image source : JejakPiknik.com

Semarang, bukan hanya menyimpan banyak wisata sejarah tetapi juga wisata edukasi. Sebagai contoh, bangunan bersejarah di kawasan Kota Lama yang menjadi ikon Semarang, kini sudah beralih fungsi menjadi sarana public. Tepatnya bangunan yang berada tidak jauh dari taman Sri Gunting terdapat sebuah galeri seni yang memamerkan karya-karya dari para seniman ternama Indonesia.

 

Semarang Contemporary Art Gallery

Semarang-Contemporary-Art-Gallery-Kompas.id_ - Dari Dulu Hingga Kini, Seni Hidup di Semarang - paket wisata
image source : Kompas.id

Namanya Semarang Contemporary Art Gallery atau biasa masyarakat setempat menyebutnya Galeri Semarang (GalSem), salah satu galeri seni kebanggaan Kota Semarang yang baru dibuka secara umum pada tahun 2011 lalu. Galeri ini menempati sebuah bangunan sejarah di kawasan Kota Lama Semarang dengan gaya khas arsitektur Belanda. Dalam catatan sejarahnya, pada tahun 1822 tempat ini adalah tempat tinggal Pastur L Prinsen dan menjadi tempat ibadah umat Katolik sebelum didirikan Gereja Gedangan pada tahun 1875. Setelah melewati berbagai renovasi dalam alih fungsinya, pada tahun 2007 oleh Chris Darmawan dilakukan konservasi dan setahun kemudian baru dipergunakan sebagai Semarang Contemporary Art Gallery.

 

Karya-karya yang dipajang di GalSem ini adalah titipan karya seni kontemporer para seniman. Istilah seni kontemporer sendiri adalah suatu keahlian atau keterampilan yang tumbuh dan berkembang atas pengaruh zaman era modern seperti saat ini. Tidak melulu lukisan, beberpa karya seni lain juga dipamerkan disini. Salah satu yang menjadi ikon adalah patung miring karya seniman Budi Kustarto. Patung dengan tinggi 3 meter tersebut tidak pernah luput dari bidikan kamera pengunjung untuk menjadi spot favorit.

26022019_e43996832204180bff3a4e10786b9ace - Dari Dulu Hingga Kini, Seni Hidup di Semarang - paket wisata
image source : google.com

Gedung Semarang Contemporary Art Gallery terdiri atas dua lantai, dimana lantai pertama terdapat bermacam-macam lukisan dan beberapa patung kecil. Selain itu yang menarik mata pengunjung, di lantai pertama juga terdapat tiang-tiang putih yang merupakan hasil dari arsitektur seni dengan dominasi warna putih. Di lantai dua sendiri terdapat banyak lukisan-lukisan yang merupakan sebuah sindirian terhadap kondisi negara ini. Setiap pengunjung akan dibuat bingung oleh maksud dari karya seni lukisan tersebut. Kamu dan temanmu wajib ke Semarang Contemporary Art Gallery deh! Susah diungkapkan oleh kata-kata bagaimana seni kontemporer disana dikemas dalam sebuah karya yang sangat apik.

 


Mau Liburan murah, hemat dan tidak ribet, Jadipergi.com aja! Yuk kepoin destinasi wisata favorit jadipergi SEKARANG!


Kampung Batik

 

Kampung-Batik-Kompas.com_ - Dari Dulu Hingga Kini, Seni Hidup di Semarang - paket wisata
image source : Kompas.id

Sekalian mampir ke Kampung Batik yuk! Lokasinya masih satu kawasan yaitu di Kota Lama Semarang. Kampung yang tadinya memiliki sejarah kelam ini sengaja disulap oleh warga-warga sekitar dan didukung oleh pemerintah setempat untuk dijadikan sebagai sentra kerajinan batik. Memasuki kawasan batik, kamu akan takjub oleh keindahan dinding-dinding sekitarnya yang dipenuhi seni mural. Mural-mural tersebut menampilkan motif batik asli khas Semarang, deretan cerita pewayangan dan beberapa legenda asal usul kota Semarang. Semua mural ini digarap langsung oleh warganya sendiri.

 

Sudah bisa dipastikan bahwa tembok-tembok yang dihiasi mural unik tersebut kini menjadi spot idaman para wisatawan. Adapun spot lainnya adalah Kampoeng Djadhoel yang berisi rumah-rumah bergaya kuno. Di kawasan ini tembok-tembok rumah warga juga dihiasi mural serta menyediakan beberapa benda-benda kuno sebagai tambahan properti foto.

Kampung-Batik-Phimeno.com_-1024x683 - Dari Dulu Hingga Kini, Seni Hidup di Semarang - paket wisata
image source : Phimeno.com

Di kampung batik kamu juga bisa berbelanja serba-serbi batik dan kursus singkat membatik, lho!

Kualitas batik disini dijamin keasliannya dan harganya yang ramah di kantong.

 

Paket Wisata ke Semarang

Hanya dua wisata aja nih? Tenang, kita masih akan belajar seluk-beluk sejarah di Kota Lama sekaligus selfie ala-ala candid di Lawang Sewu. Sebagai penutup perjalanan, kita akan menikmati santapan makan malam di Simpang Lima.

Lawang-Sewu-Airy-blog-Novem-Lawalata - Dari Dulu Hingga Kini, Seni Hidup di Semarang - paket wisata
image sourcce : Airy blog – Novem Lawalata

JadiPergi menyediakan paket wisata belajar dan berlibur di Semarang dengan sistem open trip. Harga ralatif murah dan kamu bisa saling bertegur sapa dengan orang-orang baru. Cukup Rp260.000 per orang kamu sudah bisa menikmati seluruh kawasan wisata Kota Lama, Lawang Sewu, dan Simpang Lima dengan ditemani local guide. Detil informasi paket wisata bisa kamu lihat dibawah ini ya.

Jadi, kapan kamu pergi?

 

Tag : Sambut Ramadhan, Semarang jadi One of the Best Wisata Religi


Mau Liburan murah, hemat dan tidak ribet, Jadipergi.com aja! Yuk kepoin destinasi wisata favorit jadipergi SEKARANG!

CTA_Blog_JadiPergi_ - Dari Dulu Hingga Kini, Seni Hidup di Semarang - paket wisata