mountains-sunset-bromo-indonesia-volcano-landscape-nature-hd-iphone-6-wallpaper-1920x1080 - 3 Menu Makanan Khas dan Unik Wisata Bromo - paket wisata
Illustrasi – Bromo Volcano Sunset

Bromo terkenal sebagai destinasi wisata yang cukup menarik dengan luasnya hamparan pemandangan indah selama seharian. Kita bisa menikmati Kawasan Bromo mulai dari dini hari untuk memandang indahnya matahari terbit, menikmati alam sekitar gunung hingga menikmati matahari tenggelam disusul dengan pemandangan malam hari dengan bulan serta penuh bintang. Begitu banyak hal yang dapat kita nikmati apabila kita berkunjung ke areal wisata Bromo, salah satunya wisata kuliner. Bila kita berwisata ke gunung Bromo, tidak ada salahnya mencoba kuliner setempat yang cukup unik. Ada tiga macam menu yang jangan sampai terlewatkan oleh Sobat JP kalo lagi jalan-jalan ke Bromo.

  1. Sawut Kabut Bromo

Pada dasarnya Sawut Kabut Bromo merupakan jajan yang sama saja dengan jajan lain yang berbahan dasar ubi. Hanya saja, ubi yang digunakan untuk membuat jajan ini merupakan ubi asli tanah Bromo. Jajanan ini umumnya hanya tersedia dalam rangka ritual acara tertentu dan upacara penyambutan tamu dari luar daerah, namun kita juga dapat menemuinya di pasar tradisional yang terdapat di area  Bromo. Tampilan jajan asli Bromo ini dipercantik dengan topping buah murbei hitam, Mutiara merah, dan irisan daun pandan. Rasa, aroma, dan tekstur yang dihadirkan jelas memiliki ciri khas tersendiri.

  1. Nasi Aron

Menu Nasi Aron merupakan menu yang cukup ikonik bagi wisata Bromo. Menu yang satu ini cenderung hanya bisa ditemui di daerah wisata Bromo karena berbahan dari jagung yang berwarna putih. Jagung putih yang digunakan sebagai bahan masakan tersebut hanya dapat ditemukan di areal lereng gunung Bromo. Yang unik dari menu ini adalah selain dari bahan jagung putih yang jarang ditemui, penyajian menu ini didampingi dengan beberapa menu pelengkap antara lain, tahu, sayur daun ranti, serta campuran kentang yang dipadu dengan tahu, tempe dan ikan laut.

Belum lagi tambahan sambel terasi yang selalu menggugah selera. Tidak terbayang bagaimana nikmatnya menu spesial di atas ketinggian dengan hamparan keindahan area wisata gunung Bromo. Nasi Aron Jagung Putih ini memiliki kelebihan yaitu dapat disimpan lebih dari seminggu dengan cara yang benar. Selain itu, rasa dari Nasi Aron sendiri memiliki cita rasa gurih dan membuat kita lebih kenyang. Tentunya hal tersebut dapat menjadi alternative bagi para penderita diabetes dan kolesterol karena dapat mengurangi kadar semestinya. Penjual Nasi Aron yang paling dikenal oleh masyarakat adalah Nasi Aron yang terletak di desa Seruni, yaitu desa yang terletak di seputaran lereng Bromo area Penanjakan Dua.

  1. Iga Bromo

Meski tidak setenar dua menu sebelumnya, menu yang satu ini juga perlu dicoba. Menu Iga Bromo ini terdapat di warung Zahira di dekat kaki gunung Bromo. Uniknya lagi menu Iga Bromo ini juga dikenal sebagai Iga Pasir. Sensasi Iga Bromo tentu cocok untuk dinikmati sembari menghabiskan waktu berlibur di Bromo. (3 Menu Makanan Khas dan Unik Wisata Bromo).

Apa itu “Open Trip” Yang Sesungguhnya

Tak Perlu Khawatir, Open Trip Sekarang Jauh Lebih Terjangkau!