source: Trip Advisor

Jogja memang tak ada habisnya memikat para turis baik domestik maupun mancanegara. Apalagi dengan adanya tempat wisata Jogja yang kekinian. Tak hanya memuaskan para pengunjung untuk melakukan swafoto tapi juga siap memacu adrenalin. Nah, buat kamu yang masih bingung mencari tempat wisata Jogja yang kekinian untuk akhir pekan, simak terus ya!

1. The World Landmark Merapi Park

Ingin mengelilingi dunia tapi masih belum punya budget? Tak perlu jauh-jauh, di Jogja ada The World Landmark Merapi Park. Ketika memasuki tempat wisata Jogja ini, kamu seolah berjalan mengelilingi dunia dengan suguhan miniatur dari berbagai landmark dunia.

Mulai dari miniatur menara Eiffel, menara Pisa, patung Liberty, kincir angin Belanda, London Big Ben, dan masih banyak lagi. Di sekitar miniatur-miniatur tersebut, tampak taman bunga berwarna-warni mengelilingi. Kamu bisa menggunakan taman tersebut sebagai objek fotomu juga. Kurang kekinian apa coba banget, kan?

Tempat wisata Jogja yang buka setiap hari jam 9 pagi sampai 5 sore ini fasilitasnya lengkap. Ada gazebo untuk sekedar bersantai, toilet, maupun cafe-cafe yang menjajakan makanan, Dijamin datang bersama keluarga tak akan bosan. Untuk mencapai tempat wisata Jogja ini dari pusat kota, kamu hanya memerlukan waktu tak sampai satu jam. Tepatnya di Jalan Kaliurang km 25 Hargobinangun, kecamatan Pakem, Sleman.

2. Museum Gunung Merapi

Tepat di depan The World Landmark Merapi Park, ada Museum Gunung Merapi. Setelah puas berfoto, kamu bisa nih kesini untuk melihat kenangan pahit masa lalu di Jogja saat letusan gunung berapi. Seperti namanya, tempat wisata Jogja ini berisi segala informasi tentang gunung paling aktif di dunia yaitu Gunung Merapi. Selain itu, museum ini juga sebagai lokasi pengembangan ilmu kebencanaan gunungapi, gempabumi, dan bencana alam lain.

Dari depan, kamu akan melihat sebuah bangunan berbentuk trapesium dengan latar belakang lereng Gunung Merapi. Ketika masuk, di lantai pertama sebuah replika Gunung Merapi yang mengeluarkan asap dan suara gemuruh. Jika kamu tekan tombol yang ada kamu bisa menyaksikan simulasi letusan Merapi.

Masih di lantai yang sama, kamu bisa menemukan koleksi benda-benda sisa letusan berikut pengetahuan mengenai kebencanaan. Sedangkan di lantai kedua, kamu serasa mengalami gempa dan tsunami melalui alat peraga, menyaksikan foto-foto erupsi gunung merapi juga menonton film pendek tentang merapi.

Tempat wisata Jogja ini buka setiap hari jam 8 -15.30. Hanya dengan membayar Rp 5000,- kamu sudah bisa menyaksikan sendiri kedahsyatan Merapi. Seru, kan?

3. Lava Tour Merapi dengan Jeep

Pacu adrenalinmu dengan mengikuti Lava Tour Merapi. Tur ini biasanya berlangsung sekitar satu hingga dua jam dengan menaiki mobil jeep. Menelusuri lereng gunung merapi yang berbatu dan berpasir sisa erupsi, tentu akan sangat menantang. Apalagi saat liburan bareng temen-temen sambil menikmati indahnya sunrise di lereng gunung.

Di tengah perjalanan kamu akan mengunjungi berbagai destinasi. Destinasi ini bermacam-macam tergantung rute yang kamu pilih. Biasanya ke Museum Sisa Hartaku dan Bungker Kali Adem. Museum Sisa Hartaku sebenarnya merupakan rumah seorang warga yang mengumpulkan barang-barang sisa letusan. Tempat wisata Jogja ini seolah menjadi saksi betapa ganas erupsi Merapi saat itu. Letaknya pun tak jauh dari tempat wisata Jogja instagramable yaitu Stonehenge dan The World Lost Castle.

Sejarah Bungker Kaliadem juga tak kalah menarik. Bungker yang dibangun pada zaman kolonial sebagai tempat perlindungan dari erupsi gunung ini ternyata menyebabkan tewasnya dua relawan tahun 2006 lalu. Tempatnya sempat hilang terkubur tahun 2010. Hingga akhirnya petugas berhasil menemukan tiga tahun berikutnya.

4. Museum Ullen Sentalu

Kalau mau tau lebih dalam tentang budaya jawa, tempat wisata Jogja ini tempatnya. Berlokasi di Jalan Boyong, Kaliurang, museum ini berisi peninggalan Kerajaan Mataram mulai dari lukisan, alat musik tradisional, kumpulan foto, arsip surat, kain-kain batik, dan masih banyak lagi. Kerennya, tempat wisata Jogja ini didapuk sebagai museum terbaik di Indonesia oleh Trip Advisor, situs mengenai traveling. Bikin tambah makin penasaran, kan.

Dari depan kamu akan melihat sebuah bangunan dengan gaya arsitektur gotik dan pepohonan yang rimbun. Seorang pemandu akan menemanimu untuk menjelaskan semua isi museum. Kamu akan dibawa ke ruang-ruang yang berisi koleksi yang berbeda-beda.

Ada ruang Seni dan Gamelan yang di dalamnya terdapat koleksi gamelan. Kemudian ruang pamer lukisan tokoh-tokoh Kerajaan Mataram, ruang berisi koleksi batik, syair, dan lain sebagainya, serta terakhir ruang Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa yang merupakan museum outdoor. Lepas mengelilingi museum, kamu bisa lanjut mengisi perut di Restoran Beukenhof.

5. De Mata Museum

Demata Museum ini tempat wisata Jogja yang mengusung konsep tiga dimensi. Bagi kamu yang suka foto-foto, museum ini tak boleh dilewatkan. Bila kamu berpose sesuai dengan arahan, maka kamu akan mendapati gambar itu seolah hidup. Kamu seperti sedang menaiki sapu terbang, di red carpet, maupun di tengah bahaya.

De Mata 1 letaknya di lantai bawah dan ada sebanyak 120 gambar 3D yang bisa kamu nikmati. Sedangkan De Mata 2 di lantai 2 dengan total 50 gambar 3D, wahana 4D dan Mirror Illussion. Selain itu, ada pula museum De Arca dengan patung-patung karya seniman lokal Jogja yang jumlahnya lebih dari 100. Mulai dari patung artis-artis, tokoh-tokoh dunia, pahlawan nasional, sampai superhero.

Terakhir ada wahana D’walik. Seperti namanya museum ini menampilkan ruangan-ruangan dengan konsep terbalik. Jadi, properti-properti yang ada di dalamnya dipasang secara terbalik. Seolah-olah kamu berjalan di atap ruangan.

Bagaimana? Menarik bukan? Daripada capek nyetir ke tempat wisata Jogja kekinian ini, mending ikutan trip bareng sama JadiPergi. Cukup duduk manis, kamu akan dibawa menuju destinasi-destinasi seru. Lebih lanjutnya, cek link ini ya!