Yuk Berpetualang ke Pulau Menjangan, Tempat Wall Diving Paling Kece di Indonesia

      Comments Off on Yuk Berpetualang ke Pulau Menjangan, Tempat Wall Diving Paling Kece di Indonesia

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

#Sekilas tentang Pulau Menjangan

Siapa tidak mengenal pulau Menjangan. Surga laut alami di Bali yang banyak menyimpan pesona dan eksotisme khas pemandangan bawah laut dan menjadi spot Diving favorit bagi wisatawan mancanegara. Pulau Menjangan terletak di sebelah utara kawasan Taman Nasional Bali Barat. Tepatnya di Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali.

Yang unik dari pulau ini,di  kala musim semi tiba, ada banyak sekali rusa liar yang berenang menuju pulau Menjangan dengan jarak yang ditempuh sejauh 1,2 mil. Karena menurunnya jumlah populasi dari rusa – rusa yang menghuni pulau Menjangan ini, Pemerintah menjadikan area tersebut sebagai Taman Nasional Bali Barat guna mencegah kepunahan dari spesies rusa tersebut.

Baca Juga Tips Mudah Liburan Hemat ke Malang dan Bromo Ala Backpacker

#Kondisi bawah laut pulau menjangan

Di kedalaman 60 meter, banyak ditemui terumbu karang yang berjajar dengan dengan berbagai formasi dan menyerupai gua – gua dengan berbagai ukuran baik besar maupun kecil. Gua- gua ini berfungsi menjadi habitat alami bagi terumbu karang dan biota laut lainnya.

Ada Berbagai macam dan jenis hewan laut lainnya pun bisa ditemui di dasar laut pulau Menjangan. Spesies ikan tuna, jackfish, angelfish, penyu laut dan hiu merupakan jenis spesies laut yang  dapat ditemui di dasar laut pulau menjangan ini.

#Hal – hal menarik yang bisa dilakukan

1. Wall Diving

Bagi pecinta olahraga Diving, pulau menjangan yang menawarkan keindahan bawah laut dengan  jajaran terumbu karang yang eksotis, menjadi spot yang menarik dan wajib untuk dijelajahi. Lokasi ini cocok digunakan untuk kegiatan menyelam karena kondisi perairannya yang sangat tenang. Bahkan dalam kondisi cuaca tertentu, jarak pandang penyelam bisa mencapai hingga 50 meter.

Dinamakan wall diving karena kegiatan menyelam ini dilakukan dengan mengikuti lajur dinding (wall) tebing bawah laut Pulau menjangan yang memiliki kedalaman 50 hingga 60 meter. Bahkan di kedalaman 10 meter, penyelam sudah bisa menemukan deretan terumbu karang dan spesies laut seperti udang laut, belut pita dan sebagainya

2. Snorkeling

Jika tidak ingin wall diving atau menjelajah di kedalaman laut pulau Menjangan, bisa mencoba alternatif lainnya dengan ber-snorkeling ria di atas permukaan air. Kegiatan ini hanya bisa dilakukan saat siang hari ketika cahaya sinar matahari tengah terik – teriknya.

3. Fotografi

Menjelajah pulau Menjangan dengan panorama lautnya yang khas, terasa tidak lengkap jika tidak diabadikan lewat lensa kamera. Selain keindahan panorama bawah lautnya, pulau Menjangan juga mempunyai lanskap garis pantai yang eksotis dari ujung ke ujung. Tentu hal ini bisa menjadi spot yang menarik bagi penggemar fotografi.

Baca Juga Asyiknya Nge-trip ke Jogja Lewat Paket Wisata. Cari tau caranya yuukk…

#Spot yang menarik di pulau Menjangan

1. Secret Bay

Bagi pecinta macro diving, lokasi ini mungkin cocok untuk dijelajahi. Kondisi alamnya yang mempunyai perairan cukup dangkal dengan aneka jenis terumbu karang dan pasir berlumpur di dasar lautnya, membuat lokasi ini sangat menarik unutk dieksplorasi. Ketika memutuskan unutk menyelam di kawasan ini, ada baiknya jika menggunakan pakain selam yang bagus dan kuat. Hal ini disebabkan suhu air di lokasi ini lebih dingin dibandingkan dengan lokasi perairan lainnya.

2. Eel Gardens

Sesuai dengan namanya, spot diving yang terletak di bagian barat pulau menjangan ini dapat ditemui kumpulan eel garden dan biota laut lainnya. Spot ini juga dikatakan sebagai spot favorit dan juga terbaik di pulau Menjangan. Di lokasi ini, kegiatan diving dimulai di kedalaman 40 meter, sembari melihat pemandangan biota laut seperti gorgonia yang mudah dijumpai.

3. Anchor wreck

Di lokasi ini penyelam dapat menjumpai bangkai kapal eks perang dunia ke II yang berkarat dan telah karam puluhan tahun silam. Dengan kedalaman mencapai 45 meter, area selam ini merupakan tempat khusus bagi para epenyelam yang mempunyai sertifikat atau jam terbang menyelam yang tinggi.

Konon, kapal yang pada masanya digunakan sebagai kapal pengangkut budak ini, diketahui dari julukannya yaitu kapal Anker atau Kapal Budak. Setelah menjadi sebuah situs bawah laut, penyelam  bisa menemukan sisa  – sisa berupa perabotan keramik dan spesies laut yang hilir mudik di sela-sela kapal.

4. Coral Garden

Lokasinya yang terletak sekitar 300 meter di sebelah timur bangkai kapal, Coral garden menawarkan spot diving terbaik yang bisa ditemui penyelam. Di kedalaman sekitar 10 hingga 25 meter, aneka spesies ikan seperti nudibranch, ghostppipe fish, ribbon morray eel hingga hiu black tip dapat dijumpai di kawasan ini.

Selain ikan dan biota laut, penyelam juga dimanjakan dengan benda – benda seperti patung dewi hingga perabotan bekas yang sengaja diletakan untuk kebutuhan konservasi pada terumbu karang dan menjadi spot yang menarik untuk kegiatan foto bawah laut.

#Ke pulau Menjangan lewat mana?

Jika Anda berdomisili di luar kota, ambil penerbangan ke kota Denpasar, Bali.  Berangkat dari Denpasar, ambil rute Denpasar – Tabanan – Selemadeng – Pupuan – Seririt dan terakhir Menjangan dengan estimasi waktu tempuh sekitar 4 jam.

Selama perjalanan menuju pulau menjangan, panorama persawahan yang hijau khas Bali dan birunya pemandangan laut, akan menemani selama perjalanan. Untuk mencapai pulau, bisa menggunakan jasa kapal motor dengan estimasi lama perjalanan sekitar 30-45 menit dari pelabuhan lalang.

#Berapa harga tiket dan fasilitas di pulau Menjangan?

Untuk tiket masuk akan dikenai tarif Rp. 2500,00 per orang beserta biaya asuransi sebesar Rp.4000,00 . Tarif unutk snorkeling sekitar Rp. 40.000,00 – Rp. 50.000,00 per orang.  Adapun tarif untuk sewa kapal dikenai tarif Rp.400,000,00 – Rp.600.000,00 per harinya.

Jika dirasa harga sewa kapal masih mahal, solusinya adalah dengan mengajak wisatawan lainnya agar tarif sewa kapal bisa ditekan. Bagi yang ingin ingin menggunakan jasa pemandu wisata, pengunjung dikenai tarif sebesar Rp. 100.000,00 per kelompok.

#Penginapan di pulau Menjangan

Jika menginap di pulau Menjangan,  ada banyak pilihan penginapan yang bisa dipilih oleh pengunjung seperti The Menjangan Resort, Mimpi Resort Menjangan, Taman Sari Bali Resort and Spa, dan Pondok Sari Beach & Bungalow Resort.

Selamat Berlibur…

jadipergi.com