10 Aneka Wisata Jakarta yang Wajib Dikunjungi Saat Akhir Pekan

      Comments Off on 10 Aneka Wisata Jakarta yang Wajib Dikunjungi Saat Akhir Pekan

tempat wisata di  jakarta – Ibukota Jakarta sebagai pusat pemerintahan, mempunyai banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi ketika akhir pekan tiba.

Anggapan bahwa selama ini Jakarta yang terkenal supersibuk dengan hiruk pikuk kemacetan dan aktivitas manusianya yang padat, tentu menjadi alasan tersendiri bagi  yang ingin menikmati suasana liburan di Jakarta.

Jika ditelusuri lebih jauh, Ada banyak tempat wisata di jakarta yang justru menjadi spot yang asyik untuk liburan dan berakhir pekan bersama keluarga dan teman – teman.

Jakarta yang mempunyai struktur kota yang modern dengan sentuhan dari bangunan peninggalan penjajahan di masa lampau, menjadi data tarik wisata tersendiri bagi pengunjung.

Banyaknya mall yang di temui di Jakarta juga tidak harus menjadi tujuan utama berlibur di Jakarta. Ada banyak tempat wisata alternatif selain mall di jakarta yang bisa dikunjungi.

Destinasi liburan seperti wisata alam jakarta, wisata sejarah kota jakarta, wisata edukasi, wisata kuliner khas jakarta hingga tempat – tempat hangout keren di wilayah Jakarta bisa menjadi alternatif wisata selain pusat perbelanjaan modern.

10 tempat wisata Jakarta di bawah ini mungkin bisa menjadi inspirasi dan tujuan berlibur ketika berakhir pekan di Ibukota. Selamat Berlibur.

1. Kepulauan seribu

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

Salah satu wisata alam yang  populer di Jakarta utara ini menawarkan keindahan dan pesona dari pesisir Jakarta yang juga terkenal sebagai wilayah kepulauan. Kawasan yang populer di pulau seribu yakni Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Pari dan masih banyak lagi.

Gugusan kepulauan seribu sebagai wisata alam di Jakarta sangat cocok dikunjungi kala musim liburan dan akhir pekan tiba. Susana pantai yang indah, sejuknya angin laut yang bertiup sepoi – sepoi, hingga menikmati matahari terbenam, bisa dijumpai di obyek wisata ini.

2. Dunia Fantasy

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

Dunia fantasi yang memiliki luas sekitar 9 hektar ini, menawarkan sarana rileksasi dengan berbagai wahana permainan bagi warga Ibukota maupun pengunjung yang datang ke Jakarta.

Obyek wisata berbasis wahana permainan ini terdiri dari berbagai aneka permainan yang populer pada wahana – wahana luar negeri.

Selain itu Dunia fantasi atau dufan juga memiliki kolam renang dengan berbagai ukuran, ditambah spot – spot menarik bertema negara – negara di dunia seperti Amerika, Benua Eropa hingga Indonesia , lengkap beserta tempat wahana bermain di dalamnya.

Baca Juga Tempat Wisata yang Unik dan Keren di Lombok Timur. Wisata Alamnya gak kalah keren dengan Gili Trawangan..  

3. Kota Tua Jakarta

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

Berlokasi di Jakarta Pusat, Kota tua termasuk obyek wisata Jakarta yang menjadi tujuan berlibur favorit bagi warga Ibukota mapun dari luar daerah, terutama mereka yang mempunyai hoby fotografi.

Bangunan yang kokoh dan tetap terlihat megah meskipun sudah termakan usia menjadi daya tarik dari obyek wisata Kota Tua di Jakarta ini. Di dalam area ini, banyak terdapat museum yang lokasinya berdekatan sehingga memudahkan pengunjung untuk berwisata sekaligus mempelajari sejarah Jakarta di masa lalu.

Selain pesona bangunan – bangunan tua, Kota Tua Jakarta juga menyuguhkan aneka kuliner dari restoran dan kafe – kafe dengan arsitektur dan gaya “retro jadul” khas rumah makan masa silam dan pedagang keliling, menjadi hiburan tersendiri sembari menikmati suasana di sekitaran obyek wisata tersebut.

4. Pecinan Glodok

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

 

Lokasinya yang berdekatan dengan Kota Tua, menjadikan salah satu obyek wisata di Jakarta ini tempat yang nyaman untuk bernostalgia suasana pemukiman cina di masa lalu.

Pecinan Glodok yang merupakan kawasan yang sebagian besar dihuni oleh warga keturunan tionghoa, menawarkan kesan unik kepada pengunjung tentang asal – usul nenk moyang mereka di Jakarta.

Beragam bangunan lawas seperti klenteng, vihara hingga toko obat tradisional bisa ditemui dikawasan ini. Selain itu, kawasan Pecinan Glodok merupakan salah satu penggerak roda perekonomian di Jakarta.

5. Taman Suropati

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

Obyek wisata Taman Suropati yang terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, merupakan salah satu taman terbuka di Jakarta yang cocok disambangi ketika akhir pekan.

Lusa taman yang tidak seberapa ini biasa dikunjungi oleh mereka yang ingin berolahraga atau sekedar berjalan – jalan sembar menghirup udara segar.

Taman Suropati yang letaknya strategis, juga banyak dimanfaatkan oleh berbagai komunitas kreatif seperti seniman musik, pelukis dan kreatifitas lainnya untuk unjuk kebolehannya masing – masing.

6. TMII ( Taman Mini Indonesia Indah  )

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

Keragaman dan corak budaya suku yang tersebar di seluruh wilayah kepulauan Indonesia, bisa ditemui pada obyek wisata Taman Mini Indonesai Indah, Jakarta.

Seluruh kekayaan budaya, adat, kesenian, agama dan kepercayaan suku – suku di Indonesia, menjadi sebuah miniatur lengkap yang bercerita tentang Indonesia.

Taman Mini Indonesia Indah sangat cocok dikunjungi pada saat musim liburan sekolah maupun akhir pekan. Di tempat  ini, pengunjung bisa berwisata sembari belajar mengenai kebudyaan.

Daya tarik lainnya dari Taman Mini Indonesia Indah adalah aneka wahana menarik yang bisa dikunjungi selain wisata kebudayaan Indonesia.

Wahana yang berupa kereta gantung, museum edukatif, kolam renang Snow Bay dan Taman Among Puro, menjadi daya tarik lainnya yang disajikan oleh Taman Mini Indonesia Indah.

Baca Juga Ini Dia..!!! Destinasi Wisata di Lombok Barat yang Cocok Untuk Weekend bareng Keluarga dan Pasanganmu…

 

7. Kebun Binatang Ragunan

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

Kebun binatang legendaris yang didirikan pada tahun 1864 ini banyak memiliki koleksi aneka satwa yang dilindungi keberadaanya.

Kebun Binatang Ragunan yang mempunyai luas tanah 147 hektare ini, mempunyai dua ribu ekor satwa dilindungi dan sekitar 50 ribu pepohonan.

Obyek wisata jakarta yang terletak di bagian selatan ini sangat cocok dikunjungi bagi anak – anak usia sekolah TK dan SD untuk mempelajari aneka satwa sekaligus lingkungan hidup.

Harga tiket masuk sebesar Rp. 5000, tergolong murah dan sangat terjangkau. Oleh karena itu, obyek wisata ini sanagt cocok sebagai saran wisata yang atraktif sekaligus edukatif.

Hal menarik lainnya dari Kebun Binatang Ragunan ini adalah wahana kereta keliling dan sepeda ganda yang bakal menemani Anda dan keluarga menikmati suasana obyek wisata tersebut.

Tidak seperti di Taman Safari yang juga menyimpan koleksi aneka satwa, para pengunjung dilarang memberikan makanan kepada hewan – hewan tersebut agar terjaga keselamatannya.

8. Setu Babakan

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

Salah satu obyek wisata Jakarta yang bersejarah adalah Setu Babakan yang legendaris. Kawasan ini termasuk salah satu obyek wisata bersejarah yang menjadi salah satu cagar budaya di Kota Jakarta.

Di tempat ini, pengunjung tidak hanya dapat menyaksikan peninggalan budaya asli dari suku Betawi, tetapi juga mengenal lebih dekat adat istiadat dan kearifan lokal setempat.

Budaya Betawi yang menerpakan kegiatan bercocok tanam, berdagang hingga pembuatan kerajinan dan makanan khas, bisa ditemui pada obyek wisata Setu Babakan.

Selain aneka bangunan asli dari budaya Betawi, terdapat danau besar yang keberadaanya dimanfaatkan sebagai sarana rekereasi dan berwisata yang cocok dikunjungi ketika berakhir pekan.

9. Monumen Nasional ( Monas )

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

Monumen Nasional atau biasa disebut monas yang menjadi landmark ikonik dari Kota Jakarta, merupakan salah satu obyek wisata Jakarta yang banyak dikunjungi oleh warga lokal Jakarta maupun pengunjung dari kota lainnya

Monumen yang berbentuk tugu setinggi 132 meter ini dibangun secara khusus unutk mengenang perjuangan rakyat Indonesia pada zaman penjajahan dahulu.

Yang unik dari Tugu Monas ini, terdapat “lidah api” pada puncaknya yang keseluruhannya dilapisi oleh emas murni. Tugu ini juga merupakan sebuah bangunan dengan puncak tertinggi di seluruh Jakarta.

Di bagian dasar bangunan ini, terdapat Museum Sejarah Nasional yang menyuguhkan kisah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan kolonial Belanda.

Daya tarik lainnya dari obyek wisata Monas ini adalah, pengunjung dapat menikmati keindahan kota Jakarta dari ketinggian dengan menggunakan lift menuju puncak dari monumen tersebut.

Dibuka setiap hari untuk masyarakat umum mulai pukul delapan pagi hingga pukul tiga sore, wisata monas menyajikan wisata sejarah yang edukatif dan menghibur.

10. Taman Impian Jaya Ancol

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

Taman Impian Jaya Ancol merupakan obyek wisata yang sangat terkenal di Jakarta. Salah satu lokasi wisata unggulan dari wisata Jakarta ini banyak menarik pengunjung menghabiskan waktu di obyek wisata.

Taman Wisata Jaya Ancol buka setiap hari dan memberlakukan waktu operasional mulai dari buka sampai tutupnya berbeda. Pada hari senin-kamis buka pada jam 11.00 s/d 18.00 WIB, Jumat jam 13.30 s/d 20.00 wib, sedangkan pada hari Sabtu, minggu serta hari libur nasional buka jam 11.00 s/d 20.00 WIB.

Beragam wahana dan permainan bisa ditemui pada obyek wisata ini. Seperti Dufan atau Dunia Fantasy yang sarat teknologi canggih sebagai sarana hiburan sekaligus wisata edukasi, Atlantis Water Adventure yang mempunyai 8 area kolam renang, wisata alam Gelanggang Samudera hingga underwater aquarium Sea World.

Banyaknya wisata edukasi yang dibungkus dengan permainan dan tampilan visual yang kreatif dan atraktif, menjadikan Taman Impian Jaya Ancol cocok dikunjungi dengan di kala musim liburan sekolah.

Selain itu, aktivitas yang tidak kalah seru seperti menyelam, berkemah, menaiki banana boat hingga sekedar jalan santai menikmati hangatnya matahari sore, bisa dilakukan di tempat ini. Hal tersebut jug dipermudah dengan adanya beragam fasilitas penunjang yang tersedia.

 

Katakunci Populer:

  • jakarta terkenal sebagai wisata