Warungboto
JadiPergi – Yogyakarta adalah kota istimewa. Terbentuk dari rindu, pulang, dan angkringan katanya. Banyak sekali tempat wisata yang kamu bisa kunjungi di sini. Wisata alam, sejarah, budaya, kuliner, belanja, dan lainnya lengkap tersaji di kota pecahan Mataram ini. Belum lagi hampir tiap tahun selalu ada wisata Jogja yang viral. Pantai Indrayanti, Lava Tour Merapi, Ratu Boko, dan  Gunung Bagus di Gunung Kidul pernah menjadi daftar wisata hits dan viral di kalangan masyarakat.
Menjadi kota yang istimewa membuat kota ini menjadi pilihan tempat shooting salah satu film fenomenal di Indonesia, AADC 2. Sejak saat itu pancaran pesona Kota Yogyakarta makin bersinar. Sempat mencuri perhatian juga foto pre-wedding anak Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu  bersama Bobby Nasution pasangannya yang memilih Situs Warungboto sebagai tempat untuk mengabadikan momen mesranya.
Situs ini memang tidak setenar Taman Sari atau Ratu Boko. Bahkan sebelum dipugar seperti sekarang, situs ini hanyalah bangunan yang tidak terawat. Namun siapa sangka Warungboto memiliki keindahan yang luar biasa. Arsitekturnya yang unik membuat tempat ini wajib kamu kunjungi.
Warungboto dibangun mulai pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I dan dilanjutkan oleh Hamengku Buwono II dengan nama Pesanggrahan Rejawinangun. Beberapa sumber seperti tulisan J.F.Walrofen van Nes yang berjudul Tidjschriff voor Nederlandsch Indie menyebutkan Situs Warungboto mulai dibangun pada tahun 1785.

 

39400558_294318588038612_7042385440627752960_n-1024x1024 - Belum Banyak yang Tahu, Warungboto Situs Megah dan Mempesona - paket wisata

 

Pesanggrahan Rejawinangun  dibangun sebagai tempat pemandian karena dulu terdapat umbul atau sumber mata air. Selain itu, Warungboto juga sebagai tempat peristirahatan para Raja. Atas fungsi tersebut maka Warungboto dilengkapi dengan taman, segaran, kola, dan kebun untuk memberikan kenyamanan, ketenangan dan keasrian.
Warungboto dibagi menjadi 2 sisi yaitu sisi barat dan timur. Sisi barat merupakan bangunan berkamar yang memiliki taman dan kolam yang airnya berasal dari umbul atau sumber mata air. Kolam tersebut memiliki 2 bentuk yang saling berhubungan. Kolam pertama berbentuk lingkaran yang berdiameter 4,5 meter dan kolam kedua berbentuk persegi dengan ukuran 10 meter x 4 meter.
Arsitektur yang memiliki lorong-lorong serta pintu dan jendela yang terbuat dengan batu bata menjadikan situs ini sangat unik dan megah. Maka dari itu untuk kamu sobat JadiPergi yang mengunjungi Situs Warungboto harus tetap menjaga kebersihan dan kelestariannya agar situs ini bisa tetap bertahan lama.