Wisata alam solo
JadiPergi – Solo selama ini  dikenal dengan wisata budaya maupun kulinernya. Ternyata kamu juga bisa menemui segudang potensi wisata alam Solo yang begitu indah untuk dilewatkan lho. Mulai dari taman, air terjun, bukit, hingga gua bisa kamu temukan di sini.
Walaupun kaya akan wisata alam, nyatanya masih banyak yang belum mengenal wisata alam di kota liwet ini. Yuk simak rangkuman JadiPergi mengenai wisata alam Solo.

Geopark Batu Seribu

Geopark Batu Seribu memiliki sebuah sumber air yang bernama Sumber Pacinan. Konon kartanya tidak pernah kering walaupun saat musim kemarau. Nama “batu seribu” karena dahulu kawasan ini merupakan perbukitan batu cadas. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai fasilitas seperti  kolam renang, pemandian mata air, hingga panggung kesenian.

Taman Hutan Rakyat (TaHuRa) Ngargoyoso

Tahura Ngargoyoso merupakan satu-satunya taman hutan raya yang berada di propoinsi Jawa Tengah. Tempat wisata yang terletak di Sukuh, Karanganyar. Disini kamu bisa menikmati indahnya alam, bahkan kamu juga bisa berkemah. Sehingga, pengalaman wisata alam kamu akan menjadi semakin seru.
Wisata ala ini ternyata sudah dilengkapi dengan fasilitas memadai lho. Area parkir, musala, area kemah, hingga penginapan bisa dengan mudah kamu temukan di sini. Oleh karena itu, Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso kerap dijadikan lokasi acara berbagai organisasi maupun sekolah.

Parang Ijo

Objek wisata alam di Solo lainnya yang belum banyak diketahui adalah Parang Ijo. Parang Ijo adalah sebuah air terjun yang terletak di Mlinggur, Ngargoyoso, Karanganyar.  Kawasan air terjun pun sudah dilengkapi dengan fasilitas, seperti jalan setapak, gazebo, jembatan, serta gardu pandang yang akan menambah seru kunjungan kamu. Selain itu, di Parang Ijo, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti bermain air, berenang, maupun  flying fox.

Bukit Sekipan

Bukit Sekipan berada di  Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar. Di sini kamu bisa menemukan berbagai wahana dan fasilitas untuk dijadikan lokasi wisata seru. Kamu bisa menemukan waterboom mini, mini zoo, taman bunga, hingga miniatur berbagai negara dunia. Kamu bisa menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman dengan kegiatan seru disini.

Bendungan Colo

Bendungan Colo tidak hanya difungsikan sebagai pengontrol laju air seperti pada umumnya. Di sini kamu bisa mengunjunginya sebagai tempat wisata.  Kamu bisa kesini saat kondisi air surut sehingga kamu akan melihat deretan beton yang menarik untuk dijadikan objek foto.Tak cuma sebagai objek foto, di  Bendungan Colo kamu juga bisa memancing dan bisa jadi tempat pilihan yang tepat untuk hunting sunset