Acara Merti Umbul kukuh-kan Bangunjiwo sebagai Desa Budaya Wisata Jogja

      Comments Off on Acara Merti Umbul kukuh-kan Bangunjiwo sebagai Desa Budaya Wisata Jogja

%tempat wisata di bali %menikmati serunya liburan dengan paket wisata bali%infoMerti Umbul

Semangat pelestarian mata air digagas masyarakat Desa Bangunjiwo dengan mengadakan kegiatan Merti Umbul Bantul pertama kalinya pada tanggal 1 Juli 2017. Kegiatan dipusatkan di Sendang Pengilon, Dusun Petung, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.

Perhelatan tersebut diawali dengan kirab budaya yang membawa tujuh gentong berisi air dari tujuh mata air yakni Sendang Pengilon, Sendang Pangkah, Sendang Banyuripan Kenalan, Sendang Banyuripan Donotirto, Sendang Semanggi, Sumur Gede dan Sendang Banyu Tumimpang. Tujuh mata air seluruhnya ada di Desa Bangunjiwo. Air dari ketujuh mata air tak pernah surut meskipun musim kemarau. Sehingga pihaknya mengharapkan dengan diadakannya Merti Umbul Bantul, masyarakat makin tergerak untuk melestarikan mata air yang ada.

Kegiatan ini dapat dilangsungkan setiap tahun sebagai agenda budaya untuk mengukuhkan Bangunjiwo sebagai desa wisata dan budaya. Sekaligus mendukung pengembangan obyek wisata Sendang Pengilon.

Sehingga animo masyarakat untuk berwisata ke objek wisata Sendang Pengilon / wisata Kedung Pengilon kian meningkat. Apalagi lokasinya yang berada di bawah perbukitan, menjadikan Kedung Pengilon makin menarik karena hawanya sejuk dan pemandangannya indah. Apalagi telah dibangun gubuk-gubuk istirahat dibawah pohon jati di sekitar kawasan sendang.

Pakaian Adat Bangunjiwo

Serta penggunaan pakaian tradisional dalam kirab budaya serta persembahan tari kolosal yang merupakan rangkaian acara dalam Merti Umbul Bantul. Selain itu, prosesi dilanjutkan dengan didoakannya tujuh gentong berisi air dari tujuh mata air oleh tokoh agama. Usai doa, air dari tujuh mata air tersebut dicampur dalam gentong dan dibawa ke Sendang Pengilon untuk kemudian dituang bersama-sama.

Ingin berwisata ke Bangunjiwo atau Wisata Jogja lainnya ? langsung aja cek di https://www.jadipergi.com/wisata

Katakunci Populer:

  • dusun semanggi bangun jiwo kasihan bantul