5 Surga Tersembunyi di Wisata Lombok Timur. Yukk Liburan Kesana…

      Comments Off on 5 Surga Tersembunyi di Wisata Lombok Timur. Yukk Liburan Kesana…

Kepulauan lombok yang kaya akan wisata dan keunikan panorama alamnya, menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Garis pantai yang masih alami, barisan gili yang menjadi ikon wisata serta kebudayaan lokal yang dibalut dengan nuansa religius membuat kawasan wisata lombok ini sebagai surga liburan yang menarik.

1. Wisata lombok timur dan lokasinya

Ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi ketika berada di kawasan obyek wisata lombok. Moda transportasi yang disediakan juga sangat sanagt memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung, baik melalui jalur darat, laut maupun udara.

Kepulauan lombok yang terbagi menjadi beberapa kabupaten, mempunyai lokasi wisata yang berbeda – beda, sesuai dengan kondisi alam di wilayahnya masing – masing. Berikut ini adalah lokasi wisata yang terdapat di Kepulauan Lombok timur dengan ciri khas dan keunikan tempatnya.

1. Gunung Rinjani

Siapapun yang berkunjung ke kawasan pegunungan yang dinobatkan sebagai gunung tertinggi kedua di Indonesia ini, pasti akan terkagum – kagum dan takjub akan keindahan dan nuansa religius di sekitarnya. Gunung Rinjani yang mempunyai ketinggian lebih dari 3,700 meter ini, merupakan salah satu andalan dari wisata lombok untuk menarik pengunjung.

Status Gunung Rinjani sebagai gunung berapi yang masih aktif, tidak menyurutkan minat dari para wisatawan untuk berkunjung ke lokasi ini. Gunung ini juga sangat disakralkan oleh umat Hindu yang beranggapan bahwa Gunung Rinjani merupakan tempat tinggal para dewa.

Inilah keunikan dari wisata lombok dengan Gunung Rinjani-nya. Selain menyuguhkan wisata alam khas pegunungan, suasana religius dari penganut agama Hindu, menjadi sensasi dan daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Baca Juga 5 Spot unik di Gunung Bromo yang cocok untuk menikmati sunrise

2. Tanjung Ringgit

Salah satu destinasi wisata Lombok yang terkenl dengan mercusuarnya ini terletak di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Rute darat yang dilalui untuk mencapai tempat ini  yaitu Mataram – Praya – jerowaru . Bisa menggunakan kendaraan bermotor baik roda empat maupun roda dua.

Tanjung ringgit yang kaya akan obyek wisata, sayangnya masih belum tergarap secara optimal. Di kawasan ini, kita bisa menemukan sbuah Mercusuar yang kokoh berdiri menghadap ke arah laut. Selain itu, ada pula sumur air tawar di bawah tebing, sebuah goa raksasa dan sebuah meriam jepang eks perang kemerdekaan yang tersembunyi dia antara semak – semak.

3. Gili Kondo

Gili Kondo merupakan salah satu dari banyak Gili yang tersebar si seluruh penjuru kepulauan Lombok yang menjadi destinasi favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tidak hanya sebagai tempat wisata dan berlibur, Gili Kondo juga menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat sejenak. Lari dari rutinitas pekerjaan sehari – hari.

Gili Kondo yang terletak di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, berdampingan Gili Bidara dan berdekatan dengan wilayah Gili lampu dan Gili Kapal.

Wajah Gili Kondo yangmasih alami dan  belum terlalu familiar di bandingkan dengan Gili – gili lainnya, menyebabkan tempat ini sepi dari pengunjung. Lokasi ini paling banyak dikunjungi oleh warga lokal stempat dan wisatawan asing yang kebetulan berlibur di Lombok.

Suasana sepi tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri yang ditawarkan oleh Gili Kondo. Alamnya yang masih perawan, jauh dari tangan jahil manusia, ditambah eloknya garis pantai dan pemandangan lautnya yang spektakuler, mampu membius siapa saja yang berkunjung ke Gili Kondo ini.

Sayangnya, tidak banyak petunjuk yang didapat bagi pelancong luar kota ketika akan berkunjung ke Gili Kondo. Hal ini lumrah karena pengelola obyek wisata lombok hanya menyajikan tempat – tempat yang sudah familiar bagi pengunjung.

Gili Kondo bisa dicapai dengan menaiki perahu nelayan yang disewa dengan harga Rp. 25.000,00 per orang. Hanya membutuhkan waktu sekita 5 sampai 10 menit perjalanan, kita akan sampai di Gili Kondo.

Sejarah Gili Kondo yang menurut pendudduk setempat dulunya merupakan sarang dari burung Kondo yang berbadan besar, juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Gili Kondo ini. Hamparan pasir yang halus dan sepoi angin yang berhembus, menjadi penyambut yang sempurna bagi pelancong di Gili Kondo ini.

 

Baca Juga Berakhir pekan dengan menjelajah 10 tempat eksotis di Ubud, Bali. Psstt..Banyak wisata seninya lho..

 

4. Taman Wisata Pusuk Sembalun

Wisata lombok lainnya yang tak kalah populer adalah Taman Wisata Pusuk Sembalun yang berada di kawasan Hutan Gunung Rinjani. Dengan ketinggian sekitar 900 meter dari pemukaan laut, obyek wisata ini memberikan panorama yang indah kepada wisatawan

Dalam dialektika bahasa sasak-Lombok, kata Pusuk mempunyai arti puncak, merujuk pada lokasi obyek wisata Taman Wisata Pusuk Sembalun yang berada di puncak gunung Rinjani.

Ada banyak keindahan panorama alam yang ditawarkan oleh Taman Wisata Pusuk Sembalun. para pengunjung akan disambut oleh hijaunya hutan yang melingkupi pegunungan, tebing – tebing curam yang berjejer, dapat kita saksikan dari arah puncak atau ketika berada di sekitar lokasi Taman Pusuk Sembalun.

Taman Pusuk sembalun yang termasuk obyek wisata lombok, menjadi destiansi yang populer bagi mereka yang menyukai travelling dengan nuansa alam yang masih alami. Tak jarang, lokasi ini juga dijadikan sebagai area peristirahatan atau persinggahan oleh para wisatawan sebelum mereka beranjak mengunjungi lokasi wisata lainnya.

Salah satu spot menarik untuk menikmati keindahan panorama dari obyek wisata ini adalah sebuah areal parkir kendaraan yang cukup luas pada sebuah jalan raya yang menghadap ke arah deretan perbukian tersebut.

Panorama perbukitan yang khas, dipadu dengan hijaunya areal persawahan yang terdapat di lokasi wisata Taman Pusuk Sembalun ini juga menjadi daya tarik tersendiri yang menjadi komoditas penting bagi areal obyek wisata ini.

Yang unik, di kawasan ini kita dapat menjumpai bahkan berinteraksi langsung dengan kawanan monyet liar yang terdapat di sepanjang jalan raya hutan rinjani hingga di lokasi Taman Pusuk Sembalun. Karena monyet – monyet di daerah ini sangat jinak, tak heran jika sebagian pengunjung sering memberikan makanan berupa kacang dan pisang kepada mereka.

Untuk mencapai lokasi di Taman Pusuk Sembalun, bisa langsung mencari jalur utama Mataram menuju ke Pelabuhan Kayangan yang ada di Lombok Timur. Dianjurkan agar menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan carter khusus.

Dengan menggunakan kendaraan pribadi atau carteran khusus, pengunjung dapat menikmati alur perjalanan di tengah – tengah hjaunya rerimbunan hutan dan menghirup segarnya udara hutan di kawasan wisata Taman Pusuk Sembalun.

5. Otak Kokok

Obyek wisata lombok yang satu ini tergolong obyek wisata alam yang dengan air terjunnya yang sangat ikonik. Air Terjun Otak Kokok Gading yang juga kerap disebut Joben ini mempunyai  ketinggian sekitar 5 meter. Yang unik, Air terjun tersebut keluar dari akar sebuah pohon banjur tua yang sudah berumur hingga ratusan tahun.

Menurut legenda masyarakat setempat, Air Terjun  Otak Kokok Gading meruoakan salah satu dari sekain banyak Air terjun di kawasan Lombok Timur yang mempunyai khasiat menyembuhkan penyakit.

Terlepas dari mitos dan legenda tersebut, Air Terjun  Otak Kokok Gading merupakan salah satu obyek wisata alam yang menjadi tempat wisata favorit dengan daya tarik lingkungan yang masih terjaga kealamiannya.

Air Terjun  Otak Kokok Gading yang termasuk obyek wisata Lombok di daerah timur ini sanagt pas dikunjungi beramai – ramai dengan sanak saudata dan keluarga. Di kawasan  Air Terjun  Otak Kokok Gading ini, pengunjung dapar menikmati aneka fasilitas seian keindahan air terjun tersebut.

Kolam renang yang tersedia untuk anak – anak maupun dewasa merupakan fasilitas tambahan yang bisa dinikmati di arela obyek wisata  Air Terjun  Otak Kokok Gading. Segarnya udara khas hutan, di tambah kicauan burung dan gemericik air dari air terjun tersebut, menjadi suasana yang pas unutk menikmati liburan dan akhir pekan yang santai.

 

.

Katakunci Populer:

  • kata indah buat status menggunakan bahasa lombok yg menarik