Jelajah Obyek Wisata Bromo dan Wisata Malang yang Menarik di Jawa Timur

      Comments Off on Jelajah Obyek Wisata Bromo dan Wisata Malang yang Menarik di Jawa Timur

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

Wisata Bromo merupakan salah satu paket wisata populer untuk berlibur yang ada di Provinsi Jawa Timur. Dengan panorama alam khas pegunungan, gunung Bromo banyak menyedot perhatian bagi wisatawan yang berkunjung.

Kawasan wisata bromo yang terletak di 3 kota besar di Jawa Timur ini banyak menyimpan keindahan dan potensi wisata alam khas pegunungan. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, bisa menikmati panorama sunrise dan sunset yang spektakuler dari ketinggian tertentu.

Selain menikmati keindahan pemandangan gunung bromo, wisatwan juga dapat menikmati lokasi wisata lainnya di Jawa Timur. Para agen wisata tersebut biasa menawarkan paket wisata bromo dengan paket wisata Malang, salah satu kota yang juga mempunyai destinasi liburan yang menarik.

Baca Juga : Cocok untuk Honeymoon, inilah 10 tempat paling hits di Ubud yang wajib dikunjungi

Mengapa harus ke wisata Bromo?

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

Provinsi Jawa Timur yang kaya akan tempat wisata, bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai sarana berlibur. Salah satunya adalah wisata Bromo yang menawarkan panorama khas pegunungan bagi wisatawan yang menyukai destinasi wisata di alam bebas.

Sekilas Tentang Gunung Bromo

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau TNBTS merupakan sebuah kawasan dimana gunung bromo ada di dalamnya. Menurut cerita yang beredar secara turun temurun, penamaan gunung Bromo sendiri konon diambil dari nama Dewa Brahma, salah satu Dewa yang ada didalam keyakinan umat Hindu.

Selain itu, para penduduk yang tinggal di sekitar gunung Bromo yang disebut suku Tengger, adalah salah satu suku di jawa yang mayoritas memeluk agama Hindu yang merupakan agama warisan dari nenek moyang mereka yang berasal dari kerajaan kerajaan Majapahit.

Legenda Gunung Bromo

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

Legenda dan sejarah tentang gunung bromo berhubungan erat dengan cerita dari sepasang suami istri yaitu Joko Seger dan Roro Anteng. Cerita yang diwariskan secara turun temurun antar generasi ini, berkembang menjadi sebuah kisah yang menarik ketika membicarakan tentang asal – usul gunung Bromo.

Menurut legenda yang ada, kisah dari Joko Seger dan Roro Anteng ini merupakan salah satu legenda yang membentuk kawah gunung Bromo, gunung Batok dan lautan pasir yang ada di sekitar gunung Bromo.

Legenda singkat tentang Joko Seger dan Roro Anteng

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

Ketika terjadi kekacauan politik akibat peperangan yang dialami oleh kerajaan Majapahit, para penduduk lokal yang kebingungan mencari jalan untuk menyelamatkan diri mereka, akhirnya memutuskan untuk memisahkan diri menjadi 2 kelompok. Mereka berpencar menuju ke dua arah yang berbeda. Rombongan pertama menuju ke kawasan pegunungan Bromo yang dipimpin oleh seorang Raja dan Permaisuri. Sementara rombongan kedua memilih untuk menyeberang ke pulau Bali.

Selang beberapa waktu kemudian, para penduduk di kawasan gunung Bromo yang selamat dari peperangan, mulai menata kembali kehidupan mereka dan menyesuaikan diri dengan lingkunagn yang baru. Pasangan Raja dan Permaisuri tersebut kemudian melahirkan seorang bayi perempuan yang diberi nama Roro Anteng. Tak jauh dari kediaman mereka tinggal, seorang bayi laki – laki keturunan Brahmana yang diberi nama Joko Seger telah lahir.

Kedua manusia berlainan jenis ini kemudian tumbuh dewasa dan saling jatuh cinta satusama lain. Namun kisah perjalanan cinta mereka tidaklah mulus. Seorang raksasa yang menyukai Roro Anteng, mencoba memisahkannya dengan Joko Seger dengan cara melamar secara paksa. Tak hilang akal, Roro Anteng kemudian mengajukan sebuah syarat untuk membuat sebuah danau di atas Gunung Bromo. Pekerjaan tersebut harus diselesaikan oleh sang Raksasa hanya dengan waktu satu malam saja.

Kemudian, syaratpun diterima dan pengerjaan segera dimulai. Ketika pengerjaan membuat danau hampir selesai, Raksasa tersebut baru menyadari bahwa dia telah terkena tipu muslihat dari Roro Anteng. Karena kesal telah dipermainkan, Raksasa tersebut mengamuk. Batok kelapa yang digunakan untuk menggali danau oleh Raksasa tersebut, dilemparkan. Konon, batok tersebut berubah menjadi gunung Batok yang ada sampai saat ini. Sementara danau yang ada, telah berubah menjadi sebuah kawah gunung.

Adapun penamaan suku Tengger yang mendiami sebagian besar kawasan Gunung Bromo tersebut, konon di ambil dari nama kedua tokoh tersebut yakni Joko Seger yang di ambil nama belakangnya “Ger” dan Roro Anteng, juga diambil dari nama Belakangnya “Teng”. Jika kedua kata tersebut digabung menjadi Tengger.

Baca Juga : Tempat Romantis untuk tamasya akhir pekan. Kunjungi 10 tempat legendaris di Jogja ini

5 Spot menarik untuk menikmati keindahan Gunung Bromo

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

Sebelum beranjak menikmati keindahan panorama Gunung Bromo, ada baiknya jika menuku ke view point terlebih dahulu. Apa itu view point? menurut beberapa orang yang sering berpergian ke Gunung ini, View point merupakan sebuah lokasi tertentu yang biasa digunakan para wisatawan untuk mengamati sekaligus menikmati panorama Gunung Bromo dari ketinggian.

Lokasi view point pada wisata bromo ini tersebar di 5 lokasi yang berbeda. Jadi ada total 5 tempat view point yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan ke-5 view point tersebut

1. Pananjakan 1

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

Pananjakan 1 merupakan salah satu view point yang populer pada wisata bromo untuk melihat momen sunrise maupun sunset. Mengingat medannya yang sulit dijangkau oleh kendaraan biasa, para wisatawan bisa mengunakan jasa penyewaan mobil Jeep yang ada disekitar lokasi.

Selain melihat momen sunrise dan sunset, keunggulan view point Penanjakan 1 adalah tempatnya yang strategis dengan latar belakang pemandangan panorama Gunung Bromo, Gunng Batok, Gunung Kursi dan Gunung Semeru yang terlihat di kejauhan.

2. Seruni Point (Penanjakan 2)

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

Seruni Point atau Penanjakan 2 merupakan view point alternatif yang bisa di coba selain penanjakan 1. Lokasi seruni point ini berada di Dusun Seruni, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Jalur ini pernah ditutup akibat bencana longsor yang pernah terjadi sehingga para wisatawan hanya dierbolehkan berkunjung sampai di pananjakan 1.

3. Bukit Cinta

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

Menurut mitos yang beredar di kalangan masyarakat suku Tengger, Bukit Cinta merupakan sebuah bukit yang mempertemukan antara Joko Seger dan Roro Anteng. Ada juga mitos lain yang menyebutkan, jika pengunjung tempat tersebut memikirkan nama seseorang, dimulai dari penanjakan hingga sampai ke Bukit Cinta, maka bisa menjadi jodoh abadinya.

Terlepas dari mitos – mitos tersebut, Bukit Cinta merupakan salah satu spot view yang menarik untuk dikunjungi. Selain Penanjakan 1 yang populer, lokasi ini juga bisa menjadi alternatif yang bagus untuk melihat momen sunrise dan sunset jika penanjakan 1 telah ramai oleh pengunjung.

4. Bukit Kingkong

Tidak banyak yang mengenal Bukit Kingkong sebagai salah satu spot view point yang menarik untuk menikmati keindahan Gunung Bromo. Wisatawan atau pengunjung wisata bromo kebanyakan lebih familiar dengan Penanjakan 1.

Selain itu, kemudahan akses menjadi pertimbangan jika ingin menuju ke lokasi ini. Dibanding penanjakan 1, lokasi Bukit Kingkong cukup dekat dijangkau dengan berjalan kaki sejauh 200 meter dari lokasi parkiran Jeep. Sementara Penanjakan 1 berjarak 500 meter dari lokasi parkiran Jeep.

5. Bukit B29

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

Serasa berada diatas awan. Itulah kesan pertama yang didapat ketika mengunjungi salah satu spot view point terbaik untuk melihat Gunung Bromo ini. Dengan ketinggian puncak yang mencapai 2900 Mpdl, kawasan Bukit B29 ini mendapat julukan “Negeri Diatas awan”. Hal tersebut jelas terlihat karena tingginya lokasi tersebut, membuat pengunjung serasa berada diatas awan.

Dari spot view point ini, para wisatawan dapat menikmati kaldera lautan pasir yang terhampar mengelilingi Gunung Bromo. Belum lagi formasi awan tebal yang ber-arak perlahan, sayup – sayup melingkupi barisan pegunungan di bawahnya. Yang tak kalah seru, momen sunrise dan sunset yang menjadi ikon wisata bromo juga bisa dilihat dari tempat ini.

Baca Juga : Penelitian ilmiah telah membuktikan!!! Berlibur dapat meningkatkan karir dan prestasi pada pekerjaan

Kawasan Unik yang bisa dikunjungi pada wisata bromo

1. Kawah Gunung Bromo

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

Dengan garis tengah yang mencapai ± 800 meter, Kawah Bromo menjadi salah satu lokasi wisata favorit yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Dari kawasan ini, pengunjung bisa melihat fenomena alam berupa gunung api vulkanik yang masih aktif dan hamparan lautan pasir yang mengelilingi kawasan pegunungan Bromo.

Unutk mencapai Puncak Kawah Bromo, dari parkiran Jeep, bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 2 Km atau dengan menunggang kuda. Dalam perjalan nanti, Pengunjung akan melewati Pura Poten Bromo suku Tengger yang biasa digunakan pada perayaan Kasodo. Terakhir, ada anak tangga yang berjumlah 250 yang siap menguras fisik para wisatawan jika ingin sampai ke puncak Kawah Bromo

2. Padang Savana (Bukit Teletubbies)

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

Terkenal dengan julukan bukit “Teletubbies” karena mirip dengan bentuk bukit di film anak – anak tersebut, Padang Savana yang juga disebut Lembah Jemplang ini, merupakan hamparan padang rumput yang berada di sebelah selatan Gunung Bromo.

Dengan luasnya yang mencapai 10 Km meter persegi, indera penglihatan serasa dimanjakan dengan warna hijaunya yang segar dan menyejukan. Tak salah bila kawasan ini menjadi salah satu lokasi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan saat berwisata ke Gunung Bromo.

3. Lautan Pasir ( kaldera Bromo )

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

Lautan pasir yang terhampar luas di sekeliling Gunung Bromo merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung. Kawasan yang juga disebut sebagai kaldera Bromo ini merupakan keunggulan dari paket wisata bromo yang menjadi pilihan utama sebagai destinasi liburan, khususnya ketika berada di Provinsi Jawa TImur.

Kaldera berpasir yang memiliki luas sekitar 5.920 hektar (sekitar 10 km persegi) ini bisa dicapai dengan menggunakan moda transportasi darat berupa Jeep dan Ojek. Setelah tiba di lokasi ini, para pengunjung dapat menikmati hamparan lautan pasir yang seolah terukir – ukir hingga memunculkan bentuk yang eksotis.

Upacara Kasodo Masyarakat Tengger Gunung Bromo

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

Suku Tengger yang mendiami sebagian besar di kawasan Bromo, mempunyai sebuah ritual yang dilaksanakan setahun sekali yang bernama upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Ritual ini dilakukan secara khusus untuk menghormati sekaligus menyucikan Gunung Bromo.

Pura Luhut Poten yang berada di sebelah utara dan tepat berada di bawah kaki Gunung Bromo, menjadi tempat dilaksanakannya upacara Kasodo ini. Tengah malam hingga dini hari di setiap bulan purnama dipilih sebagai waktu yang tepat untuk melaksanakan upacara. Tanggal 14 dan 15 di bulan Kasodo (bulan kesepuluh) merupakan tanggal yang dipilih menurut penanggalan kalender Jawa. Jika dilihat dari kalender Masehi, jatuh pada bulan Desember/Januari.

Kasodo yang berasal dari kata “kasada”, mempunyai arti sepuluh, yang berarti mempunyai makna bulan kesepuluh, mengacu pada kalender yang digunakan oleh Suku Tengger. Tujuan diadakannya upacara kasodo ini adalah, harapan dari masyarakat Tengger agar panen mereka bisa berlimpah, dijauhkan dari segala marabahaya maupun disembuhkan dari segala macam penyakit.

Yang dilakukan suku Tengger pada saat upacara Kasodo ini adalah, menyajikan sesaji atau sesajen dalam bahasa Jawa, dengan cara dilempar kedalam kawah Gunung Bromo. Sementara itu, masyarakat dari suku Tengger lainnya, menuruni anak tangga yang menuju ke dalam Kawah Bromo untuk mengambil sesaji yang telah dilemparkan. Makna dari pengambilan sesaji ini melambangkan berkah yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa.

Acara – acara umum yang diadakan di Gunung Bromo

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

1. Bromo Marathon

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%info

Lomba lari bertaraf internasional ini merupakan salah satu lomba lari terbaik di kawasan Asia. Diselenggarakan pada tanggal 4 hingga 6 November 2016, panitia penyelenggara sukses mengumpulkan total 1.534 pelari dari 31 negara. Daya tarik alam serta suasana sakral di kawasan wisata Bromo yang dipilih sebagai venue lomba, membuat lomba lari ini menarik untuk diikuti. Terlebih jalur – jalur ekstrim yang sulit dan menantang disepanjang jalur lari, menjadikan lomba ini cocok bagi wisatwan yang haus akan kegiatan di Gunung Bromo.

2. Jazz Gunung

 

Salah satu perhelatan musik Jazz Gunung di Indonesia ini mengambil kawasan wisata Bromo sebagai lokasi pertunjukan. Acara yang ruitn digelar setiap tahunnya ini, Selain dihadiri oleh artis Jazz Indonesia, juga banyak melibatkan seniman – seniman lokal Jawa Timur untuk turut ikut berpartisipasi.

Acara festival Jazz Gunung ini diselenggarakan sebagai bentuk dari kecintaan terhadap keindahan serta kekayaan potensi wisata yang ada di Gunung Bromo. Kedepannya, acara semacam ini bisa mendorong wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, agar berkunjung ke kawasan wisata Bromo ini.