image source : jatengprov.go.id

Berwisata itu penting bagi siapa pun, baik itu orangtua atau anak-anak karena sanggup memberikan sebuah makna fresh dalam pikiran terhadap tubuh dan juga jiwa. Setuju ya?

Segarnya pikiran dan jiwa sanggup memberikan efek positif , salah satunya adalah meningkatnya produktivitas dalam berbagai aktifitas. Maka, tak ayal jika wisata kini menjadi sebuah kebutuhan.

Wisata nggak melulu harus mahal, yang penting berkesan. Kamu bisa mencoba pengalaman seru pertamamu dengan menikmati keindahan kota asal kuliner Lumpia. Ya, Kota Semarang punya tempat wisata yang nggak kalah menarik buat dijajal.

Anyway, apa aja sih yang ditawarkan Semarang buat para traveler yang “butuh liburan” ini?

Yuk, simak ulasan singkatnya.

onthel-di-semarang-Harian-Semarang - Ber-onthel Ria di Semarang, Layaknya Masa Lalu - paket wisata

Bersepeda Onthel di Kota Lama

Kalau Jakarta punya kawasan Kota Tua, Semarang juga memiliki area bersejarah bernama Kota Lama. Kawasan yang dijuluki sebagai Little Netherland ini menjadi ikonis disini. Bangunan dengan arsitektur khas kolonial Belanda seakan menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Beberapa bangunan yang berada di kawasan tersebut antara lain Gereja Blendhuk, Stasiun Besar Semarang Tawang, Gedung Kantor Pos, Semarang Art Gallery, Taman Srigunting, Pasar Seni Klithikan Padangrani, dan bangunan lainnya yang kini beralih fungsi sebagai penginapan, rumah tinggal, perkantoran dan kafe tempat nongkrongnya anak-anak muda.

kota-lama-semarang-Phinemo.com_ - Ber-onthel Ria di Semarang, Layaknya Masa Lalu - paket wisata
Image source : Phinemo.com

Kamu bisa menikmati kemegahan Kota Lama dan sekitarnya menggunakan sepeda onthel dengan jalur yang sudah ditentukan. Kamu akan melihat banyak pengunjung dengan aneka onthel kuno lengkap dengan aksesoris ala Jawa dan Belanda. Adapun jakur yang akan dilewati dimulai dari Monod Diephuis menuju Gereja Blendhuk, Jembatan Berok, Jalan Empu Tantular, Marabunta, dan Jalan Letjen Suprapto dan kembali ke titik awal. Peninggalan zaman Belanda begitu melekat ketika kamu mengayuh sepedamu melintasi GPIB Immanuel atau yang sering dikenal dengan nama Gereja Blendhuk. Sambil bersepeda, kamu akan memasuki bangunan-bangunan kuno yang dilintasi dengan didampingi oleh tour guide untuk memberikan informasi terkait gedung-gedung tersebut.

 

Soal harga jangan khawatir ya? Kamu cukup membayar Rp75.000 per sepeda aja. Harga tersebut sudah include aksesoris tambahan berupa topi khas Belanda dan pakaian lurik. Kamu bisa berkeliling Kota Lama menggunakan onthel selama 4 jam, lho!

Bagi kamu yang ingin beronthel ria di kawasan heritage Kota Lama, dapat langsung berkunjung ke Tourist Information di Gedung Popo. Gedung tersebut berada di Jalan Branjangan, tepat berseberangan dengan Dream Museum Zone (DMZ).

 

Eksotika Lawang Sewu

lawang-sewu-Kereta-Api-Indonesia-1024x560 - Ber-onthel Ria di Semarang, Layaknya Masa Lalu - paket wisata
image source : Kereta Api Indonesia

Dari Kota Lama, kita bergeser ke Lawang Sewu. Lokasinya tepat berada di jantung Kota Semarang. Tempat wisata satu ini Wajib dikunjungi jika kamu berada di Semarang. Nama Lawang Sewu sendiri diambil dari bahasa Jawa yang artinya pintu seribu. Hal ini bukan tanpa alasan. Gedung bekas kantor pusat perusahaan kereta api regional wilayah Jawa Tengah yang dikelola oleh Belanda dan dibangun pada tahun akhir 1800 ini memiliki banyak pintu dan jendela besar yang dominan, bahkan bisa terlihat jelas dari jarak jauh.

 

Bangunan bergaya art deco ini sering menjadi buah bibir masyarakat karena keangkerannya yang santer terdengar di penjara bawah tanah yang dahulu digunakan sebagai tempat tahanan dan penyiksaan pejuang Semarang melawan penjajah. Gelap, kosong, eksotis sekaligus mistis. Begitulah rangkuman kesan yang terpancar di bangunan tua Lawang Sewu.

 

Tahun 2013, pemerintah melakukan renovasi besar-besaran di beberapa bagian dengan menambahkan pencahayaan interior dan eksterior. Kini, kesan mistis itu telah berubah menjadi bangunan paling romantis di Kota Semarang.


Mau Liburan murah, hemat dan tidak ribet. jadipergi.com aja! Yuk kepoin destinasi wisata favorit jadipergi SEKARANG!


 

Harga tiket masuk Lawang Sewu berbeda-beda:

  • Dewasa Rp10.000
  • Anak-anak Rp5.000
  • Pelajar Rp5.000

 

Lebih disarankan menggunakan tambahan tour guide agar kamu bisa mendapatkan informasi sejarah tentang perkeretaapian di Indonesia dari masa ke masa.

 

Dengan tiket masuk yang sangat terjangkau ini, kamu bisa mengelilingi setiap sudut gedung ruangan untuk sekedar berfoto-foto. Semua ruangan di Lawang Sewu terjaga keindahan dan kebersihannya. So, sebagai pengunjung yang budiman kalau mampir kesini jangan nyampah ya.

 

Cicipi Soto Ternikmat di Semarang

15032019_5c936884b30087454b678865ed3d2dd3 - Ber-onthel Ria di Semarang, Layaknya Masa Lalu - paket wisata
image source : Newser Live

Abis jalan-jalan di Kota Semarang rasanya kurang afdhol kalau nggak nyicipin salah satu kulinernya yaitu soto Semarang. Umumnya soto khas Semarang identik dengan kuah kaldu yang bening dan lebih nikmat apabila disantap dengan hidangan pendamping seperti sate ayam, sate telur puyuh, sate kerang, bakwan jagung, telur ayam, tahu, tempe dan lain sebagainya.

Rekomendasi soto Semarang ternikmat di Semarang yang bisa kamu coba adalah Soto Ayam Dargo Pak Wito, Soto Bangkong, Soto Ayam Pak Muri, dan Soto Pak Bambang Semawis.

 

Untuk wisata singkat Kota Semarang ini bisa kamu dapatkan di JadiPergi dengan memilih paket “Semarang dengan Onthel” yang akan berlangsung selama 1 hari. Nggak mahal kok, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp170.000 per orang dengan  jumlah peserta …… dalam group.

Kamu akan mendapatkan fasilitas berupa transportasi wisata, akomodasi, tiket masuk objek, asuransi, makan, air mineral, local guide serta antar jemput ke bandara atau stasiun.

Let’s go picnic brosis….. !!! dan cek beberapa paket wisata murah lainnya di Semarang melalui JadiPergi.

Tag : Sehari Kembali ke Masa Lalu Jogja Menaiki Andong


Mau Liburan murah, hemat dan tidak ribet, Jadipergi.com aja! Yuk kepoin destinasi wisata favorit jadipergi SEKARANG!

CTA_Blog_JadiPergi_ - Ber-onthel Ria di Semarang, Layaknya Masa Lalu - paket wisata