Jadi Satu - paket wisata
image source : Airy blog

Nah, buat kamu yang hobi mendaki, Candi Gedong Songo menyediakan jalur pendakian. Terdapat bumi perkemahan untuk para pendaki yang ingin bermalam mendirikan tenda sekaligus menikmati indahnya alam lereng Gunung Ungaran. Kamu akan dimanjakan pemandangan yang amat sangat indah selama berada di Candi Gedong Songo.

 

Di kawasan ini pula, tepatnya di Gedong 4 dan 5 kamu bisa menikmati pemandian air hangat yang mengandung belerang aktif hanya dengan membayar Rp5.000 aja. Kelelahan berjalan mengelilingi candi? tenang aja, di tempat ini menyediakan persewaan kuda mulai Rp25.000 an tergantung seberapa jauh ya jaraknya. Kamu akan ditemani pemandu wisata menjelaskan setiap detil sejarah dan berbagai keindahan disana.

 

Saat ini kawasan Gedong Songo memiliki wahan wisata baru yaitu taman Ayanaz Gedong Songo. Letaknya berada di Gedong 1 atau 150 meter dari loket masuk candi. Untuk tempat yang satu ini, sayang banget kalau dilewatin. Kamu bisa mengabadikan setiap langkahmu melalui kamera, karena memang benar taman Ayana menyediakan berbagai spot foto kekinian. Recomended sekali buat koleksi keren di feed instagrammu!

 

Tarif

Harga tiket masuk ke Candi Gedong Songo:

  • Wisatawan lokal Rp6.000
  • Wisatawan asing Rp25.000

Harga tiket masuk ke taman Ayanaz Gedong Songo:

  • Dewasa Rp20.000
  • Anak-Anak Rp10.000
20032019_0bbba330cc4e3dea3e463ddb77617a0d - Di Candi Gedong Songo, Wisata Budaya, Edukasi dan Keluarga Jadi Satu - paket wisata
image source : kompasiana.com

Candi Gedong Songo adalah kawasan wisata yang lengkap di Semarang. Selain menikmati pemandangan alam yang luar biasa indahnya, secara nggak langsung kamu juga nambah ilmu sejarah bangsa sendiri. Jangan lupa siapin kamera agar nggak kecewa dengan banyak spot unik yang tersedia. Kamu bisa agendakan liburanmu selanjutnya disini melalui paket wisata JadiPergi. Kami menyediakan open trip Semarang mulai Rp270.000 per orang dengan banyak fasilitas terbaik plus kita bakal mampir ke Kuil Sam Poo Kong Semarang.

Jadi, kapan mau kesini?

Tag : Ber-onthel Ria di Semarang, Layaknya Masa Lalu


Mau Liburan murah, hemat dan tidak ribet, Jadipergi.com aja! Yuk kepoin destinasi wisata favorit jadipergi SEKARANG!

CTA_Blog_JadiPergi_ - Di Candi Gedong Songo, Wisata Budaya, Edukasi dan Keluarga Jadi Satu - paket wisata